Header Ads

-

Surah di Al-Quran Yang Diawali Dengan Seruan Allah


Surah di Al-Quran Yang Diawali Dengan Seruan Allah
Surah di Al-Quran Yang Diawali Dengan Seruan Allah

Allah Ta’ala memiliki cara-Nya tersendiri dalam memulai sebuah surah di Al-Quran. Ada yang dimulai dengan pujian Allah Ta’ala kepada diri-Nya, ada yang dimulai dengan pensucian-Nya, ada yang dimulai dengan perintah, ada yang dimulai dengan huruf muqatha’ah, ada yang dimulai dengan sumpah, ada pula yang dimulai dengan pertanyaan dan lain sebagainya. Pada tulisan kali ini kita akan membahas tentang surah-surah di Al-Quran yang diawali dengan seruan Allah Tabaraka Wa Ta’ala. Seruan di sini bisa “Wahai manusia”, “Wahai orang-orang beriman” dan bisa juga “Wahai Nabi” karena kata “ya” pada awal kalimat menunjukkan seruan Allah ‘Azza Wa Jalla.

Seruan Allah ini bisa dalam bentuk apa saja, bisa seruan dalam bentuk perintah, bisa juga dalam bentuk larangan dan ada pula yang berupa seruan dalam bentuk pertanyaan. Lalu apa saja surah yang diawali dengan seruan Allah Ta’ala?


1. Surah An-Nisaa’ (Surah ke-4)

Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu. (Q.S. An-Nisaa’ : 1)

2. Surah Al-Maa’idah (Surah ke-5)

Hai orang-orang yang beriman, penuhilah aqad-aqad itu. Dihalalkan bagimu binatang ternak, kecuali yang akan dibacakan kepadamu. (Yang demikian itu) dengan tidak menghalalkan berburu ketika kamu sedang mengerjakan haji. Sesungguhnya Allah menetapkan hukum-hukum menurut yang dikehendaki-Nya. (Q.S. Al-Maa’idah : 1)

3. Surah Al-Hajj (Surah ke-22)

Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu; sesungguhnya kegoncangan hari kiamat itu adalah suatu kejadian yang sangat besar (dahsyat). (Q.S. Al-Hajj : 1)

4. Surah Al-Ahzab (Surah ke-33)

Hai Nabi, bertakwalah kepada Allah dan janganlah kamu menuruti (keinginan) orang-orang kafir dan orang-orang munafik. Sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana, (Q.S. Al-Ahzab : 1)

5. Suah Al-Hujuraat (Surah ke-49)

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mendahului Allah dan Rasulnya dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (Q.S. Al-Hujuraat : 1)


6. Surah Al-Mumtahanah (Surah ke-60)

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil musuh-Ku dan musuhmu menjadi teman-teman setia yang kamu sampaikan kepada mereka (berita-berita Muhammad), karena rasa kasih sayang; padahal sesungguhnya mereka telah ingkar kepada kebenaran yang datang kepadamu, mereka mengusir Rasul dan (mengusir) kamu karena kamu beriman kepada Allah, Tuhanmu. Jika kamu benar-benar keluar untuk berjihad di jalan-Ku dan mencari keridhaan-Ku (janganlah kamu berbuat demikian). Kamu memberitahukan secara rahasia (berita-berita Muhammad) kepada mereka, karena rasa kasih sayang. Aku lebih mengetahui apa yang kamu sembunyikan dan apa yang kamu nyatakan. Dan barangsiapa di antara kamu yang melakukannya, maka sesungguhnya dia telah tersesat dari jalan yang lurus. (Q.S. Al-Mumtahanah : 1)

7. Surah Ath-Thalaaq (Surah ke-65)

Hai Nabi, apabila kamu menceraikan isteri-isterimu maka hendaklah kamu ceraikan mereka pada waktu mereka dapat (menghadapi) iddahnya (yang wajar) dan hitunglah waktu iddah itu serta bertakwalah kepada Allah Tuhanmu. Janganlah kamu keluarkan mereka dari rumah mereka dan janganlah mereka (diizinkan) ke luar kecuali mereka mengerjakan perbuatan keji yang terang. Itulah hukum-hukum Allah dan barangsiapa yang melanggar hukum-hukum Allah, maka sesungguhnya dia telah berbuat zalim terhadap dirinya sendiri. Kamu tidak mengetahui barangkali Allah mengadakan sesudah itu sesuatu hal yang baru. (Q.S. Ath-Thalaaq : 1)

8. Surah At-Tahrim (Surah ke-66)

Hai Nabi, mengapa kamu mengharamkan apa yang Allah halalkan bagimu; kamu mencari kesenangan hati isteri-isterimu? Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Q.S. At-Tahrim : 1)

9. Surah Al-Muzzammil (Surah ke-73)

Hai orang yang berselimut (Muhammad), (Q.S. Al-Muzzammil : 1)

10. Surah Al-Muddatstsir (Surah ke-74)

Hai orang yang berkemul (berselimut), (Q.S. Al-Muddatstsir : 1)

Itulah surah-surah di Al-Quran yang diawali dengan seruan Allah Tabaraka Wa Ta’ala. Semoga pembahasan ini menambah wawasan kita dan seruan Allah ini membuat kita terpanggil dalam melaksanakan apa yang diperintahkan-Nya kepada kita.


Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.