Header Ads

-

Ayat Al-Quran Tentang Malam Hari

Ayat Al-Quran Tentang Malam Hari
Ayat Al-Quran Tentang Malam Hari
Malam hari adalah saat di mana hari gelap dan hanya cahaya bulan saja yang menerangi bumi. Malam hari adalah waktu umat manusia beristirahat setelah lelah beraktifitas di siang harinya. Karena pentingnya waktu malam hari ini dan dikarenakan banyaknya keutamaan di malam hari maka Allah pun menamakan salah satu surah di Al-Quran dengan nama “Al-Lail” yang berarti “malam”. Salah satu di antara kelebihan malam hari adalah di sana ada satu sholat yang hanya bisa dilaksanakan pada malam hari dan memiliki keutamaan yang amat besar, yakni sholat tahajjud. Maka dari itu menarik sekali jikalau kita membahas mengenai ayat-ayat Al-Quran tentang malam. Simak selengkapnya pada tulisan ini.


Al-Quran diturunkan pertama kali pada malam hari yang amat diberkahi

sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. (Q.S. Ad-Dukhaan : 3)

Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam kemuliaan. (Q.S. Al-Qadr : 1)

Allah bersumpah dengan waktu malam hari

Demi malam apabila menutupi (cahaya siang), (Q.S. Al-Lail : 1)

demi malam apabila telah hampir meninggalkan gelapnya, (Q.S. At-Takwiir : 17)

dan demi malam apabila telah sunyi (gelap), (Q.S. Adh-Dhuhaa : 2)

dan malam apabila menutupinya, (Q.S. Asy-Syams : 4)

dan malam bila berlalu. (Q.S. Al-Fajr : 4)

dan dengan malam dan apa yang diselubunginya, (Q.S. Al-Insyiqaaq : 17)

dan malam ketika telah berlalu, (Q.S. Al-Muddatstsir : 33)

Malam hari adalah kepunyaan Allah Tabaraka Wa Ta’ala

Dan kepunyaan Allah-lah segala yang ada pada malam dan siang. Dan Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (Q.S. Al-An’aam : 13)

Allah-lah yang melakukan pergantian siang dan malam

Yang demikian itu, adalah karena sesungguhnya Allah (kuasa) memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam dan bahwasanya Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat. (Q.S.

Bergantinya malam hari dan siang hari adalah salah satu tanda kekuasaan Allah ‘Azza Wa Jalla

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan. (Q.S. Al-Baqarah : 164)

Dan suatu tanda (kekuasaan Allah yang besar) bagi mereka adalah malam; Kami tanggalkan siang dari malam itu, maka dengan serta merta mereka berada dalam kegelapan. (Q.S. Yaasiin : 37)


Allah memuji orang-orang yang melaksanakan sholat tahajjud pada malam hari

Di dunia mereka sedikit sekali tidur diwaktu malam. (Q.S. Adz-Dzaariyaat : 17)

Dan orang yang melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka. (Q.S. Al-Furqaan : 64)

Sesungguhnya bangun di waktu malam adalah lebih tepat (untuk khusyuk) dan bacaan di waktu itu lebih berkesan. (Q.S. Al-Muzzammil : 6)

Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya dan mereka selalu berdoa kepada Rabbnya dengan penuh rasa takut dan harap, serta mereka menafkahkan apa apa rezki yang Kami berikan. (Q.S. As-Sajdah : 16)

Allah-lah yang telah menidurkan kita di malam hari

Dan Dialah yang menidurkan kamu di malam hari dan Dia mengetahui apa yang kamu kerjakan di siang hari, kemudian Dia membangunkan kamu pada siang hari untuk disempurnakan umur(mu) yang telah ditentukan, kemudian kepada Allah-lah kamu kembali, lalu Dia memberitahukan kepadamu apa yang dahulu kamu kerjakan. (Q.S. Al-An’aam : 60)

Di antara fungsi diciptakannya malam hari

Allah-lah yang menjadikan malam untuk kamu supaya kamu beristirahat padanya; dan menjadikan siang terang benderang. Sesungguhnya Allah benar-benar mempunyal karunia yang dilimpahkan atas manusia, akan tetapi kebanyakan manusia tidak bersyukur. (Q.S. Al-Mu’min : 61)

Dia menyingsingkan pagi dan menjadikan malam untuk beristirahat, dan (menjadikan) matahari dan bulan untuk perhitungan. Itulah ketentuan Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui. (Q.S. Al-An’aam : 96)

Dialah yang menjadikan untukmu malam (sebagai) pakaian, dan tidur untuk istirahat, dan Dia menjadikan siang untuk bangun berusaha. (Q.S. Al-Furqaan : 47)

Pada malam hari di bulan puasa kita dihalalkan bercampur dengan istri/suami kita

Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan isteri-isteri kamu; mereka adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi ma'af kepadamu. Maka sekarang campurilah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam, (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri'tikaf dalam mesjid. Itulah larangan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertakwa. (Q.S. Al-Baqarah : 187)

Di antara keutamaan pada malam hari

Dan pada sebagian dari malam, maka sujudlah kepada-Nya dan bertasbihlah kepada-Nya pada bagian yang panjang dimalam hari. (Q.S. Al-Insaan : 26)

bangunlah (untuk sembahyang) di malam hari, kecuali sedikit (daripadanya), (Q.S. Al-Muzzammil : 2)

Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji. (Q.S. Al-Israa’ : 79)

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan isra’ dan mi’raj pada malam hari, yaitu dengan 1 malam saja

Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (Q.S. Al-Israa’ : 1)

Alasan kenapa Allah tidak menjadikan malam hari selamanya

Katakanlah: "Terangkanlah kepadaku, jika Allah menjadikan untukmu malam itu terus menerus sampai hari kiamat, siapakah Tuhan selain Allah yang akan mendatangkan sinar terang kepadamu? Maka apakah kamu tidak mendengar?" (Q.S. Al-Qashash : 71)

Perbanyaklah bertasbih saat di malam hari

dan bertasbihlah kepada-Nya pada beberapa saat di malam hari dan di waktu terbenam bintang-bintang (di waktu fajar). (Q.S. Ath-Thuur : 49)

Dan bertasbihlah kamu kepada-Nya di malam hari dan setiap selesai sembahyang. (Q.S. Qaaf : 40)

Itulah berbagai ayat Al-Quran mengenai malam hari. Sebenarnya masih banyak sekali ayat Al-Quran yang membahas tentang malam hari, namun menurut kami ayat-ayat di atas sepertinya sudah mewakili sebagian besar yang terdapat di Al-Quran. Semoga pembahasan ini menambah keimanan kita kepada Allah ‘Azza Wa Jalla dan menambah wawasan ilmu agama kita.

(Baca Juga : Selamat Kepada Ateis)

Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.