Header Ads

-

Ayat Al-Quran Tentang Gravitasi

Ayat Al-Quran Tentang Gravitasi
Ayat Al-Quran Tentang Gravitasi
Menurut Newton yang dikemukakan oleh Sir Isaac Newton bahwa setiap benda itu memiliki gaya gravitasi bumi yang menyebabkan sebuah benda itu akan bergerak ke pusat bumi (permukaan bumi). Jauh sebelum Newton lahir, Al-Quran sudah mengatakan hal demikian, bahwa benda itu kalau dilepas/dijatuhkan pasti akan ke bawah.


Pada tulisan kali ini kita akan membahas mengenai ayat-ayat Al-Quran tentang gravitasi.

1
Dan pada sisi Allahlah kunci-kunci semua yang ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji-pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfudz)" (Q.S. Al-An’aam : 59)

Pada ayat di atas menjelaskan mengenai “benda yang jatuh”. Hal ini adalah akibat dari gaya gravitasi.

2
Kemudian setelah itu hatimu menjadi keras seperti batu, bahkan lebih keras lagi. Padahal diantara batu-batu itu sungguh ada yang mengalir sungai-sungai dari padanya dan diantaranya sungguh ada yang terbelah lalu keluarlah mata air dari padanya dan diantaranya sungguh ada yang meluncur jatuh, karena takut kepada Allah. Dan Allah sekali-sekali tidak lengah dari apa yang kamu kerjakan. (Q.S. Al-Baqarah : 74)

Pada ayat di atas disebutkan mengenai “batu yang meluncur jatuh”. Ini adalah salah satu bentuk pengaruh gaya gravitasi.


3
Allah telah menurunkan air (hujan) dari langit, maka mengalirlah air di lembah-lembah menurut ukurannya, maka arus itu membawa buih yang mengambang. Dan dari apa (logam) yang mereka lebur dalam api untuk membuat perhiasan atau alat-alat, ada (pula) buihnya seperti buih arus itu. Demikianlah Allah membuat perumpamaan (bagi) yang benar dan yang bathil. Adapun buih itu, akan hilang sebagai sesuatu yang tak ada harganya; adapun yang memberi manfaat kepada manusia, maka ia tetap di bumi. Demikianlah Allah membuat perumpamaan-perumpamaan. (Q.S. Ar-Ra’d : 17)

Pada ayat di atas dijelaskan bahwa Allah “menurunkan hujan dari langit”. Ke manakah air hujan itu bergerak? Tentu saja ke permukaan bumi

Di ayat lain Allah berfirman,

Dan Kami turunkan dari langit air yang banyak manfaatnya lalu Kami tumbuhkan dengan air itu pohon-pohon dan biji-biji tanaman yang diketam, (Q.S. Qaaf : 9)

4
Maka Jibril menyerunya dari tempat yang rendah: "Janganlah kamu bersedih hati, sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu. Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu, (Q.S. Maryam : 24-25)

Ayat di atas berkisah tentang Maryam yang sedang mengandung ‘Isa lalu pergi dari kaumnya menuju timur. Saat Maryam kelelahan dan merasakan sakit karena kehamilannya, maka dia pun berhenti dan berteduh di bawah pohon kurma. Saat itu Maryam ingin menangis dan berfikir bahwa dia akan dilupakan.

Saat itu pula Allah Ta’ala mengutus Jibril ‘alaihissalam kepada ibunda ‘Isa itu. Jibril pun datang kepada Maryam dan menghiburnya. Setelah itu Jibril memerintahkan Maryam agar menggoyangkan pangkal kurma itu agar buahnya “jatuh”. Fenomena ini adalah salah satu bentuk pengaruh gaya gravitasi.

Ayat-ayat di atas menunjukkan bahwa Al-Quran itu menjelaskan sesuatu, bahkan hukum gravitasi sudah terlebih dahulu dijelaskan Al-Quran.

(Dan ingatlah) akan hari (ketika) Kami bangkitkan pada tiap-tiap umat seorang saksi atas mereka dari mereka sendiri dan Kami datangkan kamu (Muhammad) menjadi saksi atas seluruh umat manusia. Dan Kami turunkan kepadamu Al Kitab (Al Quran) untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri. (Q.S. An-Nahl : 89)

Hal itu semakin memperkuat kebenaran dan kehebatan Al-Quranul Karim. Kitab bukan sembarang kitab. Tetapi Kitab yang datang dari Allah Ta’ala dan Dia sendiri yang menjaganya. Semoga pembahasan ini menambah wawasan dan pengetahuan kita mengenai ilmu agama, sehingga kita pun lebih-lebih lagi mencintai Islam dan Al-Quran.


Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.