Header Ads

-

Ayat Al-Quran Tentang Kitab Zabur

Ayat Al-Quran Tentang Kitab Zabur
Ayat Al-Quran Tentang Kitab Zabur
Di dalam Al-Quran kitab Zabur disebutkan beberapa kali dan sebagian yang lainnya disebutkan secara tersirat. Secara umum kitab Zabur itu adalah kitab yang Allah turunkan kepada kekasih-Nya Dawud ‘alaihissalam, ayah dari Nabi Sulaiman ‘alaihissalam. Kitab Zabur adalah salah satu kitab yang wajib kita imani selain Taurat, Injil dan Al-Quran.


Akan tetapi penyebutan Zabur di dalam Al-Quran tidak semuanya dimaksudkan kepada kitab Zabur yang diturunkan Allah kepada Dawud ‘alaihissalam. Terkadang Zabur itu dimaksudkan kepada kitab-kitab ataupun lembaran-lembaran yang diwahyukan kepada nabi-nabi sebelum Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1
Jika mereka mendustakan kamu, maka sesungguhnya rasul-rasul sebelum kamupun telah didustakan (pula), mereka membawa mukjizat-mukjizat yang nyata, Zabur dan kitab yang memberi penjelasan yang sempurna. (Q.S. Ali ‘Imran : 184)

Zabur yang dimaksud pada ayat ini adalah lembaran-lembaran yang berisi wahyu yang diberikan kepada nabi-nabi sebelum Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam yang isinya mengandung hikmah-hikmah.

2
Dan sungguh telah Kami tulis didalam Zabur sesudah (Kami tulis dalam) Lauh Mahfuzh, bahwasanya bumi ini dipusakai hamba-hamba-Ku yang saleh. (Q.S. Al-Anbiyaa’ : 105)

Yang dimaksud dengan Zabur pada ayat ini ialah seluruh kitab yang diturunkan Allah kepada nabi-nabi-Nya. Sebagian ahli tafsir mengartikan Zabur ini dengan kitab yang diturunkan kepada Nabi Dawud ‘alaihissalam sehingga dengan demikian Adz-Dzikr di sini artinya ialah kitab Taurat.

3
Mereka (tentara Thalut) mengalahkan tentara Jalut dengan izin Allah dan (dalam peperangan itu) Daud membunuh Jalut, kemudian Allah memberikan kepadanya (Dawud) pemerintahan dan hikmah (sesudah meninggalnya Thalut) dan mengajarkan kepadanya apa yang dikehendaki-Nya. Seandainya Allah tidak menolak (keganasan) sebahagian umat manusia dengan sebagian yang lain, pasti rusaklah bumi ini. Tetapi Allah mempunyai karunia (yang dicurahkan) atas semesta alam. (Q.S. Al-Baqarah : 251)

Yang dimaksud “hikmah” pada ayat di atas adalah kenabian dan Kitab Zabur.

(Baca Juga : Selamat Kepada Ateis)

4
Sesungguhnya Kami telah memberikan wahyu kepadamu sebagaimana Kami telah memberikan wahyu kepada Nuh dan nabi-nabi yang kemudiannya, dan Kami telah memberikan wahyu (pula) kepada Ibrahim, Isma'il, Ishaq, Ya'qub dan anak cucunya, ‘Isa, Ayyub, Yunus, Harun dan Sulaiman. Dan Kami berikan Zabur kepada Daud. (Q.S. An-Nisaa’ : 163)

Ayat di atas memang dimaksudkan Zabur yang diwahyukan Allah Ta’ala kepada Dawud ‘alaihissalam.

5
Dan Tuhanmu lebih mengetahui siapa yang (ada) di langit dan di bumi. Dan sesungguhnya telah Kami lebihkan sebagian nabi-nabi itu atas sebagian (yang lain), dan Kami berikan Zabur kepada Daud. (Q.S. Al-Israa’ : 55)

6
Dan Sulaiman telah mewarisi Daud, dan dia berkata: "Hai Manusia, kami telah diberi pengertian tentang suara burung dan kami diberi segala sesuatu. Sesungguhnya (semua) ini benar-benar suatu kurnia yang nyata." (Q.S. An-Naml : 16)

Maksudnya ayat “mewarisi Daud” adalah Nabi Sulaiman ‘alaihissalam menggantikan kenabian dan kerajaan Nabi Dawud ‘alaihissalam serta mewarisi ilmu pengetahuannya dan kitab Zabur yang diturunkan kepadanya.

7
Berkatalah seorang yang mempunyai ilmu dari AI-Kitab: "Aku akan membawa singgasana itu kepadamu sebelum matamu berkedip." Maka tatkala Sulaiman melihat singgasana itu terletak di hadapannya, iapun berkata: "Ini termasuk kurnia Tuhanku untuk mencoba aku apakah aku bersyukur atau mengingkari (akan nikmat-Nya). Dan barangsiapa yang bersyukur maka sesungguhnya dia bersyukur untuk (kebaikan) dirinya sendiri dan barangsiapa yang ingkar, maka sesungguhnya Tuhanku Maha Kaya lagi Maha Mulia." (Q.S. An-Naml : 40)

Al-Kitab yang dimaksud pada ayat di atas adalah Kitab yang diturunkan sebelum Nabi Sulaiman ‘alaihissalam, yakni Taurat dan Zabur.

8
di dalamnya terdapat (isi) Kitab-kitab yang lurus. (Q.S. Al-Bayyinah : 3)

Yang dimaksud dengan “isi kitab-kitab yang lurus” adalah isi kitab-kitab yang diturunkan kepada nabi-nabi seperti Taurat, Zabur, dan Injil yang murni.

Itulah berbagai ayat Al-Quran yang membahas mengenai Kitab Zabur. Semoga pembahasan ini menambah wawasan dan khazanah pengetahuan Islam kita.


Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.