Header Ads

-

Surah-Surah Yang Menceritakan Nabi ‘Isa

Surah-Surah Yang Menceritakan Nabi ‘Isa
Surah-Surah Yang Menceritakan Nabi ‘Isa

Nabi ‘Isa ‘alaihissalam adalah salah satu rasul Allah Tabaraka Wa Ta’ala yang diutus-Nya di muka bumi. Nabi ‘Isa ‘alaihissalam adalah putra dari Maryam binti ‘Imran dan beliau lahir tanpa adanya seorang ayah alias lahir secara mukjizat. Beliau diutus kepada Bani Israil dan kepadanya diturunkan kitab Injil. Kenabian ‘Isa disebutkan Allah Ta’ala di Al-Quran

Dan Kami iringkan jejak mereka (nabi nabi Bani Israil) dengan ‘Isa putera Maryam, membenarkan Kitab yang sebelumnya, yaitu: Taurat. Dan Kami telah memberikan kepadanya Kitab Injil sedang didalamnya (ada) petunjuk dan dan cahaya (yang menerangi), dan membenarkan kitab yang sebelumnya, yaitu Kitab Taurat. Dan menjadi petunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yang bertakwa. (Q.S. Al-Maa’idah : 78)


Nabi ‘Isa ‘alaihissalam adalah salah satu tokoh yang sering dibahas Al-Quran. Bukan hanya karena dia seorang nabi, akan tetapi juga karena banyak sekali umatnya yang menjadikan dia tuhan, bahkan beliau juga dipanggil anak tuhan oleh mereka.

Orang-orang Yahudi berkata: "Uzair itu putera Allah" dan orang-orang Nasrani berkata: "Al-Masih itu putera Allah." Demikianlah itu ucapan mereka dengan mulut mereka, mereka meniru perkataan orang-orang kafir yang terdahulu. Dilaknati Allah mereka , bagaimana mereka sampai berpaling? (Q.S. At-Taubah : 30)

Maka dari itu banyak sekali ayat Al-Quran yang membantah ketuhanan ‘Isa dan penyebutannya sebagai anak tuhan. Salah satunya adalah ayat ini.

Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: "Sesungguhnya Allah ialah Al-Masih putera Maryam", padahal Al-Masih (sendiri) berkata: "Hai Bani Israil, sembahlah Allah Tuhanku dan Tuhanmu." Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang zalim itu seorang penolongpun. (Q.S. Al-Maa’idah : 72)

Pada tulisan kali ini kita akan membahas mengenai surah-surah yang menceritakan tentang Nabi ‘Isa ‘alaihissalam.

1. Surah Al-Baqarah

Di dalam Surah Al-Baqarah kisah Nabi ‘Isa ‘alaihissalam tidak banyak diceritakan. Pada surah ini beliau hanya dijelaskan secara singkat dan disebut beberapa kali. Salah satu ayat yang membahas Nabi ‘Isa pada surah ini yakni,

Rasul-rasul itu Kami lebihkan sebagian (dari) mereka atas sebagian yang lain. Di antara mereka ada yang Allah berkata-kata (langsung dengan dia) dan sebagiannya Allah meninggikannya beberapa derajat. Dan Kami berikan kepada ‘Isa putera Maryam beberapa mukjizat serta Kami perkuat dia dengan Ruhul Qudus. Dan kalau Allah menghendaki, niscaya tidaklah berbunuh-bunuhan orang-orang (yang datang) sesudah rasul-rasul itu, sesudah datang kepada mereka beberapa macam keterangan, akan tetapi mereka berselisih, maka ada di antara mereka yang beriman dan ada (pula) di antara mereka yang kafir. Seandainya Allah menghendaki, tidaklah mereka berbunuh-bunuhan. Akan tetapi Allah berbuat apa yang dikehendaki-Nya. (Q.S. Al-Baqarah : 253)

2. Surah Ali ‘Imran

Di dalam Surah Ali ‘Imran Nabi ‘Isa ‘alaihissalam banyak diceritakan. Pada tulisan ini dijelaskan tentang kelahiran ‘Isa, kerasulannya dan bantahan Allah terhadap orang-orang yang menjadikannya anak tuhan bahkan tuhan. Salah satu ayat yang membahas ‘Isa pada surah ini adalah.

