Header Ads

-

Surah Al-Quran Yang Diawali Dengan Perintah Allah


Surah Al-Quran Yang Diawali Dengan Perintah Allah
Surah Al-Quran Yang Diawali Dengan Perintah Allah

Allah Subhanahu Wa Ta’ala memiliki cara-Nya tersendiri untuk memulai ayat dari suatu surah di Al-Quran. Allah Ta’ala tidak memulai suatu surah dengan bunyi yang sama dan cara yang sama. Tetapi Allah Tabaraka Wa Ta’ala memulai ayat dari sebuah surah dengan cara yang berbeda-beda, ada yang diawali dengan pensucian Allah, pujian terhadap diri-Nya, pertanyaan, huruf muqatha’ah dan lain sebagainya. Allah Ta’ala juga mengawali beberapa surah dengan perintah-Nya kepada umat Islam. Perintah ini bermacam-macam, ada yang perintah untuk mengatakan sesuatu, melakukan sesuatu dan lainnya. Maka dari itu pada tulisan kali ini kita akan membahas tentang surah di Al-Quran yang diawali dengan perintah Allah Jalla Jalaluh.

1. Surah Al-Jinn (Surah ke-72)

Katakanlah (hai Muhammad): "Telah diwahyukan kepadamu bahwasanya: telah mendengarkan sekumpulan jin (akan Al Quran), lalu mereka berkata: Sesungguhnya kami telah mendengarkan Al Quran yang menakjubkan, (Q.S. Al-Jinn : 1)

Ayat di atas membicarakan tentang jin yang mendengarkan lantunan Al-Quran lalu masuk Islam karenanya.


2. Surah Al-A’laa (Surah ke-87)

Sucikanlah nama Tuhanmu Yang Maha Tingi,(Q.S. Al-A’laa : 1)

Ayat di atas perintah Allah Ta’ala untuk menyucikan nama-Nya Yang Maha Tinggi.

3. Surah Al-‘Alaq (Surah ke-96)

Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan, (Q.S. Al-‘Alaq : 1)

Ayat di atas pada konteksnya sebenarnya adalah wahyu pertama yang turun kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Saat itu Malaikat Jibril mendatangi Muhammad di gua Hira’ kemudian memeluk erat-erat Muhammad sambil mengucapkan ‘Iqra’ yang berarti ‘bacalah’, namun Muhammad mengatakan bahwa dia tidak bisa membaca, hal ini terulang sampai tiga kali lalu Muhammad mengerti maksud yang diperintahkan Jibril tersebut.

4. Surah Al-Kaafiruun (Surah ke-109)

Katakanlah: "Hai orang-orang kafir, (Q.S. Al-Kaafiruun : 1)

Ayat di atas merupakan perintah Allah Ta’ala kepada kita untuk mengatakan kepada orang-orang kafir bahwa kita tidak menyembah apa yang mereka sembah, mereka juga tidak menyembah apa yang kita sembah dan semua urusan agama kita adala untuk kita dan urusan agama mereka untuk mereka. Hal ini dibahas lengkap pada surah ini.


5. Surah Al-Ikhlash (Surah ke-112)

Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. (Q.S. Al-Iklash : 1)

Surah Al-Ikhlash adalah pemurnian tentang ketauhidan terhadap Allah Subhanahu Wa Ta’ala, sifat-sifat-Nya dan pengagungan terhadap-Nya. Ini semua dibahas dalam 4 ayat pada surah ini.

6. Surah Al-Falaq (Surah ke-113)

Katakanlah: "Aku berlindung kepada Tuhan Yang Menguasai subuh, (Q.S. Al-Falaq : 1)

Ayat di atas adalah perintah Allah Ta’ala agar kita senantiasa berlindung kepada-Nya, yaitu Tuhan yang Menguasai Subuh dari berbagai kejahatan yang secara lengkap dibahas surah ini.

7. Surah An-Naash (Surah ke-114)

Katakanlah: "Aku berlidung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia. (Q.S. An-Naas : 1)

Surah An-Naas mengajarkan kita untuk senantiasa berlindung kepada Allah Ta’ala, Tuhan manusia, Raja manusia, Sembahan manusia, dari berbagai kejahatan yang secara detail dibahas pada surah ini.

Jadi ada 7 surah yang diawali dengan perintah Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Ini adalah salah satu cara Allah Ta’ala mengawali sebuah surah. Perintah Allah Ta’ala di sini bermakna agar kita melakukannya, bukan sekedar hanya dibaca saja.

Semoga pembahasan kita kali ini menambah wawasan dan pengetahuan kita seputar Al-Quran.


Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.