Header Ads

-

Keutamaan Surga Firdaus dan Penyebutannya di Al-Quran


Keutamaan Surga Firdaus
Keutamaan Surga Firdaus

Setiap orang tentu saja memiliki keinginan agar menjadi penghuni surga kelak. Allah Ta’ala banyak menggambarkan tentang kenikmatan-kenikmatan surga di dalam Al-Quran. Di dalam surga kita tidak akan merasa kelelahan dan semuanya akan terasa nikmat. Bukan hanya itu saja, para penghuni surga kelak akan melihat wajah Allah Yang Maha Mulia dengan mata kepala kita sendiri. Saat itu Allah akan membuka tabirnya dan kita akan melihat wajah Allah Yang Maha Indah, Tuhan yang selama ini kita sembah dan sujud kepada-Nya.

Surga memiliki tingkatan-tingkatan dan tingkatan yang tertinggi adalah surga Firdaus. Maka dari itu ada sabda dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, yang mana beliau menyuruh kita untuk meminta surga Firdaus kepada Allah Ta’ala.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika kalian meminta pada Allah, mintalah pada-Nya surga Firdaus. Surga tersebut adalah surga yang paling utama dan surga yang paling tinggi.” (HR. Bukhari no. 2790)

Keutamaan Surga Firdaus sangatlah banyak, sehingga kalau kita melihat di Al-Quran ada beberapa golongan orang saja yang bisa memasuki surga Firdaus, tidak semua orang termasuk golongan penghuni surga Firdaus. Salah satunya adalah orang-orang yang beriman dan beramal saleh,

Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka adalah surga Firdaus menjadi tempat tinggal, mereka kekal di dalamnya, mereka tidak ingin berpindah dari padanya. (Q.S. Al-Kahf : 107-108)

Di dalam permulaan Surah Al-Mu’minuun Allah Ta’ala menceritakan ciri-ciri orang yang mewarisi surga Firdaus.

Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyu' dalam sembahyangnya, dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna, dan orang-orang yang menunaikan zakat, dan orang-orang yang menjaga kemaluannya, kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada terceIa. Barangsiapa mencari yang di balik itu maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas. Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya. dan orang-orang yang memelihara sembahyangnya. Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi, (yakni) yang akan mewarisi syurga Firdaus. Mereka kekal di dalamnya. (Q.S. Al-Mu’minuun : 1-11)

Bahkan istri Fir’aun memohon kepada Allah surga Firdaus.

Dan Allah membuat isteri Fir'aun perumpamaan bagi orang-orang yang beriman, ketika ia berkata: "Ya Rabbku, bangunkanlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam firdaus, dan selamatkanlah aku dari Fir'aun dan perbuatannya, dan selamatkanlah aku dari kaum yang zhalim. (Q.S. At-Tahrim : 11)

Di dalam surga Firdaus kita akan kekal di dalamnya. Merasakan kenikmatan-kenikmatan yang terhingga jumlahnya. Maka dari itu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sendiri yang memerintahkan kepada kita agar memohon kepada Allah berupa surga Firdaus. Apakah sulit bagi Allah memberikan surga Firdaus? Sangatlah mudah. Segala sesuatu itu sangat mudah bagi-Nya dan kalau Dia menghendaki sesuatu pasti terjadi. Bahkan menciptakan manusia, lalu mematikan manusia dan dihidupkan kembali lagi itu sangat mudah bagi Allah Jalla Jalaluh

Dan Dialah yang menciptakan (manusia) dari permulaan, kemudian mengembalikan (menghidupkan)nya kembali, dan menghidupkan kembali itu adalah lebih mudah bagi-Nya. Dan bagi-Nyalah sifat yang Maha Tinggi di langit dan di bumi; dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (Q.S. Ar-Ruum : 27)

Jadi setiap hari sebaiknya kita memohon surga Firdaus kepada Allah agar kelak menjadi tempat tinggal kita. Terlebih lagi pada waktu-waktu mustajab berdoa. Gunakan waktu-waktu mustajab untuk berdoa sebagai peluang besar kita mendapatkan apa yang kita inginkan. Di antara waktu-waktu tersebut adalah saat adzan berkumandang, antara adzan dan iqomah, saat sujud, sebelum salam setelah tasyhahud, saat hujan dan lain sebagainya. Semoga Allah mengabulkan doa kita agar digolongkan ke dalam penghuni surga Firdaus.

Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.