Header Ads

-

Allah Akan Mencukupkan Keperluan Kita Jika Kita Bertawakkal Kepada-Nya


Pohon
Pohon

Di dalam hidup ini tentu saja kita memiliki berbagai macam masalah dan tantangan. Tapi apapun masalahnya, apapun itu, sudah sebaiknya kita bertawakkal kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Dan bertawakkallah kepada (Allah) Yang Maha Perkasa lagi Maha Penyayang, (Q.S. Asy-Syu’araa’ : 217)
Allah Ta’ala menjanjikan kepada kita semua, barangsiapa yang bertawakkal kepada-Nya maka Dia akan mencukupkan keperluan kita.

Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu. (Q.S. Ath-Thalaaq : 3)

Kenapa kita tidak percaya hal itu?

Mengapa kami tidak akan bertawakkal kepada Allah padahal Dia telah menunjukkan jalan kepada kami, dan kami sungguh-sungguh akan bersabar terhadap gangguan-gangguan yang kamu lakukan kepada kami. Dan hanya kepada Allah saja orang-orang yang bertawakkal itu, berserah diri." (Q.S. Ibrahim : 12)

Padahal janji Allah Tabaraka Wa Ta’ala itu pasti benar, karena Dia tidak mungkin menyalahi janji-Nya.

(Sebagai) janji yang sebenarnya dari Allah. Allah tidak akan menyalahi janjiNya, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui. (Q.S. Ar-Ruum : 6)

Maka tidak heran jika banyak sekali ayat-ayat Al-Quran yang memerintahkan agar kita bertawakkal kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, contohnya adalah ayat berikut ini,
Dan kepunyaan Allah-lah apa yang ghaib di langit dan di bumi dan kepada-Nya-lah dikembalikan urusan-urusan semuanya, maka sembahlah Dia, dan bertawakkallah kepada-Nya. Dan sekali-kali Tuhanmu tidak lalai dari apa yang kamu kerjakan. (Q.S. Huud : 123)

Dan bertawakkallah kepada Allah yang hidup (kekal) Yang tidak mati, dan bertasbihlah dengan memuji-Nya. Dan cukuplah Dia Maha Mengetahui dosa-dosa hamba-hamba-Nya. (Q.S. Al-Furqaan : 58)

dan bertawakkallah kepada Allah. Dan cukuplah Allah sebagai Pemelihara. (Q.S. Al-Ahzaab : 3)
Masalah keuangan? Serahkan sama Allah, karena Dia yang mengaturnya

Hai manusia, ingatlah akan nikmat Allah kepadamu. Adakah pencipta selain Allah yang dapat memberikan rezki kepada kamu dari langit dan bumi ? Tidak ada Tuhan selain Dia; maka mengapakah kamu berpaling (dari ketauhidan)? (Q.S. Faathir : 3)

Pekerjaan bermasalah? Atau belum dapat pekerjaan? Serahkan sama Allah Ta’ala

Sesungguhnya Tuhanmu melapangkan rezki kepada siapa yang Dia kehendaki dan menyempitkannya; sesungguhnya Dia Maha Mengetahui lagi Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya. (Q.S. Al-Israa’ : 30)

Serahkan semuanya sama Allah Subhanahu Wa Ta’ala, mohon sama Allah, minta sama Allah, bersyukur sama Allah, jangan banyak mengeluh, yakinlah Allah bersama kita dan Dia akan mengabulkan apa saja yang kita mau selama kita patuh dan taat kepada-Nya.

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. (Q.S. Al-Baqarah : 186)

Mulai dari sekarang, bertawakkallah kepada Allah Ta’ala apapun kondisi kita, selesai bekerja bertawakkallah kepada-Nya, saat ujian bertawakkallah kepada-Nya, saat ingin memulai sesuatu serahkanlah semuanya sama Allah, karena hanya kepada Allah sajalah kembali segala urusan.

(Yaitu) jalan Allah yang kepunyaan-Nya segala apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Ingatlah, bahwa kepada Allah-lah kembali semua urusan. (Q.S. Asy-Syuura : 53)

Jangan sampai hanya perkara sedikit saja kita malah datang ke tukang ramal, datang ke dukun, datang ke orang pintar. Apakah kita tidak sadar bahwa kita punya Allah? Apakah kita beriman kepada-Nya? Lalu kenapa kita tidak memohon, berharap dan meminta hanya kepada-Nya? Padahal Dia adalah Dzat Yang Maha Mengabulkan Doa, Dia senantiasa bersama kita dan Dia senantiasa melihat kita, Dia lebih mengetahui tentang kebutuhan dan keinginan kita daripada diri kita sendiri. Bertawakkallah kepada Allah dan hendaklah kita hanya bermohon kepada-Nya saja.
Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.