Header Ads

-

Penyebutan dan Penjelasan Bahasa Arab Sebagai Bahasa Al-Quran di Dalam Al-Quran


Bahasa Arab Sebagai Bahasa Al-Quran
Bahasa Arab Sebagai Bahasa Al-Quran

Allah Tabaraka Wa Ta’ala telah menurunkan Al-Quran kepada hamba-Nya (Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam) dalam bahasa Arab. Baik dari Surah Al-Fatihah sampai Surah An-Nas semuanya diturunkan dalam bahasa Arab secara teratur. Kenapa Allah Ta’ala menurunkan kitab-Nya dalam bahasa Arab, kenapa tidak dengan bahasa yang lainnya? Tentu saja alasannya hanya Allah Ta’ala sendiri yang mengetahuinya, dan beberapa di antaranya kita dapat ketahui sebagaimana keterangan di dalam Al-Quran itu sendiri. Lalu bagaimana penyebutan dan penjelasan Al-Quran mengenai hal ini? Simak selengkapnya pada tulisan ini.

1. Dan demikianlah, Kami telah menurunkan Al-Quran itu sebagai peraturan (yang benar) dalam bahasa Arab. Dan seandainya kamu mengikuti hawa nafsu mereka setelah datang pengetahuan kepadamu, maka sekali-kali tidak ada pelindung dan pemelihara bagimu terhadap (siksa) Allah. (Q.S. Ar-Ra’d : 37)
Pada ayat dijelaskan bahwa Al-Quran diturunkan sebagai peraturan yang benar dalam bahasa Arab.

2. Dan sesungguhnya Kami mengetahui bahwa mereka berkata: "Sesungguhnya Al-Quran itu diajarkan oleh seorang manusia kepadanya (Muhammad)." Padahal bahasa orang yang mereka tuduhkan (bahwa) Muhammad belajar kepadanya bahasa 'Ajam, sedang Al-Quran adalah dalam bahasa Arab yang terang. (Q.S. An-Nahl : 103)

Ayat di atas sebagai klarifikasi bahwa Al-Quran diturunkan dalam bahasa Arab yang terang, maksudnya tidak ada kecacatan di dalamnya, tersusun rapi dan sangat sempurna. Ayat di atas juga sebagai bantahan bahwa Al-Quran itu tidak dalam bahasa ‘Ajam. Bahasa ‘Ajam adalah bahasa selain bahasa Arab dan bisa juga diartikan sebagai bahasa Arab yang buruk.

3. Dan jikalau Kami jadikan Al Quran itu suatu bacaan dalam bahasa selain Arab, tentulah mereka mengatakan: "Mengapa tidak dijelaskan ayat-ayatnya?" Apakah (patut Al-Quran) dalam bahasa asing sedang (rasul adalah orang) Arab? Katakanlah: "Al-Quran itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang-orang mukmin. Dan orang-orang yang tidak beriman pada telinga mereka ada sumbatan, sedang Al-Quran itu suatu kegelapan bagi mereka. Mereka itu adalah (seperti) yang dipanggil dari tempat yang jauh." (Q.S. Fushshilat : 44)

Ayat di atas menjelaskan bahwa Al-Quran diturunkan dalam bahasa Arab salah satu alasannya adalah karena Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam orang Arab, kalau misalnya Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam orang Indonesia sedangkan Al-Quran diturunkan kepadanya dalam bahasa Arab, maka tentu orang-orang akan meragukan keotentikan Al-Quran. Akan tetapi bukan berarti karena Al-Quran dalam bahasa Arab jadi Al-Quran itu hanya diperuntukkan bagi orang-orang Arab saja. Al-Quran tetap diperuntukkan bagi seluruh dunia, tanpa terkecuali Indonesia, Inggris, Italia, bahkan kutub utara sekalipun, akan tetapi tetap dalam bahasa aslinya bahasa Arab.

Dan Al-Quran itu tidak lain hanyalah peringatan bagi seluruh umat. (Q.S. Al-Qalam : 52)

Dan saat ini sudah terdapat terjemahan Al-Quran dalam berbagai bahasa, jadi kita tidak perlu repot untuk mengetahui makna dan artinya. Apapun terjemahannya itu, Al-Quran tetap satu dan isinya tidak akan berubah-ubah.
4. (Ialah) Al Quran dalam bahasa Arab yang tidak ada kebengkokan (di dalamnya) supaya mereka bertakwa. (Q.S. Az-Zumar : 28)

Ayat di atas mempertegas bahwa Al-Quran diturunkan dalam bahasa Arab dan tidak terdapat kebengkokan di dalamnya, jadi Al-Quran tetap terpelihara dari berbagai hal yang dapat mengurangi keotentikannya baik itu kesalahan maupun kontradiksi.

