Header Ads

-

Kemana Kamu Saat Sedih dan Galau?


Kemana Kamu Saat Sedih dan Galau?
Kemana Kamu Saat Sedih dan Galau?

Hidup ini banyak sekali cobaan dan tantangannya. Banyak hal yang kita lewati selama hidup di dunia ini. Ada rasa tangis, bahagia, haru yang semuanya tidak mudah kita hadapi. Terkadang kita merasa lelah menghadapi kehidupan di dunia ini. Ketahuilah bahwa Allah akan menguji kita

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (Q.S. Al-Baqarah : 155)

Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? (Q.S. Al-‘Ankabuut : 2)


Kita sering galau? Kita sering mendapat masalah? Kita sering sedih karena terlalu banyak beban hidup? Ingatlah bahwa Allah senantiasa bersama kita, Dia akan mengabulkan doa hamba-hamba-Nya.

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. (Q.S. Al-Baqarah : 186)

Ketahuilah kalau Allah-lah yang telah menjadikan kita tertawa dan menangis

dan bahwasanya Dialah yang menjadikan orang tertawa dan menangis, (Q.S. An-Najm : 43)

Ingat kita masih punya Allah. Kita masih punya Allah yang selalu bersama kita di mana saja kita berada. Allah selalu ada di antara kita dan Dia tidak akan pernah meninggalkan kita.

Tidakkah kamu perhatikan, bahwa sesungguhnya Allah mengetahui apa yang ada di langit dan di bumi? Tiada pembicaraan rahasia antara tiga orang, melainkan Dia-lah keempatnya. Dan tiada (pembicaraan antara) lima orang, melainkan Dia-lah keenamnya. Dan tiada (pula) pembicaraan antara jumlah yang kurang dari itu atau lebih banyak, melainkan Dia berada bersama mereka di manapun mereka berada. Kemudian Dia akan memberitahukan kepada mereka pada hari kiamat apa yang telah mereka kerjakan. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui segala sesuatu. (Q.S. Al-Mujaadilah : 7)


Serahkan semua masalah kepada Allah, karena semua urusan akan kembali kepada Allah Jalla Jalaluh.

(Yaitu) jalan Allah yang kepunyaan-Nya segala apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Ingatlah, bahwa kepada Allah-lah kembali semua urusan. (Q.S. Asy-Syuura : 53)

Janganlah kita seperti kebanyakan orang yang apabila dalam keadaan susah kita banyak memohon kepada Allah, dekat kepada Allah dan sangat membuhkan Allah, akan tetapi kalau mendapatkan nikmat kita lupa kepada Allah.

Dan apabila manusia itu ditimpa kemudharatan, dia memohon (pertolongan) kepada Tuhannya dengan kembali kepada-Nya; kemudian apabila Tuhan memberikan nikmat-Nya kepadanya lupalah dia akan kemudharatan yang pernah dia berdoa (kepada Allah) untuk (menghilangkannya) sebelum itu, dan dia mengada-adakan sekutu-sekutu bagi Allah untuk menyesatkan (manusia) dari jalan-Nya. Katakanlah: "Bersenang-senanglah dengan kekafiranmu itu sementara waktu; sesungguhnya kamu termasuk penghuni neraka." (Q.S. Az-Zumar : 8)

Dan apabila Kami memberikan nikmat kepada manusia, ia berpaling dan menjauhkan diri; tetapi apabila ia ditimpa malapetaka, maka ia banyak berdoa. (Q.S. Fushshilat : 51)

Jadi saat kita sedang galau, saat kita sedang sedih dan tidak ada tempat lagi bersandar, ingatlah Allah. Ingatlah bahwa kita masih punya Allah. Kita punya Allah yang selalu ada buat kita. Kita punya Allah yang selalu siap menerima keluh kesah kita.

Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang azab kepadamu kemudian kamu tidak dapat ditolong (lagi). (Q.S. Az-Zumar : 54)

Allah itu amat dekat kepada kita, lebih dekat daripada urat leher kita sendiri

Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya, (Q.S. Qaaf : 16)

Tetapi kenapa banyak di antara kita yang masih meminta kepada selain Allah? Kenapa masih banyak kita yang meminta tolong kepada orang pintar?

Ia menyeru selain Allah, sesuatu yang tidak dapat memberi mudharat dan tidak (pula) memberi manfaat kepadanya. Yang demikian itu adalah kesesatan yang jauh. (Q.S. Al-Hajj : 12)

Kenapa kita banyak melupakan Allah? Padahal Dialah yang telah memberikan kita nikmat yang begitu banyak.

Atau siapakah yang menciptakan (manusia dari permulaannya), kemudian mengulanginya (lagi), dan siapa (pula) yang memberikan rezeki kepadamu dari langit dan bumi? Apakah disamping Allah ada tuhan (yang lain)?. Katakanlah: "Tunjukkanlah bukti kebenaranmu, jika kamu memang orang-orang yang benar." (Q.S. An-Naml : 64)

Hai manusia, ingatlah akan nikmat Allah kepadamu. Adakah pencipta selain Allah yang dapat memberikan rezki kepada kamu dari langit dan bumi ? Tidak ada Tuhan selain Dia; maka mengapakah kamu berpaling (dari ketauhidan)? (Q.S. Faathir : 3)

Maka dari itu dalam keadaan apa saja kita, baik itu dalam keadaan susah ataupun keadaan lapang, maka ingatlah Allah, mintalah kepada Allah, dan dekatkanlah diri kita kepada Allah. Allah akan berikan kepada kita solusi terbaik yang tidak akan pernah diberikan seorangpun di dunia ini.


Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.