Header Ads

Ayat-Ayat Al-Quran Tentang Hutang


Ayat-Ayat Al-Quran Tentang Hutang
Ayat-Ayat Al-Quran Tentang Hutang

Rata-rata kita semua pasti memiliki hutang, entah itu mungkin dengan teman kita ataupun kerabat dekat kita. Tetapi itu wajar saja terjadi, karena tidak semua orang sama keadaannya. Ada saat-saat tertentu orang butuh uang, maka sebagai orang yang baik ada baiknya kita memberikan dia pinjaman. Kalau kita menganggapnya menjadi hutang tidak masalah asal keduanya sepakat, apalagi kalau kita memberinya dengan ikhlas tanpa menganggapnya sebagai hutang, itu memiliki ganjaran besar di sisi Allah Tabaraka Wa Ta’ala. Masalah hutang itu dijelaskan panjang lebar secara lengkap di agama kita tercinta ini, semuanya dijelaskan secara lengkap dan tegas di Al-Quran maupun Hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Maka dari itu menarik sekali kalau kita membahas tentang ayat-ayat Al-Quran tentang hutang. Simak selengkapnya di bawah ini.

1

Dan jika (orang yang berhutang itu) dalam kesukaran, maka berilah tangguh sampai dia berkelapangan. Dan menyedekahkan (sebagian atau semua hutang) itu, lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui. (Q.S. Al-Baqarah : 280)


Pada ayat di atas dijelaskan mengenai adab kita saat ada orang yang berhutang dengan kita. Hal pertama adalah kita memberinya tenggang waktu, setelah itu kita diperbolehkan menagih hutang tersebut. Akan tetapi ada sikap yang lebih mulia lagi, yaitu mengikhlashkan hutang tersebut dan kita jadikan sebagai sedekah, akan tetapi jarang sekali ada orang yang berbuat seperti jenis kedua ini. Memang tidak dipaksakan, akan tetapi kalau memang orang yang berhutang dengan kita itu kesulitan membayar hutangnya dan kita iba kepadanya, maka alangkah baiknya kita mengikhlaskan hutang tersebut. Sangat indah bukan Islam mengatur tentang hutang ini?

2

Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu bermu'amalah tidak secara tunai untuk waktu yang ditentukan, hendaklah kamu menuliskannya. Dan hendaklah seorang penulis di antara kamu menuliskannya dengan benar. Dan janganlah penulis enggan menuliskannya sebagaimana Allah mengajarkannya, meka hendaklah ia menulis, dan hendaklah orang yang berhutang itu mengimlakkan (apa yang akan ditulis itu), dan hendaklah ia bertakwa kepada Allah Tuhannya, dan janganlah ia mengurangi sedikitpun daripada hutangnya. Jika yang berhutang itu orang yang lemah akalnya atau lemah (keadaannya) atau dia sendiri tidak mampu mengimlakkan, maka hendaklah walinya mengimlakkan dengan jujur. Dan persaksikanlah dengan dua orang saksi dari orang-orang lelaki (di antaramu). Jika tak ada dua oang lelaki, maka (boleh) seorang lelaki dan dua orang perempuan dari saksi-saksi yang kamu ridhai, supaya jika seorang lupa maka yang seorang mengingatkannya. Janganlah saksi-saksi itu enggan (memberi keterangan) apabila mereka dipanggil; dan janganlah kamu jemu menulis hutang itu, baik kecil maupun besar sampai batas waktu membayarnya. Yang demikian itu, lebih adil di sisi Allah dan lebih menguatkan persaksian dan lebih dekat kepada tidak (menimbulkan) keraguanmu. (Tulislah mu'amalahmu itu), kecuali jika mu'amalah itu perdagangan tunai yang kamu jalankan di antara kamu, maka tidak ada dosa bagi kamu, (jika) kamu tidak menulisnya. Dan persaksikanlah apabila kamu berjual beli; dan janganlah penulis dan saksi saling sulit menyulitkan. Jika kamu lakukan (yang demikian), maka sesungguhnya hal itu adalah suatu kefasikan pada dirimu. Dan bertakwalah kepada Allah; Allah mengajarmu; dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. (Q.S. Al-Baqarah : 282)

Ayat di atas adalah khusus membahas tentang mu’amalah, seperti jualbeli dan juga hutang piutang. Ayat ini adalah ayat terpanjang Al-Quranul Karim. Ayat ini secara rinci menjelaskan tentang adab dalam bermu’amalah dan diterangkan Allah dengan jelas.


