Header Ads

-

Ayat Al-Quran Tentang Petang/Sore Hari

Ayat Al-Quran Tentang Petang/Sore Hari
Ayat Al-Quran Tentang Petang/Sore Hari
Kalau sebelumnya kita sudah membahas mengenai ayat Al-Quran tentang pagi hari, siang hari, dan malam hari, maka pada tulisan kali ini kita akan mengulas mengenai ayat Al-Quran tentang petang/sore hari. Petang hari sering sekali disebut Al-Quranul ‘Adzhim dalam banyak pembahasan. Salah satu pembahasan yang sering dibahas di Al-Quran mengenai petang hari adalah waktu bertasbih/berdzikir. Di antara waktu yang afdhol dan utama dalam berdzikir adalah saat petang hari. Selain itu masih ada lagi hal-hal lainnya yang berkaitan dengan petang hari. Maka dari itulah sangat menarik sekali untuk dibahas. Simak selengkapnya pada tulisan ini.

1

Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai. (Q.S. Al-A’raaf : 205)


2

Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang. (Q.S. Al-Ahzaab : 42)

3

Dan janganlah kamu mengusir orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan petang hari, sedang mereka menghendaki keridhaan-Nya. Kamu tidak memikul tanggung jawab sedikitpun terhadap perbuatan mereka dan merekapun tidak memikul tanggung jawab sedikitpun terhadap perbuatanmu, yang menyebabkan kamu (berhak) mengusir mereka, (sehingga kamu termasuk orang-orang yang zalim). (Q.S. Al-An’aam : 52)

4

Kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petang, dan pada hari terjadinya Kiamat. (Dikatakan kepada malaikat): "Masukkanlah Fir'aun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat keras." (Q.S. Al-Mu’min : 46)

Ayat di atas menjelaskan tentang siksa kubur, yakni ditampakkan kepadanya neraka pada pagi dan petang hari.

5

supaya kamu sekalian beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, menguatkan (agama)Nya, membesarkan-Nya. Dan bertasbih kepada-Nya di waktu pagi dan petang. (Q.S. Al-Fath : 9)

6

Dan mereka berkata: "Dongengan-dongengan orang-orang dahulu, dimintanya supaya dituliskan, maka dibacakanlah dongengan itu kepadanya setiap pagi dan petang." (Q.S. Al-Furqaan : 5)

Ayat di atas berbicara tentang hinaan dan cacian dari orang musyrikin Mekkah terhadap Al-Quran.

7

Dan sebutlah nama Tuhanmu pada (waktu) pagi dan petang. (Q.S. Al-Insaan : 25)

8

Maka bersabarlah kamu, karena sesungguhnya janji Allah itu benar, dan mohonlah ampunan untuk dosamu dan bertasbihlah seraya memuji Tuhanmu pada waktu petang dan pagi. (Q.S. Al-Mu’min : 55)

9

Berkata Zakariya: "Berilah aku suatu tanda (bahwa isteriku telah mengandung)." Allah berfirman: "Tandanya bagimu, kamu tidak dapat berkata-kata dengan manusia selama tiga hari, kecuali dengan isyarat. Dan sebutlah (nama) Tuhanmu sebanyak-banyaknya serta bertasbihlah di waktu petang dan pagi hari." (Q.S. Ali ‘Imran : 41)

10

Bertasbih kepada Allah di masjid-masjid yang telah diperintahkan untuk dimuliakan dan disebut nama-Nya di dalamnya, pada waktu pagi dan waktu petang, (Q.S. An-Nuur : 36)


11

Hanya kepada Allah-lah sujud (patuh) segala apa yang di langit dan di bumi, baik dengan kemauan sendiri ataupun terpaksa (dan sujud pula) bayang-bayangnya di waktu pagi dan petang hari. (Q.S. Ar-Ra’d : 15)

12

Maka bertasbihlah kepada Allah di waktu kamu berada di petang hari dan waktu kamu berada di waktu subuh, dan bagi-Nyalah segala puji di langit dan di bumi dan di waktu kamu berada pada petang hari dan di waktu kamu berada di waktu Dzuhur. (Q.S. Ar-Ruum : 17-18)

13

Dan dirikanlah sembahyang itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat. (Q.S. Huud : 114)

14

Maka ia keluar dari mihrab menuju kaumnya, lalu ia memberi isyarat kepada mereka; hendaklah kamu bertasbih di waktu pagi dan petang. (Q.S. Maryam : 11)

Ayat di atas menjelaskan tentang Nabi Zakariyya yang dikaruniakan seorang anak lelaki (Yahya).

15

Mereka tidak mendengar perkataan yang tak berguna di dalam syurga, kecuali ucapan salam. Bagi mereka rezkinya di syurga itu tiap-tiap pagi dan petang. (Q.S. Maryam : 62)

16

Sesungguhnya Kami menundukkan gunung-gunung untuk bertasbih bersama dia (Daud) di waktu petang dan pagi, (Q.S. Shaad : 18)

17

Dan Kami (tundukkan) angin bagi Sulaiman, yang perjalanannya di waktu pagi sama dengan perjalanan sebulan dan perjalanannya di waktu sore sama dengan perjalanan sebulan (pula) dan Kami alirkan cairan tembaga baginya. Dan sebahagian dari jin ada yang bekerja di hadapannya (di bawah kekuasaannya) dengan izin Tuhannya. Dan siapa yang menyimpang di antara mereka dari perintah Kami, Kami rasakan kepadanya azab neraka yang apinya menyala-nyala. (Q.S. Saba’ : 12)

18

Kemudian mereka datang kepada ayah mereka di sore hari sambil menangis. (Q.S. Yusuf : 16)

Ayat di atas berbicara tentang saudara-saudara Nabi Yusuf yang memasukkan Yusuf ke sumur, tetapi mereka mengatakan kepada ayahnya (Ya’qub) bahwa Yusuf itu dimakan serigala.

19

(ingatlah) ketika dipertunjukkan kepadanya kuda-kuda yang tenang di waktu berhenti dan cepat waktu berlari pada waktu sore, (Q.S. Shaad : 31)

Ayat di atas mengisahkan tentang cobaan terhadap Nabi Sulaiman ‘alaihissalam.

20

Pada hari mereka melihat hari berbangkit itu, mereka merasa seakan-akan tidak tinggal (di dunia) melainkan (sebentar saja) di waktu sore atau pagi hari. (Q.S. An-Naazi’aat : 46)

Itulah berbagai ayat Al-Quran mengenai petang/sore hari. Semoga tulisan ini menambah wawasan kita terhadap Al-Quran dan semoga kita bisa mengamalkan ayat-ayat di atas sehingga menambah kecintaan kita kepada Allah dan kitab-Nya Al-Quran.


Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.