Header Ads

-

Allah Yang Telah Menciptakan Segala Sesuatu di Dunia Ini


Allah Subhanahu Wa Ta'ala
Allah Subhanahu Wa Ta'ala

Allah Subhanahu Wa Ta’ala adalah Tuhan kita semua, meskipun banyak orang yang menyekutukan-Nya tetapi Dia tetaplah Tuhan seluruh makhluk yang ada di langit dan di bumi ini. Allah Ta’ala adalah Dzat Yang telah menciptakan segala sesuatu, baik itu benda hidup ataupun benda mati, dan Dia pula-lah yang memeliharanya.

Allah menciptakan segala sesuatu dan Dia memelihara segala sesuatu. (Q.S. Az-Zumar : 62)
Matahari, bulan, bumi, planet, tumbuhan, hewan, dan semua yang ada di dunia ini Allah-lah yang menciptakanya. Sehingga semuanya itu adalah milik Allah, termasuk kita semua.

Kepunyaan Allah-lah segala apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Dan jika kamu melahirkan apa yang ada di dalam hatimu atau kamu menyembunyikan, niscaya Allah akan membuat perhitungan dengan kamu tentang perbuatanmu itu. Maka Allah mengampuni siapa yang dikehendaki-Nya dan menyiksa siapa yang dikehendaki-Nya; dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. (Q.S. Al-Baqarah : 284)

Allah menciptakan segala sesuatu tidak asal-asalan, melainkan ada hikmah yang terkandung di dalamnya. Allah menciptakan sesuatu itu memiliki maksud dan tujuan tersendiri dan tidak semuanya sama.

Allah menciptakan langit dan bumi dengan hak. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi orang-orang mukmin. (Q.S. Al-‘Ankabuut : 44)
Untuk apa Allah menciptakan banyak sekali hal-hal? Tidak lain dan tidak bukan adalah untuk menunjukkan tanda-tanda kebesaran dan kekuasaan-Nya kepada seluruh makhluk-Nya.

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan berlain-lainan bahasamu dan warna kulitmu. Sesungguhnya pada yang demikan itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang mengetahui. (Q.S. Ar-Ruum : 22)

Tetapi sedikit sekali di antara kita yang bersyukur, kita bahkan banyak mencela banyak ciptaan Allah Subhanahu Wa Ta’ala, bukannya bersyukur.

Katakanlah: "Dia-lah Yang menciptakan kamu dan menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati." (Tetapi) amat sedikit kamu bersyukur. (Q.S. Al-Mulk : 23)

Tidakkah penciptaan Allah menjadikan kita lebih dekat kepada-Nya? Tidakkah kita bersyukur atas semua hal itu? Seharusnya kita bersyukur, kita adalah salah satu ciptaan yang Allah beri nikmat yang begitu besar. Kita bisa menikmati indahnya hidup, kita bisa bersenang-senang di dunia ini. Allah menciptakan kita dari yang tidak ada menjadi ada. Maka dari itu sudah menjadi keharusan bagi kita patuh dan taat kepada-Nya, senantiasa mengabdikan hidup kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Jangan pernah kita mengabaikan perintah-Nya, meskipun itu perkara yang kelihatannya kecil. Kita sebagai hamba-Nya dan kita diperintahkan untuk selalu mematuhi perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Mari kita senantiasa taat kepada-Nya agar kita juga senantiasa dilindungi oleh-Nya pula.
Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.