(Ingatlah), ketika Malaikat berkata: "Hai Maryam, sesungguhnya Allah menggembirakan kamu (dengan kelahiran seorang putera yang diciptakan) dengan kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya Al- Masih ‘Isa putera Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah), (Q.S. Ali ‘Imran : 45)

3. Surah An-Nisaa’

Pada surah ini Nabi ‘Isa tidak terlalu banyak dikisahkan, namun pada surah inilah terdapat penjelasan bahwasannya Nabi ‘Isa itu tidak mati dan tidak pula disalib, akan tetapi beliau diangkat ke langit oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Salah satu ayat yang membahas beliau pada surah ini yaitu.

dan karena ucapan mereka: "Sesungguhnya kami telah membunuh Al-Masih, ‘Isa putra Maryam, Rasul Allah", padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan ‘Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) ‘Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah Isa. (Q.S. An-Nisaa’ : 157)


4. Surah Al-Maa’idah

Pada surah ini cukup banyak memuat kisah Nabi ‘Isa ‘alaihissalam, termasuk membahas tentang kerasulannya, mukjizatnya dan juga bantahan terhadap orang-orang yang mengkultuskan ‘Isa. Surah ini juga dinamakan Al-Maa’idah (hidangan) berkenaan dengan pengikut ‘Isa (Al-Hawariyyun) yang meminta diturunkan hidangan (Al-Ma’idah) dari langit. Salah satu ayat yang membahas ‘Isa pada surah ini yakni ayat berikut.

(Ingatlah), ketika Allah mengatakan: "Hai ‘Isa putra Maryam, ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu di waktu Aku menguatkan kamu dengan ruhul qudus. Kamu dapat berbicara dengan manusia di waktu masih dalam buaian dan sesudah dewasa; dan (ingatlah) di waktu Aku mengajar kamu menulis, hikmah, Taurat dan Injil, dan (ingatlah pula) diwaktu kamu membentuk dari tanah (suatu bentuk) yang berupa burung dengan ijin-Ku, kemudian kamu meniup kepadanya, lalu bentuk itu menjadi burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan (ingatlah) di waktu kamu menyembuhkan orang yang buta sejak dalam kandungan ibu dan orang yang berpenyakit sopak dengan seizin-Ku, dan (ingatlah) di waktu kamu mengeluarkan orang mati dari kubur (menjadi hidup) dengan seizin-Ku, dan (ingatlah) di waktu Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuh kamu) di kala kamu mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir diantara mereka berkata: "Ini tidak lain melainkan sihir yang nyata." (Q.S. Al-Maa’idah : 110)

5. Surah Al-An’aam

Pada surah ini Nabi ‘Isa ‘alaihissalam hanya disebutkan saja.

dan Zakaria, Yahya, Isa dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shaleh. (Q.S. Al-An’aam : 85)

6. Surah Maryam

Pada surah ini dijelaskan tentang kelahiran ‘Isa, masa kecilnya, kerasulannya dan juga bantahan Allah terhadap orang-orang yang bersikap berlebihan kepadanya. Salah satu ayat yang membahas ‘Isa pada surah ini yakni.

Itulah ‘Isa putera Maryam, yang mengatakan perkataan yang benar, yang mereka berbantah-bantahan tentang kebenarannya. (Q.S. Maryam : 34)

7. Surah At-Taubah

Pada surah ini dijelaskan tentang bantahan Allah terhadap orang-orang yang bersikap berlebihan kepada rasul-Nya ‘Isa ‘alaihissalam. Allah menjelaskan bahwa dia itu bukan anak tuhan dan juga bukan tuhan.

Orang-orang Yahudi berkata: "Uzair itu putera Allah" dan orang-orang Nasrani berkata: "Al-Masih itu putera Allah." Demikianlah itu ucapan mereka dengan mulut mereka, mereka meniru perkataan orang-orang kafir yang terdahulu. Dilaknati Allah mereka , bagaimana mereka sampai berpaling? (Q.S. At-Taubah : 30)

8. Surah Al-Mu’minuun

Pada surah ini Nabi ‘Isa tidak banyak diceritakan, hanya sekedar keutamaannya beserta ibundanya (Maryam).

Dan telah Kami jadikan (‘Isa) putera Maryam beserta ibunya suatu bukti yang nyata bagi (kekuasaan Kami), dan Kami melindungi mereka di suatu tanah tinggi yang datar yang banyak terdapat padang-padang rumput dan sumber-sumber air bersih yang mengalir. (Q.S. Al-Mu’minuun : 50)

9. Surah Al-Ahzaab

Pada surah ini Nabi ‘Isa hanya disebutkan saja.

