Header Ads

-

Apakah Al-Quran Diciptakan dan Makhluk?



Kebenaran Al-Quran sudah tidak usah diragukan lagi. Al-Quran sudah teruji dengan berbagai tes dan percobaan bahwa Al-Quran terbukti benar dan terbukti datang dari Tuhan. Tapi kalau orang-orang kafir tentu saja mengingkarinya, karena mereka mengingkari kebenaran Islam, Al-Quran dan Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Mereka mengingkarinya karena rasa dendam yang sudah tertanam dari awalnya dan buta terhadap kebenaran, sehingga hal itu menjadikan mereka tidak akan merubah keyakinannya dengan alasan apapun kecuali memang Allah beri mereka hidayah.
Apakah Al-Quran Diciptakan dan Makhluk?
Apakah Al-Quran Diciptakan dan Makhluk?
Maka dari itu salah satu yang jadi korban adalah Al-Quran. Al-Quran sering sekali menjadi bulan-bulanan orang-orang kafir. Cacian, tuduhan dan cibiran terus saja ditujukan kepada Al-Quran tanpa hentinya. Akan tetapi karena kebenaran Al-Quran, maka apa saja yang mereka tuduhkan terhadap Al-Quran tidak akan pernah terbukti sampai hari Kiamat kelak.

Salah satu tuduhan yang sering adalah mengatakan bahwa Al-Quran itu diciptakan.

Tuduhan itu tentu saja tidak bernalar. Karena Al-Quran sendiri yang menyatakan bahwa dia adalah firman Allah. Karena kalau Al-Quran itu diciptakan berarti Al-Quran itu makhluk, dan ini adalah kepercayaan yang sangat menyimpang dari Islam. Siapa saja yang mengatakan Al-Quran itu makhluk ataupun Al-Quran itu diciptakan maka dia sudah tersesat sejauh-jauhnya. Bahkan Imam Syafi’i rahimahullahu ta’ala mengatakan bahwa siapa saja yang mengatakan Al-Quran itu makhluk berarti dia itu kafir.
Banyak sekali dalil dari Al-Quran yang menyatakan bahwa Al-Quran tidaklah diciptakan dan bukanlah makhluk, akan tetapi firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Seperti ayat-ayat di bawah ini,

Sesungguhnya Al-Quran itu adalah benar-benar wahyu (Allah yang diturunkan kepada) Rasul yang mulia, (Q.S. Al-Haaqqah : 40)

Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Al-Quran yang serupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, dengan kitab itu Dia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang disesatkan Allah, niscaya tak ada baginya seorang pemimpinpun. (Q.S. Az-Zumar : 23)

Itulah ayat-ayat Allah yang Kami membacakannya kepadamu dengan sebenarnya; maka dengan perkataan manakah lagi mereka akan beriman sesudah (kalam) Allah dan keterangan-keterangan-Nya. (Q.S. Al-Jaatsiyah : 6)

Dan sesungguhnya telah Kami turunkan berturut-turut perkataan ini (Al-Quran) kepada mereka agar mereka mendapat pelajaran. (Q.S. Al-Qashash : 51)

Jadi sudah jelas bahwa Al-Quran itu tidak diciptakan dan bukanlah makhluk, akan tetapi Al-Quran adalah firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam melalui perantaraan Malaikat Jibril.
Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.