Header Ads

-

3 Hamba Sholeh Yang Namanya Disebut Al-Quran


Mari Menjadi Hamba yang Sholeh
Mari Menjadi Hamba yang Sholeh
Begitu banyak sekali tokoh-tokoh yang diceritakan Al-Quran, baik itu para nabi ataupun yang lainnya. Di dalam Al-Quran, terdapat 3 hamba sholeh yang bukan merupakan nabi tetapi namanya disebutkan secara jelas oleh Al-Quran. Ketiga hamba itu adalah Luqman, Dzulqarnain dan Maryam. Ketiga hamba sholeh ini adalah hamba-hamba pilihan Allah Ta’ala, mereka begitu taat kepada Allah sehingga Allah pun mengabadikan nama mereka di dalam kitab-Nya.
1. Luqman

Allah Tabaraka Wa Ta’ala menjadikan nama Luqman sebagai salah satu nama surah di Al-Quran, yaitu surah Luqman yang merupakan surah ke 31. Di dalam surah Luqman terdapat beberapa nasehat Luqman kepada anaknya. Nasehat itu sangat berharga dan patut dicontoh oleh semua orang tua, ada sekitar 5 nasehat pokok yang diberikan Luqman kepada anaknya. Nasehat utama kepada anaknya adalah “Laa tusyrik billaah” yaitu jangan menyekutukan Allah.

Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: "Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar." (Q.S. Luqman : 13)

Nasehat yang jarang sekali kita jumpai dari para orang tua terhadap anaknya. Kebanyakan para orang tua bernasehat agar sukses di kemudian hari jadi harus banyak-banyak belajar. Itu tidaklah salah, tetapi tanamkanlah kepada anak-anak kita satu hal yang utama, yaitu “jangan menyekutukan Allah dengan sesuatupun”. Untuk pembahasan lengkapnya bisa simak di sini.
2. Dzulqarnain

Di dalam Surah Al-Kahf dari ayat 83 sampai 98 terdapat kisah Dzulqarnain. Dzulqarnain ini adalah salah satu hamba Allah yang telah diberikan kekuasaan di bumi.

Sesungguhnya Kami telah memberi kekuasaan kepadanya di (muka) bumi, dan Kami telah memberikan kepadanya jalan (untuk mencapai) segala sesuatu, (Q.S. Al-Kahf : 84)

Di dalam Surah Al-Kahf tersebut dijelaskan bahwa Dzulqarnain membuat dinding agar Ya’juj dan Ma’juj tidak dapat melewatinya, karena Ya’juj dan Ma’juj ini adalah kaum yang akan berbuat kerusakan di muka bumi

Mereka berkata: "Hai Dzulkarnain, sesungguhnya Ya'juj dan Ma'juj itu orang-orang yang membuat kerusakan di muka bumi, maka dapatkah kami memberikan sesuatu pembayaran kepadamu, supaya kamu membuat dinding antara kami dan mereka?" (Q.S. Al-Kahf : 94)

Tetapi Dzulqarnain mengatakan kepada mereka akan tiba saatnya dinding itu akan hancur, dan itu akan pasti terjadi saat Allah menghendaki hal itu.

Dzulkarnain berkata: "Ini (dinding) adalah rahmat dari Tuhanku, maka apabila sudah datang janji Tuhanku, Dia akan menjadikannya hancur luluh; dan janji Tuhanku itu adalah benar." (Q.S. Al-Kahf : 98)

3. Maryam

Maryam binti ‘Imran adalah satu-satunya wanita yang disebutkan Al-Quranul Karim. Maryam adalah ibunda dari Nabi ‘Isa ‘alaihissalam. Maryam adalah hamba Allah yang begitu taat kepada-Nya dan senantiasa mengabdikan dirinya kepada Allah. Di dalam Al-Quran, kisah Maryam begitu banyak sekali disebutkan dan diceritakan, mulai dari ketika dia lahir, ketika remaja bahkan saat dia melahirkan Nabi ‘Isa ‘alaihissalam tanpa seorang ayah. Salah satu keutamaan Maryam adalah sebagai berikut.

Dan (ingatlah) ketika Malaikat (Jibril) berkata: "Hai Maryam, sesungguhnya Allah telah memilih kamu, mensucikan kamu dan melebihkan kamu atas segala wanita di dunia (yang semasa dengan kamu). (Q.S. Ali ‘Imran : 42)

Allah juga menjadikan Maryam salah satu nama Surah di Al-Quran, yakni surah ke-19 dengan nama Surah Maryam, yang di dalamnya terdapat kisahnya. Di surat lainnya juga mengisahkan tentang Maryam ini, seperti Surah An-Nisaa’ dan Surah Al-Maa’idah. Untuk pembahasan lengkap Maryam, bisa simak di sini.
Itulah ketiga hamba sholeh yang namanya disebut Al-Quran, mereka bertiga adalah orang yang sangat patuh kepada Allah. Semoga kita mendapat banyak manfaat, pelajaran dan hikmah dari berbagai kisah mereka di dalam Al-Quran maupun Al-Hadits.

Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.