Header Ads

-

Segala Makhluk Hidup di Dunia Ini Allah yang Memberi Rezekinya


Bumi

Pagi, siang, sore dan malam sudah berulang kali kita lewati dan jalani. Kita sudah hidup di dunia ini selama bertahun-tahun, ada juga yang berpuluh-puluh tahun lamanya. Selama kita hidup di dunia ini kita sudah mencicipi dan mengecapi manisnya nikmat dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Allah telah memberikan kita begitu banyak sekali rezeki selama kita hidup, baik itu berupa harta, kesehatan, kebahagiaan dan lain sebagainya. Allah memberikan rezeki kepada siapa yang Dia kehendaki, dan menyempitkan rezeki bagi siapa yang Dia kehendaki pula.
Sesungguhnya Tuhanmu melapangkan rezki kepada siapa yang Dia kehendaki dan menyempitkannya; sesungguhnya Dia Maha Mengetahui lagi Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya. (Q.S. Al-Israa’ : 30)

Segala makhluk hidup di dunia ini sesungguhnya Allah lah yang telah memberikan rezekinya, mau itu manusia, hewan dan tumbuhan.

Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezkinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh). (Q.S. Huud : 6)

Tidak ada yang bisa memberikan rezeki kecuali Allah Subhanahu Wa Ta’ala, Dialah Maha Pemberi Rezeki. Dia yang selama ini memberikan kita kemudahan dalam menjalani kehidupan, Dia yang memberikan kita solusi atas segala permasalahan di hidup kita.

(Baca Juga : Satu-Satunya Sholat Sunnah di Al-Quran)

Sesungguhnya Allah Dialah Maha Pemberi rezki Yang mempunyai Kekuatan lagi Sangat Kokoh. (Q.S. Adz-Dzaariyaat : 58)

Maka dari itu, sudah seharusnya kita hanya meminta kepada-Nya dan jangan meminta selain dari-Nya. Karena hanya Allah lah yang dapat mengabulkan doa dan permintaan kita.

Hanya bagi Allah-lah (hak mengabulkan) doa yang benar. Dan berhala-berhala yang mereka sembah selain Allah tidak dapat memperkenankan sesuatupun bagi mereka, melainkan seperti orang yang membukakan kedua telapak tangannya ke dalam air supaya sampai air ke mulutnya, padahal air itu tidak dapat sampai ke mulutnya. Dan doa (ibadat) orang-orang kafir itu, hanyalah sia-sia belaka. (Q.S. Ar-Ra’d : 14)

Sesungguhnya sesembahan yang kita sembah selain Allah tidak dapat berbuat apapun, baik itu menimbulkan kemuradhatan ataupun manfaat.

Dan mereka menyembah selain daripada Allah apa yang tidak dapat mendatangkan kemudharatan kepada mereka dan tidak (pula) kemanfaatan, dan mereka berkata: "Mereka itu adalah pemberi syafa'at kepada kami di sisi Allah." Katakanlah: "Apakah kamu mengabarkan kepada Allah apa yang tidak diketahui-Nya baik di langit dan tidak (pula) dibumi?" Maha Suci Allah dan Maha Tinggi dan apa yang mereka mempersekutukan (itu). (Q.S. Yunus : 18)

Mari kita memohon kepada-Nya, senantiasa mentaati-Nya dan selalu berada di jalan-Nya. Perhatikanlah firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang begitu indah ini.

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. (Q.S. Al-Baqarah : 186)

(Baca Juga : Nikmat Yang Paling Besar)

Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.