Header Ads

-

Nama-Nama Nabi Yang Dijadikan Nama Surah di Al-Quran


Al-Quran
Al-Quran

Seperti yang kita ketahui bahwa Al-Quran terdiri dari 30 juz dan 114 surah yang telah disusun secara teratur ayat per ayatnya sebagaimana tuntunan dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Dari 114 Surah di Al-Quran, nama-nama surah tersebut diambil dari banyak hal, mulai dari para nabi, hamba sholeh, suatu peristiwa, suatu kisah, nama hewan, nama kaum, dan masih banyak lagi yang lainnya. Pada tulisan ini kita akan membahas tentang nama nabi yang dijadikan nama surah di Al-Quran.
1. Nabi Yunus ‘alaihissalam (Surah ke-10)

Di dalam Surah ini tentu terdapat kisah tentang Nabi Yunus ‘alaihissalam dan kaumnya, tetapi juga terdapat kisah-kisah lainnya seperti kisah Nabi Musa ‘alaihissalam dan Fir’aun, dan kisah Nabi Nuh ‘alaihissalam.

Dan mengapa tidak ada (penduduk) suatu kota yang beriman, lalu imannya itu bermanfaat kepadanya selain kaum Yunus? Tatkala mereka (kaum Yunus itu), beriman, Kami hilangkan dari mereka azab yang menghinakan dalam kehidupan dunia, dan Kami beri kesenangan kepada mereka sampai kepada waktu yang tertentu. (Q.S. Yunus : 98)

2. Nabi Huud ‘alaihissalam (Surah ke-11)

Di dalam Surah ini tentu saja terdapat kisah Nabi Huud ‘alaihissalam, tapi banyak juga kisah-kisah lainnya seperti kisah Nabi Nuh ‘alaihissalam dan Nabi Luth ‘alaihissalam.

Dan kepada kaum 'Ad (Kami utus) saudara mereka, Huud. Ia berkata: "Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada bagimu Tuhan selain Dia. Kamu hanyalah mengada-adakan saja. (Q.S. Huud : 50)

(Baca Juga : Kisah Nabi Nuh Lengkap)

3. Nabi Yusuf ‘alaihissalam (Surah ke-12)

Di dalam surah ini hampir seluruh ayatnya membahas tentang Nabi Yusuf ‘alaihissalam, dari beliau kecil sampai kepada dewasanya. Di Surah ini dijelaskan tentang mimpi Nabi Yusuf ‘alaihissalam, kisah beliau dengan ayahnya, kisah beliau dengan saudara-saudaranya, kisah beliau ketika di penjara, kisah beliau ketika menjadi menteri di Mesir dan masih banyak lagi yang lainnya.

(Ingatlah), ketika Yusuf berkata kepada ayahnya: "Wahai ayahku, sesungguhnya aku bermimpi melihat sebelas bintang, matahari dan bulan; kulihat semuanya sujud kepadaku." (Q.S. Yusuf : 4)

4. Nabi Ibrahim ‘alaihissalam (Surah ke-14)

Di dalam Surah ini terdapat kisah-kisah para nabi dan rasul, termasuk Nabi Ibrahim ‘alaihissalam itu sendiri.

Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berkata: "Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini (Mekah), negeri yang aman, dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku daripada menyembah berhala-berhala. (Q.S. Ibrahim : 35)

5. Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam (Surah ke-47)

Di dalam Surah ini terdapat kisah Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, pada surah ini ada juga dijelaskan penduduk surga, kehidupan dunia, dan lain sebagainya.

Dan orang-orang mukmin dan beramal soleh serta beriman kepada apa yang diturunkan kepada Muhammad dan itulah yang haq dari Tuhan mereka, Allah menghapuskan kesalahan-kesalahan mereka dan memperbaiki keadaan mereka. (Q.S. Muhammad : 2)

6. Nabi Nuh ‘alaihissalam (Surah ke-71)

Surah ini terdiri dari 28 ayat dan hampir seluruh isinya mengisahkan tentang Nabi Nuh ‘alaihissalam, dimulai dari saat dia diutus Allah, berdakwah kepada kaumnya, sampai kisah beliau mendoakan kaumnya yang durhaka agar diazab Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Sesungguhnya Kami telah mengutus Nuh kepada kaumnya (dengan memerintahkan): "Berilah kaummu peringatan sebelum datang kepadanya azab yang pedih", (Q.S. Nuh : 1)

Jadi itulah 6 nabi yang dijadikan Allah sebagai nama surah di Al-Quran, keenam nabi itu adalah Nabi Yunus ‘alaihissalam, Nabi Hud ‘alaihissalam, Nabi Yusuf ‘alaihissalam, Nabi Ibrahim ‘alaihissalam, Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dan Nabi Nuh ‘alaihissalam. Pembahasan ini sangat penting sebagai khazanah pengetahuan dan menambah wawasan kita, terlebih lagi menambah pengetahuan kita seputar para nabi dan rasul Allah Subhanahu Wa Ta’ala.
Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.