Yesus Memberikan Makan Lima Ribu Orang Membuktikan Dia Tuhan?


Mukjizat Yesus Memberi Makan 5000 Orang
Mukjizat Yesus Memberi Makan 5000 Orang
Yesus selama hidupnya telah melakukan banyak mukjizat dan tanda-tanda. Orang-orang Kristen meyakini bahwa semua mukjizat Yesus membuktikan bahwa dia adalah Tuhan karena tidak mungkin manusia biasa dapat melakukan mukjizat seperti yang dilakukan Yesus. Akan tetapi apakah orang-orang Kristen tidak mengetahui bahwa para nabi sebelum Yesus juga memiliki banyak mukjizat seperti Musa yang membelah lautan dan tongkatnya menjadi ular, ada juga Yunus yang hidup di perut ikan selama 3 hari 3 malam.

 Kenapa Musa dan Yunus tidak mereka jadikan tuhan juga? Lalu ada yang mengatakan bahwa Musa dan Yunus lahir secara normal dan mereka sama-sama memiliki kedua orang tua, sedangkan Yesus lahir hanya dari seorang ibu dan tanpa seorang bapak. Kalau begitu bagaimana dengan Adam dan Melkisedek yang lahir tanpa ayah dan ibu? Kenapa Adam dan Melkisedek tidak dijadikan tuhan juga? Dan orang-orang Kriten mulai bingung tetapi tetap pada keyakinan mereka terhadap ketuhanan Yesus.


Pada tulisan kali ini kita akan membahas salah satu mukjizat Yesus yaitu dapat memberikan makan sebanyak lima ribu orang hanya dengan roti jelai dan dua ikan saja. Kisah ini diceritakan pada keempat Injil yaitu Matius, Markus, Lukas dan Yohanes. Saya mengambil kutipannya sebagai berikut,

Yang ikut makan kira-kira lima ribu laki-laki, tidak termasuk perempuan dan anak-anak. (Matius 14 : 21)

Yang ikut makan roti itu ada lima ribu orang laki-laki. (Markus 6 : 44)

Sebab di situ ada kira-kira lima ribu orang laki-laki. Lalu Ia berkata kepada murid-murid-Nya: "Suruhlah mereka duduk berkelompok-kelompok, kira-kira lima puluh orang sekelompok." (Lukas 9 : 14)

"Di sini ada seorang anak, yang mempunyai lima roti jelai dan dua ikan; tetapi apakah artinya itu untuk orang sebanyak ini?" Kata Yesus: "Suruhlah orang-orang itu duduk." Adapun di tempat itu banyak rumput. Maka duduklah orang-orang itu, kira-kira lima ribu laki-laki banyaknya. (Yohanes 6 : 9-10)

Jadi ada 5000 orang laki-laki yang dapat makan hanya dari sebuah roti jelai dan dua ikan. Apakah ini mukjizat? Tentu saja. Apakah ini membuktikan ketuhanan Yesus? Tidak. Semua mukjizat ini adalah pemberian Bapa kepada Yesus.

"Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. (Matius 28 : 18)

(Baca Juga : Benarkah Yesus Tuhan?)

Bahkan kalau Allah menghendaki Yesus bisa saja memberikan makan seratus ribu orang hanya dari sepotong ikan saja dan bahkan bisa lebih daripada itu. Karena semua mukjizat yang Yesus lakukan adalah pemberian Bapanya jadi itu semua wajar. Kenapa? Agar membuktikan risalah tauhid yang dibawanya dan membuktikan bahwa dia utusan Tuhan. Tapi bukankah mukjizatnya luar biasa? Ya tentu saja, semua mukjizat para nabi seperti Abraham, Daud, Yunus, Yesus bahkan Muhammad sekalipun pasti luar biasa, kalau biasa saja itu bukan mukjizat namanya. Mukjizat itu adalah suatu hal yang di luar kemampuan manusia biasa dan tidak bisa dijelaskan secara ilmiah. Karena mukjizat pemberian Allah kepada nabi-Nya untuk membenarkan ajaran yang mereka bawa. Bahkan Muhammad bisa melakukan mukjizat yang lebih hebat dari yaitu melakukan perjalanan Mekkah ke Madinah, lalu ke Sidratil Muntaha dan kembali lagi ke Mekkah tidak sampai satu malam. Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam juga pernah membelah bulan yang secara logika tidak mungkin bisa terjadi. Akan tetapi begitulah para nabi Allah yang telah diistimewakan di antara manusia-manusia lainnya.


Semoga Allah membimbing orang-orang Kristen masuk ke dalam agama Islam.
Share on Google Plus

- Yusri Triadi

liputanalquran.com
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment