Header Ads

-

Orang Yang Dijadikan Nama Surah di Al-Quran


Orang Yang Dijadikan Nama Surah di Al-Quran
Orang Yang Dijadikan Nama Surah di Al-Quran
Banyak sekali tokoh yang diceritakan di dalam Al-Quran, baik itu orang yang beriman maupun orang yang ingkar. Segala sesuatu yang diceritakan oleh Allah Jalla Jalaluh di Al-Quran tentu saja memiliki hikmah dan pelajaran. Pada tulisan kali ini kita akan membahas mengenai orang-orang yag dijadikan nama surah di Al-Quran. Orang-orang di bawah ini ada di antaranya para nabi, ada juga hamba-hamba sholih dan ada pula yang ingkar kepada Allah Jalla Jalaluh. Surah-surah itu adalah,
Surah Yunus – Surah Ke-10

Surah Yunus diambil dari nama Nabi yaitu Yunus  bin Mata ‘alaihissalam. Surah Yunus adalah surah yang ke-10 di Al-Quran dan terdiri atas 109 ayat. Surah ini adalah surah Makkiyyah kecuali 3 ayat, yakni ayat ke 40, 94 dan 95 yang diturunkan saat Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam berada di Madinah. Surah Yunus memiliki banyak kandungan seperti penjelasan bahwa Al-Quran bukan sihir, mengenai wali-wali Allah, penjelasan Allah tidak mempunyai anak, kisah Nabi Musa, kisah Nabi Nuh  dan tentu saja kisah Nabi Yunus.

Surah Hud – Surah Ke-11

Surah Hud diambil dari nama Nabi yaitu Nabi Hud ‘alaihissalam yang diutus kepada kaum ‘Ad. Surah Hud adalah surah ke-11 di dalam Al-Quran dan terdiri atas 123 ayat. Surah ini termasuk ke dalam Surah Makkiyyah dan diturunkan setelah surah Yunus. Surah Hud memiliki banyak kandungan seperti golongan-golongan manusia pada hari Kiamat, ajaran tidak boleh sombong, kisah Nabi Nuh, kisah Nabi Hud, kisah Nabi Sholih, kisah Nabi Syu’aib, dan lain sebagainya.

Surah Yusuf – Surah Ke-12

Surah Yusuf diambil dari dari nama Nabi yakni Nabi Yusuf bin Ya’qub ‘alaihissalam. Surah Yusuf merupakan surah ke-12 di Al-Quran dan terdiri dari 111 ayat. Surah ini tergolong ke dalam Surah Makkiyyah. Surah ini hampir seluruh isinya membahas mengenai Nabi Yusuf ‘alaihissalam dari sejak kecilnya sampai dewasa.

Surah Ibrahim – Surah Ke-14

Surah Ibrahim diambil dari nama nabi yaitu Nabi Ibrahim ‘alaihissalam. Surah ini terdiri dari 52 ayat dan termasuk ke dalam surah Makkiyyah. Kandungan dari Surah Ibrahim sangatlah banyak seperti mengenai Al-Quran, perintah sholat, kisah Nabi Musa ‘alaihissalam dan ada pula do’a Nabi Ibrahim ‘alaihissalam.

(Baca Juga : Pakaian Penghuni Neraka)

Surah Maryam – Surah Ke-19

Surah Maryam diambil dari nama hamba Allah Ta’ala yang taat yaitu ibunda Nabi ‘Isa, Siti Maryam binti ‘Imran. Surah ini terdiri atas 98 ayat. Kandungan surah ini sangatlah banyak seperti kisah para nabi, kisah Maryam dengan anaknya ‘Isa ‘alaihissalam, tentang orang yang meninggalkan sholat, penjelasan bahwa Nabi ‘Isa bukanlah anak Allah dan lain sebagainya.

Surah Luqman – Surah Ke-31

Surah Luqman diambil dari nama seorang yang amat sholih yaitu Luqman. Surah ini terdiri dari 34 ayat dan tergolong ke dalam surah Makkiyyah. Kandungan surah ini banyak sekali seperti mengenai Al-Quran, mengenai penghuni surga, mengenai pesan Luqman kepada anaknya, mengenai tanda-tanda kekuasaan Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan lain sebagainya.

Surah Muhammad – Surah Ke-47

Surah Muhammad diambil dari nama manusia yang paling mulia di dunia ini yaitu Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Surah ini terdiri dari 38 ayat dan termasuk ke dalam surah Madaniyyah. Surah ini mengandung banyak hal seperti keesaan Allah Jalla Jalaluh, balasan bagi orang yang bertakwa dan yang ingkar, tentang kehidupan dunia sebagai permainan belaka dan lain sebagainya.

Surah Nuh – Surah Ke-71

Surah Nuh diambil dari nama nabi yaitu Nabi Nuh ‘alaihissalam. Surah ini terdiri dari 28 ayat dan termasuk ke dalam surah Makkiyyah. Surah ini mengandung tentang kisah Nabi Nuh ‘alaihissalam, baik itu kisahnya berdakwah, curhat kepada Allah dan doa-doanya kepada Allah ‘Azza Wa Jalla.

Surah Al-Lahab – Surah Ke-111

Surah Al-Lahab diambil dari nama seorang yang durhaka yaitu Abu Lahab. Abu Lahab adalah orang yang sangat menentang ajaran Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Surah Al-Lahab ini khusus membahas mengenai Abu Lahab dan istrinya. Pada surah ini juga disebutkan azab yang diberikan kepada mereka yaitu neraka. Surah ini terdiri dari 5 ayat dan termasuk surah Makkiyyah.

(Baca Juga : Apakah Pacaran Haram?)

Itulah beberapa orang yang namanya dijadikan sebagai nama surah di Al-Quran. Semoga ini menambah wawasan kita terhadap Al-Quran dan menambah kecintaan kita kepada Al-Quran.

Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.