Header Ads

-

Ayat Al-Quran Tentang Buah Delima


Ayat Al-Quran Tentang Buah Delima
Ayat Al-Quran Tentang Buah Delima

Al-Quran banyak sekali menyebut mengenai buah-buahan. Tapi memang tidak dipungkiri lagi bahwa buah-buahan itu banyak sekali manfaatnya bagi tubuh kita. Ada yang bermanfaat untuk mencegah kita dari berbagai penyakit, untuk mengatasi suatu penyakit bahkan untuk menyembuhkan penyakit yang kita derita. Penciptaan buah-buahan merupakan di antara tanda-tanda kekuasaan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Tidakkah kamu melihat bahwasanya Allah menurunkan hujan dari langit lalu Kami hasilkan dengan hujan itu buah-buahan yang beraneka macam jenisnya. Dan di antara gunung-gunung itu ada garis-garis putih dan merah yang beraneka macam warnanya dan ada (pula) yang hitam pekat. (Q.S. Faathir : 27)


Di dalam Al-Quran disebutkan beberapa buah seperti kurma, anggur, zaitun, tin dan delima. Pada tulisan kali ini kita akan membahas mengenai ayat-ayat Al-Quran tentang buah delima. Buah delima ini banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan seperti dapat menjaga kesehatan jantung kita, dapat mencegah kita terkena kanker prostat, dapat mengatasi gangguan perut seperti ganggungan lambung ataupun diare, dapat juga membantu mengurangi gejala anemia, dapat mencegah terkena osteoarthritis dan aterosklerosis dan masih banyak lagi yang lainnya. Maka dari itu sangat menarik sekali untuk dibahas mengenai ayat Al-Quran tentang buah dellima ini. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini,

AYAT PERTAMA

Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman. (Q.S. Al-An’aam : 99)

Ayat di atas mengenai cara Allah Subhanahu Wa Ta’ala menumbuhkan tumbuhan/tanaman, yang mana dimulai dari air yang diturunkan dari langit, kemudian air itu diserap oleh tumbuhan untuk dijadikan sebagai sumber nutrisi. Itu adalah di antara tanda-tanda kekuasaan Allah Jalla Jalaluh, karena yang dapat berbuat demikian hanyalah Allah semata.


AYAT KEDUA

Dan Dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak berjunjung, pohon korma, tanam-tanaman yang bermacam-macam buahnya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak sama (rasanya). Makanlah dari buahnya (yang bermacam-macam itu) bila dia berbuah, dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan disedekahkan kepada fakir miskin); dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan. (Q.S. Al-An’aam : 141)

Ayat di atas menjelaskan bahwa rasa dari buah-buahan itu berbeda-beda, ada yang masam, ada yang manis, ada yang asin, ada yang rasanya bercampur-campur dan lain sebagainya. Ayat di atas juga menjelaskan tentang perintah menyedekahkan buah tersebut kepada fakir miskin atau orang yang berhak karena pada buah itu terdapat hak bagi mereka.

AYAT KETIGA

Di dalam keduanya (ada macam-macam) buah-buahan dan kurma serta delima. (Q.S. Ar-Rahmaan : 68)

Ayat di atas menjelaskan tentang salah satu nikmat surga yaitu kita dapat menikmati berbagai buah-buahan yang lezat seperti kurma dan delima. Tentu saja kurma dan delima maupun berbagai makanan di surga lebih enak dan lebih lezat dibandingkan yang kita rasakan di dunia.

Itulah berbagai ayat Al-Quran tentang buah delima. Semoga pembahasan ini menambah kecintaan kita terhadap Allah ‘Azza Wa Jalla dan Kitab-Nya Al-Quran. Dan semoga tulisan ini dapat menambah wawasan kita yang selama ini mungkin belum mengetahuinya.


Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.