Dan (ingatlah) ketika Kami mengambil perjanjian dari nabi-nabi dan dari kamu (sendiri) dari Nuh, Ibrahim, Musa dan ‘Isa putra Maryam, dan Kami telah mengambil dari mereka perjanjian yang teguh. (Q.S. Al-Ahzaab : 7)

10. Surah Asy-Syuura

Pada surah ini Nabi ‘Isa hanya disebutkan saja.

Dia telah mensyari'atkan bagi kamu tentang agama apa yang telah diwasiatkan-Nya kepada Nuh dan apa yang telah Kami wahyukan kepadamu dan apa yang telah Kami wasiatkan kepada Ibrahim, Musa dan ‘Isa yaitu: Tegakkanlah agama dan janganlah kamu berpecah belah tentangnya. Amat berat bagi orang-orang musyrik agama yang kamu seru mereka kepadanya. Allah menarik kepada agama itu orang yang dikehendaki-Nya dan memberi petunjuk kepada (agama)-Nya orang yang kembali (kepada-Nya). (Q.S. Asy-Syuura : 13)

11. Surah Az-Zukhruf

Pada surah ini dijelaskan tentang status kerasulan ‘Isa, keutamaannya dan juga bantahan terhadap orang-orang yang menjadikan dia anak tuhan dan tuhan. Salah satu ayat yang membahas ‘Isa adalah ayat berikut.

Dan tatkala ‘Isa datang membawa keterangan dia berkata: "Sesungguhnya aku datang kepadamu dengan membawa hikmat dan untuk menjelaskan kepadamu sebagian dari apa yang kamu berselisih tentangnya, maka bertakwalah kepada Allah dan taatlah (kepada) ku." (Q.S. Az-Zukhruf : 63)

12. Surah Al-Hadiid

Pada surah ini disebutkan tentang kerasulan ‘Isa.

Kemudian Kami iringi di belakang mereka dengan rasul-rasul Kami dan Kami iringi (pula) dengan ‘Isa putra Maryam; dan Kami berikan kepadanya Injil dan Kami jadikan dalam hati orang- orang yang mengikutinya rasa santun dan kasih sayang. Dan mereka mengada-adakan rahbaniyyah padahal kami tidak mewajibkannya kepada mereka tetapi (mereka sendirilah yang mengada-adakannya) untuk mencari keridhaan Allah, lalu mereka tidak memeliharanya dengan pemeliharaan yang semestinya. Maka Kami berikan kepada orang-orang yang beriman di antara mereka pahalanya dan banyak di antara mereka orang-orang fasik. (Q.S. Al-Hadiid : 27)

13. Surah Ash-Shaff

Pada surah ini dijelaskan mengenai Nabi ‘Isa yang mengabarkan kepada Bani Israil akan kedatangan nabi sesudahnya, yaitu Ahmad. Pada surah ini juga dijelaskan tentang keteguhan pengikut setia Nabi ‘Isa (Al-Hawariyyun). Salah satu ayat yang membahas ‘Isa pada surah ini yakni.

Dan (ingatlah) ketika ‘Isa ibnu Maryam berkata: "Hai Bani Israil, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu, membenarkan kitab sebelumku, yaitu Taurat, dan memberi khabar gembira dengan (datangnya) seorang Rasul yang akan datang sesudahku, yang namanya Ahmad (Muhammad)." Maka tatkala rasul itu datang kepada mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata, mereka berkata: "Ini adalah sihir yang nyata." (Q.S. Ash-Shaff : 6)

Itulah berbagai surah yang menceritakan tentang Nabi ‘Isa ‘alaihissalam. Semoga tulisan ini menambah khazanah pengetahuan dan wawasan kita terhadap agama. Apalagi seputar Nabi ‘Isa yang jarang dibahas oleh orang-orang maupun website Islam. Kedudukan ‘Isa di Islam sudah jelas, yaitu manusia biasa yang dikaruniai nikmat kenabian dan beliau juga sebagai rasul Allah kepada Bani Israil. Jadi beliau tidak lebih hanyalah seorang rasul sebagaimana rasul-rasul lainnya.

Al-Masih putera Maryam itu hanyalah seorang Rasul yang sesungguhnya telah berlalu sebelumnya beberapa rasul, dan ibunya seorang yang sangat benar, kedua-duanya biasa memakan makanan. Perhatikan bagaimana Kami menjelaskan kepada mereka (Ahli Kitab) tanda-tanda kekuasaan (Kami), kemudian perhatikanlah bagaimana mereka berpaling (dari memperhatikan ayat-ayat Kami itu). (Q.S. Al-Maa’idah : 75)


Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.