3

Dan bagimu (suami-suami) seperdua dari harta yang ditinggalkan oleh isteri-isterimu, jika mereka tidak mempunyai anak. Jika isteri-isterimu itu mempunyai anak, maka kamu mendapat seperempat dari harta yang ditinggalkannya sesudah dipenuhi wasiat yang mereka buat atau (dan) seduah dibayar hutangnya. Para isteri memperoleh seperempat harta yang kamu tinggalkan jika kamu tidak mempunyai anak. Jika kamu mempunyai anak, maka para isteri memperoleh seperdelapan dari harta yang kamu tinggalkan sesudah dipenuhi wasiat yang kamu buat atau (dan) sesudah dibayar hutang-hutangmu. Jika seseorang mati, baik laki-laki maupun perempuan yang tidak meninggalkan ayah dan tidak meninggalkan anak, tetapi mempunyai seorang saudara laki-laki (seibu saja) atau seorang saudara perempuan (seibu saja), maka bagi masing-masing dari kedua jenis saudara itu seperenam harta. Tetapi jika saudara-saudara seibu itu lebih dari seorang, maka mereka bersekutu dalam yang sepertiga itu, sesudah dipenuhi wasiat yang dibuat olehnya atau sesudah dibayar hutangnya dengan tidak memberi mudharat (kepada ahli waris). (Allah menetapkan yang demikian itu sebagai) syari'at yang benar-benar dari Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Penyantun. (Q.S. An-Nisaa’ : 12)

Ayat di atas membahas tentang warisan dan menyangkut sedikit mengenai hutang piutang. Untuk mengetahui makna dan maksudnya lebih jelas bisa kita lihat kita tafsir Al-Quran para ‘ulama seperti Ibnu Katsir rahimahullahu ta’ala.

4

Ataukah kamu meminta upah kepada mereka sehingga mereka dibebani dengan hutang? (Q.S. Ath-Thuur : 40)

Ayat di atas menjelaskan tentang singgungan Allah terhadap sikap orang musyrikin terhadap ucapan-ucapan dan tindakan mereka, mereka menganggap diri mereka lebih mulia dan lebih baik. Kalau kita lihat konteksnya lagi maka sangat jelas ayat-ayat sebelumnya dan setelahnya membahas tentang sindiran Allah kepada orang musyrikin.

5

Apakah kamu meminta upah kepada mereka, lalu mereka diberati dengan hutang? (Q.S. Al-Qalam : 46)

Ayat di atas sama persis bunyinya dan maknanya seperti ayat Ath-Thuur sebelumnya.

Itulah berbagai penjelasan mengenai ayat-ayat Al-Quran yang berkaitan dengan hutang-piutang. Untuk lebih memahami maknanya per ayat dan per kalimat kita bisa melihat kitab tafsir Al-Quran para ‘ulama sehingga kita lebih meresapi maknanya.


Semoga bermanfaat.

1 comment:

  1. HAPPY NEW YEAR HAPPY NEW YEAR HAPPY NEW YEAR
    DARI-rossastanleyloancompany

    Apakah Anda membutuhkan kredit yang mendesak?

    * Sangat Cepat dan Transfer Instan ke rekening bank anda
    Bayar kembali bulan setelah Anda mendapatkan pinjaman Anda di bank Anda
    akun bank
    * Suku bunga rendah 2%
    * Long term payback (1-30) Long
    * Pinjaman fleksibel dan gaji bulanan
    *. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membiayai? Setelah mengajukan pinjaman
    Anda mungkin mengharapkan jawaban awal kurang dari 24 jam
    pembiayaan dalam 48Hours setelah menerima informasi yang mereka butuhkan
    Dari kru Di perusahaan pinjaman ROSSA STANLEY, kami adalah perusahaan pembiayaan yang berpengalaman yang menyediakan fasilitas pinjaman mudah untuk tulus, serius, korporat, legal dan publik dengan tingkat bunga 2%. Kami memiliki akses ke koleksi uang tunai untuk diberikan kepada perusahaan dan mereka yang memiliki rencana untuk memulai bisnis tidak peduli seberapa kecil atau besarnya, kami memiliki uang tunai. Yakinlah bahwa kesejahteraan dan kenyamanan Anda adalah prioritas utama kami, mengapa kami berada di sini untuk mengurus pemrosesan pinjaman Anda.

    Hubungi perusahaan pinjaman yang sah dan dapat dipercaya dengan track record layanan yang memberikan kebebasan finansial kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa.
    Untuk informasi lebih lanjut dan pinjaman yang meminta untuk mendirikan bisnis Anda, belilah rumah, beli mobil, liburan, hubungi kami via,

    E-mail Resmi: rossastanleyloancompany@gmail.com
    Instagram resmi: Rossamikefavor
    Twitter resmi: Rossastanlyloan
    Official Facebook: rossa stanley favor
    CSN: +12133153118
    untuk respon cepat dan cepat.
    Silahkan mengisi formulir aplikasi di bawah ini dan kami akan menghubungi Anda lagi, Kami tersedia 24/7

    DATA PEMOHON

    1) Nama Lengkap:

    2) Negara:

    3) Alamat:

    4) Jenis Kelamin:

    5) Status Perkawinan:

    6) Pekerjaan:

    7) Nomor Telepon:

    8) posisi saat bekerja:

    9) Penghasilan Bulanan:

    10) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:

    11) Durasi Pinjaman:

    12) nama facebook:

    13) nomor Whatsapp:

    14) Agama:

    15) Tanggal lahir:

    SALAM,
    Mrs.Rossa Stanley Favor
    ROSSASTANLEYLOANCOMPANY
    Email rossastanleyloancompany@gmail.com

    ReplyDelete

Powered by Blogger.