Header Ads

-

Allah Subhanahu Wa Ta’ala Mengetahui Yang Gaib dan Yang Nyata

Allah Maha Mengetahui
Allah Maha Mengetahui

Seringkali kita hidup di dunia ini memikirkan kehidupan dunia saja, kita banyak mengejar harta, kita banyak mengejar tahta, kita banyak mengejar hal-hal yang berkaitan dengan keduniawian. Tetapi kita sering lupa bahwasannya ada yang lebih kekal daripada hidup di dunia, itulah akhirat. Di alam akhirat kita akan hidup abadi dan selamanya, tidak ada lagi yang namanya mati. Di akhirat pula semua yang kita lakukan di dunia ini akan dibalas setimpal dan seimbang.

Sedang kehidupan akhirat adalah lebih baik dan lebih kekal. (Q.S. Al-A’laa : 17)

(Baca Juga : Mintalah Dua Hal Ini Kepada Allah)

Kita terkadang lupa bahwa Allah Subhanahu Wa Ta’ala itu sedang memantau kita, sedang mengawasi kita. Dia memperhatikan segala tindakan dan perbuatan kita, baik itu di masa lalu, sekarang ataupun masa yang akan datang. Sebelum kita melakukan sesuatu, Allah Subhanahu Wa Ta’ala sudah mengetahuinya.

…Dan adalah Allah Maha Mengawasi segala sesuatu. (Q.S. Al-Ahzab : 52)

Allah Subhanahu Wa Ta’ala mengetahui segala yang gaib dan yang nyata, Allah mengetahui apapun yang ada di langit dan di bumi ini secara detail sedetail-detailnya, sangat teliti dan semua terlihat jelas pada penglihatan-Nya. Penglihatan-Nya berbeda dengan penglihatan kita, penglihatan Allah Ta’ala terbentang seluas langit dan bumi, tidak ada yang dapat menandingi-Nya.

Yang demikian itu ialah Tuhan Yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata, Yang Maha Perkasa lagi Maha Penyayang. (Q.S. As-Sajdah : 6)

(Baca Juga : Kisah Nabi Musa dan Nabi Khidir)

Sudah sepantasnya bagi kita untuk selalu berwaspada di setiap tindakan kita, karena Allah sedang mengawasi kita dan melihat kita. Allah meliputi segala sesuatu, bahkan tidak sehelai daun jatuh kecuali Allah pasti mengetahuinya.

Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji-pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfudz)" (Q.S. Al-An’aam : 59)

Allah tahu jikalau kita berbuat maksiat di dalam kegelapan dan kesendirian. Allah tahu kalau kita berinfak seberapa banyak dan apa niatan kita. Sesuatu yang kita sembunyikan mungkin tidak diketahui oleh orang lain dan mungkin orang lain memang tidak tahu. Tetapi Allah mengetahuinya, meskipun kita memijak tanpa sengaja semut yang berada di balik rerumputan, Allah mengetahui segalanya. Atau bahkan kita sedang membayangkan sesuatu, ataupun mungkin kita sedang menyimpan rahasia dan niatan di dalam hati kita. Allah mengetahui segalanya wahai saudara-saudaraku. Bahkan di salah satu di antara 99 Asmaul Husna, Allah adalah Al-‘Aliim yang artinya Allah Maha Mengetahui.

Mari kita jadikan ayat ini sebagai renungan bagi kita bersama.

Katakanlah: "Jika kamu menyembunyikan apa yang ada dalam hatimu atau kamu melahirkannya, pasti Allah mengetahui." Allah mengetahui apa-apa yang ada di langit dan apa-apa yang ada di bumi. Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. (Q.S. Ali ‘Imran : 29)

(Baca Juga : Ciri-Ciri Penghuni Surga)

Semoga bermanfaat.

10 comments:

  1. sungguh ilmu yang bermanfaat buat dunia akhirat gan, terima kasih atas pencerahanya gan..

    ReplyDelete
  2. allah memang segalanya gan. nice artikel

    ReplyDelete
  3. Allahuakbar, Maha Benar Allah, tak ada keraguan pada-Nya..

    ReplyDelete
  4. subhanalloh semuanya kuasa alloh :)

    ReplyDelete
  5. subhanallah allah hu akbar..

    sungguh besar daya-mu ya allah,,

    terima kasih gan atas, refrensinya jadi nambah pengetahuan dan keyakinan saya akan allah swt

    ReplyDelete

Powered by Blogger.