5. Dan sesungguhnya Al-Quran ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam, dia dibawa turun oleh Ar-Ruh Al-Amin (Jibril), ke dalam hatimu (Muhammad) agar kamu menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan, dengan bahasa Arab yang jelas. (Q.S. Asy-Syu’araa’ : 192-195)

Ayat di atas menjelaskan bahwa Al-Quran diturunkan oleh Allah, Robb Semesta Alam melalui perantaraan Malaikat Jibril ‘alaihissalam kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dan dalam bahasa Arab yang jelas, artinya bahasa Arab yang terdapat di Al-Quran begitu sempurna dan tanpa kecacatan sedikitpun.

6. Dan demikianlah Kami menurunkan Al-Quran dalam bahasa Arab, dan Kami telah menerangkan dengan berulang kali, di dalamnya sebahagian dari ancaman, agar mereka bertakwa atau (agar) Al-Quran itu menimbulkan pengajaran bagi mereka. (Q.S. Thaahaa : 113)

Ayat di atas menjelaskan bahwa Al-Quran diturunkan dalam bahasa Arab dan beberapa isi kandungannya.

7. Sesungguhnya Kami menjadikan Al-Quran dalam bahasa Arab supaya kamu memahami(nya). (Q.S. Az-Zukhruf : 3)

Ayat di atas menerangkan bahwa Al-Quran dijadikan Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam bahasa Arab, dan salah satu tujuannya adalah agar kita memahaminya.

8. Dan sebelum Al-Quran itu telah ada kitab Musa sebagai petunjuk dan rahmat. Dan ini (Al-Quran) adalah kitab yang membenarkannya dalam bahasa Arab untuk memberi peringatan kepada orang-orang yang zalim dan memberi kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik. (Q.S. Al-Ahqaaf : 12)

Ayat di atas menjelaskan kepada kita bahwa Al-Quran diturunkan dalam bahasa Arab dan Al-Quran juga membenarkan kitab-kitab sebelumnya seperti Taurat, akan tetapi kata membenarkan di sini bermakna bahwa Al-Quran membenarkan bahwa Taurat, Zabur, Injil dan kitab-kitab sebelumnya telah diturunkan Allah, akan tetapi Al-Quran juga menerangkan bahwa kitab-kitab itu telah berubah dan berevolusi seiring berjalannya waktu, untuk itulah Al-Quran hadir untuk memurnikan kembali ajaran-ajaran di dalamnya, mengoreksi apa yang terdapat pada kitab-kitab tersebut sekarang dan menjelaskan fakta-fakta yang ada.

9. Demikianlah Kami wahyukan kepadamu Al-Quran dalam bahasa Arab, supaya kamu memberi peringatan kepada ummul Qura (penduduk Mekah) dan penduduk (negeri-negeri) sekelilingnya serta memberi peringatan (pula) tentang hari berkumpul (kiamat) yang tidak ada keraguan padanya. Segolongan masuk surga, dan segolongan masuk Jahannam. (Q.S. Asy-Syuura : 7)

Ayat di atas menjelaskan beberapa tujuan diwahyukannya Al-Quran dalam bahasa Arab.

10. Kitab yang dijelaskan ayat-ayatnya, yakni bacaan dalam bahasa Arab, untuk kaum yang mengetahui, (Q.S. Fushshilat : 3)

Ayat di atas menerangkan bahwa Al-Quran adalah bacaan dalam bahasa Arab.

11. Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al-Quran dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya. (Q.S. Yusuf : 2)

Sama seperti Surah Az-Zukhruf ayat ke-3 bahwa Al-Quran diturunkan dalam bahasa Arab agar kita memahaminya.

Itulah berbagai penyebutan serta penjelasan mengenai Al-Quran yang diturunkan dalam bahasa Arab. Sudah seharusnya kita sebagai umat Islam untuk mencintai Al-Quran, rajin membacanya, mengkaji ayat-ayatnya dan mengamalkan apa yang terkandung di dalamnya.
Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.