Header Ads

-

Penyebutan Asmaul Husna di Dalam Al-Quranul Karim


Asmaul Husna
Asmaul Husna

Kalau kita lihat di Al-Quran kita, baik itu di lembaran sebelum Al-Quran ataupun sesudahnya sering sekali ada bacaan Asmaul Husna, yang dimulai dari Ar-Rahmaan (Yang Maha Pemurah) sampai Ash-Shobuur (Yang Maha Penyabar). Asmaul Husna adalah nama-nama Allah yang bagus dan indah, seperti yang kita ketahui bahwa Allah memiliki 99 Asmaul Husna, keterangan ini diperjelas oleh hadits berikut.

“Sesunguhnya Allah memiliki 99 nama, seratus kurang satu, siapa yang menjaganya maka dia masuk surga.” (HR. Ahmad no. 7493, Muslim no. 2677 dan Bukhari no. 2736).

Jadi barangsiapa yang menjaganya, menghafalnya, merenungi maknanya, dan mengamalkan kandungan yang ada di dalam nama-nama itu maka dia akan masuk surga, sebagaimana keterangan dari Syeikh ‘Abdul ‘Aziz bin Baz. Beberapa nama Asmaul Husna sebagaimana yang difirmankan Allah di dalam kitab-Nya.

Dialah Allah Yang tiada Tuhan selain Dia, Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan Keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki segala Keagungan, Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan. (Q.S. Al-Hasyr : 23)

Di dalam Al-Quran, Allah Subhanahu Wa Ta’ala menyebut beberapa kali Asmaul Husna, di mana sajakah Allah menyebutnya?

Yang Pertama adalah pada Surah Al-A’raaf ayat 180

Hanya milik Allah asmaa-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan. (Q.S. Al-A’raaf : 180)

Pada ayat ini Allah Ta’ala ingin menjelaskan bahwasannya kita dianjurkan untuk berdoa dengan menyebut Asmaul Husna Allah Ta’ala, misalnya berdoa “Ya Allah Yang Maha Pengampun, ampunilah aku, Ya Allah Yang Maha Suci aku memohon kepadamu agar selalu memberikan keselamatan untukku dan lain sebagainya.”

Yang Kedua adalah pada Surah Al-Israa’ ayat 110

Katakanlah: "Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai al asmaaul husna (nama-nama yang terbaik) dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu." (Q.S. Al-Israa’ : 110)

Pada ayat ini Allah ingin menjelaskan bahwa hendaklah kita menyeru nama-Nya, memperbanyak menyebut-Nya dan senantiasa mengingatnya.

Yang Ketiga adalah Surah Thaahaa ayat 8

Dialah Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. Dia mempunyai al asmaaul husna (nama-nama yang baik), (Q.S. Thaahaa : 8)

Pada ayat ini Allah ingin menjelaskan bahwa Dia mempunyai Asmaul Husna, agar kita juga lebih mengenal-Nya lewat nama-nama-Nya yang mulia nan indah.

Yang Keempat atau yang terakhir adalah Surah Al-Hasyr ayat 24

Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Yang Mempunyai Asmaaul Husna. Bertasbih kepada-Nya apa yang di langit dan bumi. Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (Q.S. Al-Hasyr : 24)

Pada ayat ini Allah menyebutkan beberapa nama Asmaul Husna-Nya, mengagungkan nama-Nya, dan juga menjelaskan bahwa Dia memiliki Asmaul Husna.

Maka dari itu, hendaklah kita memohon kepada Allah dengan menyebut juga nama-nama Asmaul Husna-Nya, karena itu adalah suatu keutamaan dan perintah yang dianjurkan sekali. Kita juga diperintahkan untuk menghafal Asmaul Husna Allah Ta’ala, tujuannya agar kita lebih mendekatkan diri kepada Allah dan meningkatkan ketaqwaan kepada-Nya. Jadi, Asmaul Husna ini bukan sekedar nama biasa, tetapi itu adalah nama-nama indah Sang Maha Indah.

Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.