Header Ads

-

Ayat Al-Quran Tentang Langit

Ayat Al-Quran Tentang Langit
Ayat Al-Quran Tentang Langit
Allah Tabaraka Wa Ta’ala banyak menjelaskan mengenai langit. Allah Subhanahu Wa Ta’ala banyak menyebutkan tentang tujuan diciptakannya langit, penciptaan langit dan lain sebagainya. Di dalam Al-Quran langit terkadang disebut “As-Samaa’” dan terkadang juga disebut “As-samaawaat”. Penyebutan langit biasanya diiringi dengan penyebutan bumi, misalnya adalah “sesungguhnya pada penciptaan langit dan bumi”.


Pada tulisan kali ini kita akan membahas mengenai ayat-ayat Al-Quran tentang langit. Simak selengkapnya pada tulisan ini.

Allah-lah yang telah menciptakan langit seperti yang kita lihat saat ini

Segala puji bagi Allah Yang telah menciptakan langit dan bumi dan mengadakan gelap dan terang, namun orang-orang yang kafir mempersekutukan (sesuatu) dengan Tuhan mereka. (Q.S. Al-An’aam : 1)

Allah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa

Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas 'Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam. (Q.S. Al-A’raaf : 54)

Penciptaan langit adalah salah satu tanda-tanda kebesaran Allah Jalla Jalaluh

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan. (Q.S. Al-Baqarah : 164)

Allah menjadikan langit sebagai atap

Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui. (Q.S. Al-Baqarah : 22)

Kepada Allah segala yang ada di langit dan di bumi bersujud kepada-Nya

Apakah kamu tiada mengetahui, bahwa kepada Allah bersujud apa yang ada di langit, di bumi, matahari, bulan, bintang, gunung, pohon-pohonan, binatang-binatang yang melata dan sebagian besar daripada manusia? Dan banyak di antara manusia yang telah ditetapkan azab atasnya. Dan barangsiapa yang dihinakan Allah maka tidak seorangpun yang memuliakannya. Sesungguhnya Allah berbuat apa yang Dia kehendaki. (Q.S. Al-Hajj : 18)

Semua yang ada di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah

Telah bertasbih kepada Allah apa yang ada di langit dan bumi; dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (Q.S. Al-Hasyr : 1)

Hujan turun dari langit (awan)

Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman. (Q.S. Al-An’aam : 99)

Sesungguhnya Kami benar-benar telah mencurahkan air (dari langit), (Q.S. ‘Abasa : 25)

Allah tidak menciptakan langit dengan sia-sia

Allah menciptakan langit dan bumi dengan hak. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi orang-orang mukmin. (Q.S. Al-‘Ankabuut : 44)

Kami tiada menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya melainkan dengan (tujuan) yang benar dan dalam waktu yang ditentukan. Dan orang-orang yang kafir berpaling dari apa yang diperingatkan kepada mereka. (Q.S. Al-Ahqaaf : 3)

Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya dengan bermain-main. Kami tidak menciptakan keduanya melainkan dengan haq, tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui. (Q.S. Ad-Dukhaan : 38-39)


Allah-lah yang memelihara langit

Tuhan Yang memelihara langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya, jika kamu adalah orang yang meyakini. (Q.S. Ad-Dukhaan : 7)

Allah bersumpah dengan diri-Nya, yaitu Tuhan langit dan bumi

Maka demi Tuhan langit dan bumi, sesungguhnya yang dijanjikan itu adalah benar-benar (akan terjadi) seperti perkataan yang kamu ucapkan. (Q.S. Adz-Dzaariyaat : 23)

Allah bersumpah dengan langit

Demi langit yang mempunyai jalan-jalan, (Q.S. Adz-Dzaariyaat : 7)

Allah mengazab kaum Luth dengan menurunkan hujan batu dari langiy

Sesungguhnya Kami akan menurunkan azab dari langit atas penduduk kota ini karena mereka berbuat fasik. (Q.S. Al-‘Ankabuut : 34)

Allah mengetahui apa saja yang ada di langit dan di bumi

Katakanlah: "Cukuplah Allah menjadi saksi antaraku dan antaramu. Dia mengetahui apa yang di langit dan di bumi. Dan orang-orang yang percaya kepada yang batil dan ingkar kepada Allah, mereka itulah orang-orang yang merugi. (Q.S. Al-‘Ankabuut : 52)

Allah-lah yang mempunyai kerajaan langit

Katakanlah: "Hai manusia sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu semua, yaitu Allah Yang mempunyai kerajaan langit dan bumi; tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Yang menghidupkan dan mematikan, maka berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya, Nabi yang ummi yang beriman kepada Allah dan kepada kalimat-kalimat-Nya (kitab-kitab-Nya) dan ikutilah dia, supaya kamu mendapat petunjuk." (Q.S. Al-A’raaf : 158)

Pada hari kiamat langit akan digulung Allah

(Yaitu) pada hari Kami gulung langit sebagai menggulung lembaran-lembaran kertas. Sebagaimana Kami telah memulai panciptaan pertama begitulah Kami akan mengulanginya. Itulah suatu janji yang pasti Kami tepati; sesungguhnya Kamilah yang akan melaksanakannya. (Q.S. Al-Anbiyaa’ : 104)

Pada hari kiamat langit terpecah belah

Dan (ingatlah) hari (ketika) langit pecah belah mengeluarkan kabut putih dan diturunkanlah malaikat bergelombang-gelombang. (Q.S. Al-Furqaan : 25)

Pada hari kiamat langit terbelah

dan terbelahlah langit, karena pada hari itu langit menjadi lemah. (Q.S. Al-Haaqqah : 16)

Pada hari kiamat langit bergoncang

pada hari ketika langit benar-benar bergoncang, (Q.S. Ath-Thuur : 9)

Sebelumnya langit dan bumi itu dulunya satu, tetapi kemudian Allah memisahkan keduanya

Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman? (Q.S. Al-Anbiyaa’ : 30)

Allah menciptakan 7 langit yang bertingkat-tingkat

Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah menciptakan tujuh langit bertingkat-tingkat? (Q.S. Nuh : 15)

Allah menciptakan 7 langit dalam 2 masa

Maka Dia menjadikannya tujuh langit dalam dua masa. Dia mewahyukan pada tiap-tiap langit urusannya. Dan Kami hiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang yang cemerlang dan Kami memeliharanya dengan sebaik-baiknya. Demikianlah ketentuan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui. (Q.S. Fushshilat : 12)

Hampir-hampir langit pecah karena ada yang mengatakan bahwa Allah mempunyai anak

hampir-hampir langit pecah karena ucapan itu, dan bumi belah, dan gunung-gunung runtuh, (Q.S. Maryam : 90)

Itulah berbagai ayat-ayat Al-Quran tentang langit. Sebenarnya masih banyak ayat-ayat Al-Quran yang menjelaskan mengenai langit, akan tetapi kami cukupkan sampai di sini karena sepertinya ayat-ayat di atas sudah mewakili semuanya. Semoga tulisan ini menambah wawasan kita mengenai Al-Quran dan Islam serta menambah keimanan kita kepada Allah Jalla Jalaluh.


Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.