Header Ads

-

Mana Pernyataan Al-Quran Yang Menyuruh Umatnya Untuk Menyembah Allah?


Allah
Allah

Mungkin di antara orang-orang Kristen dan orang-orang non muslim ada yang bertanya-tanya apakah ada pernyataan Al-Quran untuk menyembah Allah. Sebelum menjawab pertanyaan ini maka yang saya ingin jelaskan bahwa pengetahuan tentang Al-Quran orang yang bertanya ini sangatlah sedikit dan kecil sekali. Sekalipun dia pembenci Al-Quran akan tetapi pertanyaannya itu membuatnya sangat terlihat bodoh dan tidak pernah sekalipun membaca Al-Quran. Kalau dia tidak pernah melihat ataupun membaca Al-Quran wajar saja dia tidak mengetahuinya, karena hampir seluruh isi Al-Quran mengandung perintah untuk menyembah Allah Ta’ala sebagai satu-satunya Tuhan, tidak ada sekutu bagi-Nya, Dialah Tuhan Yang Maha Esa.
Jadi, mana saja pernyataan Al-Quran yang menyuruh umatnya untuk menyembah Allah? Banyak sekali ayat yang membahas tentang ini, akan tetapi karena begitu banyaknya, maka pada tulisan ini hanya akan dibahas sedikit dan cukup untuk mewakili semuanya.

Al-Quran Langsung Yang Memerintahkannya

Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri, (Q.S. An-Nisaa’ : 36)

Sesunguhnya Kami menurunkan kepadamu Kitab (Al-Quran) dengan (membawa) kebenaran. Maka sembahlah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya. (Q.S. Az-Zumar : 2)

(Yang memiliki sifat-sifat yang) demikian itu ialah Allah Tuhan kamu; tidak ada Tuhan selain Dia; Pencipta segala sesuatu, maka sembahlah Dia; dan Dia adalah Pemelihara segala sesuatu. (Q.S. Al-An’aam : 102)

Dan kepunyaan Allah-lah apa yang ghaib di langit dan di bumi dan kepada-Nya-lah dikembalikan urusan-urusan semuanya, maka sembahlah Dia, dan bertawakkallah kepada-Nya. Dan sekali-kali Tuhanmu tidak lalai dari apa yang kamu kerjakan.(Q.S. Huud : 123)

Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dakwah Setiap Rasul Adalah Untuk Menyembah Allah Semata

Dan sungguhnya Kami telah mengutus rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan): "Sembahlah Allah (saja), dan jauhilah Thaghut itu", maka di antara umat itu ada orang-orang yang diberi petunjuk oleh Allah dan ada pula di antaranya orang-orang yang telah pasti kesesatan baginya. Maka berjalanlah kamu dimuka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang mendustakan (rasul-rasul). (Q.S. An-Nahl : 36)

Contohnya adalah dakwah Nabi ‘Isa ‘alaihissalam

Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: "Sesungguhnya Allah ialah Al Masih putera Maryam", padahal Al Masih (sendiri) berkata: "Hai Bani Israil, sembahlah Allah Tuhanku dan Tuhanmu." Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang zalim itu seorang penolongpun. (Q.S. Al-Maa’idah : 72)
Begitu pula Nabi Nuh ‘alaihissalam

Sesungguhnya Kami telah mengutus Nuh kepada kaumnya lalu ia berkata: "Wahai kaumku sembahlah Allah, sekali-kali tak ada Tuhan bagimu selain-Nya." Sesungguhnya (kalau kamu tidak menyembah Allah), aku takut kamu akan ditimpa azab hari yang besar (kiamat). (Q.S. Al-A’raaf : 59)

Nabi Sholeh ‘alaihissalam juga,

Dan (Kami telah mengutus) kepada kaum Tsamud saudara mereka Shaleh. Ia berkata: "Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada Tuhan bagimu selain-Nya. Sesungguhnya telah datang bukti yang nyata kepadamu dari Tuhammu. Unta betina Allah ini menjadi tanda bagimu, maka biarkanlah dia makan di bumi Allah, dan janganlah kamu mengganggunya dengan gangguan apapun, (yang karenanya) kamu akan ditimpa siksaan yang pedih." (Q.S. Al-A’raaf : 73)

Dan lain sebagainya.

Mempersekutukan Allah Dengan Apapun Adalah Dosa Yang Paling Besar

Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar. (Q.S. An-Nisaa’ : 48)

Al-Quran Sangat Menentang Untuk Menyekutukan Allah

Sesungguhnya Allah tidak mengampuni dosa mempersekutukan (sesuatu) dengan Dia, dan Dia mengampuni dosa yang selain syirik bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan (sesuatu) dengan Allah, maka sesungguhnya ia telah tersesat sejauh-jauhnya. (Q.S. An-Nisaa’ : 136)

Yang Mempersekutukan Allah Dengan Apapun Akan Dimasukkan Ke Dalam Neraka

Akan Kami masukkan ke dalam hati orang-orang kafir rasa takut, disebabkan mereka mempersekutukan Allah dengan sesuatu yang Allah sendiri tidak menurunkan keterangan tentang itu. Tempat kembali mereka ialah neraka; dan itulah seburuk-buruk tempat tinggal orang-orang yang zalim. (Q.S. Ali ‘Imran : 151)

Apa Saja Yang Disembah Selain Allah Tidak Dapat Berbuat Apa-Apa

Dan mereka menyembah selain daripada Allah apa yang tidak dapat mendatangkan kemudharatan kepada mereka dan tidak (pula) kemanfaatan, dan mereka berkata: "Mereka itu adalah pemberi syafa'at kepada kami di sisi Allah." Katakanlah: "Apakah kamu mengabarkan kepada Allah apa yang tidak diketahui-Nya baik di langit dan tidak (pula) dibumi?" Maha Suci Allah dan Maha Tinggi dan apa yang mereka mempersekutukan (itu). (Q.S. Yunus : 18)

Katakanlah: "Apakah kita akan menyeru selain daripada Allah, sesuatu yang tidak dapat mendatangkan kemanfaatan kepada kita dan tidak (pula) mendatangkan kemudharatan kepada kita dan (apakah) kita akan kembali ke belakang, sesudah Allah memberi petunjuk kepada kita, seperti orang yang telah disesatkan oleh syaitan di pesawangan yang menakutkan; dalam keadaan bingung, dia mempunyai kawan-kawan yang memanggilnya kepada jalan yang lurus (dengan mengatakan): "Marilah ikuti kami." Katakanlah:"Sesungguhnya petunjuk Allah itulah (yang sebenarnya) petunjuk; dan kita disuruh agar menyerahkan diri kepada Tuhan semesta alam, (Q.S. Al-An’aam : 71)

Itulah berbagai pernyataan Al-Quran yang menyuruh umatnya untuk hanya menyembah Allah semata, bahkan Al-Quran memerintahkan setiap orang di dunia ini untuk menyembah Allah Ta’al semata, tidak ada sekutu bagi-Nya, Dia tidak mempunyai anak, Dia tidak mempunyai istri. Maka sembahlah Allah dan janganlah sekali-kali menyekutukan-Nya dengan apapun.
Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.