Header Ads

-

Surah-Surah Yang Menceritakan Ibrahim

Surah-Surah Yang Menceritakan Ibrahim
Surah-Surah Yang Menceritakan Ibrahim
Ibrahim ‘alaihissalam adalah salah seorang di antara utusan Allah Ta’ala di muka bumi ini. Nabi Ibrahim adalah ayah dari Nabi Isma’il dan Ishaq ‘alaihissalam. Ibrahim juga memiliki seorang ayah yang sangat ingkar yaitu Azar (sebagian ulama tafsir berpendapat bahwa Azar adalah pamannya). Nabi Ibrahim juga salah seorang dari Rasul Ulul Azmi. Nabi Ibrahim memiliki julukan Khalilullah, artinya kekasih/kesayangan Allah. Nabi Ibrahim adalah salah satu nabi yang sering diceritakan Al-Quranul Karim, bahkan surah ke-14 dinamakan dengan Surah Ibrahim.


Pada tulisan kali ini kita akan membahas mengenai surah-surah Al-Quran yang menceritakan tentang Ibrahim ‘alaihissalam.

1. Surah Adz-Dzaariyaat

Pada surah ini dikisahkan tentang tamu-tamu Ibrahim ‘alaihissalam yaitu para malaikat yang datang ke rumah Ibrahim untuk memberikan informasi-informasi penting.

Sudahkah sampai kepadamu (Muhammad) cerita tentang tamu Ibrahim (yaitu malaikat-malaikat) yang dimuliakan? (Q.S. Adz-Dzaariyaat : 24)

2. Surah Al-‘Ankabuut

Pada surah ini Nabi Ibrahim ‘alaihissalam diceritakan cukup banyak.

Dan (ingatlah) Ibrahim, ketika ia berkata kepada kaumnya: "Sembahlah olehmu Allah dan bertakwalah kepada-Nya. Yang demikian itu adalah lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui. (Q.S. Al-‘Ankabuut : 16)

3. Surah Al-A’laa

Pada surah ini hanya disebutkan tentang suhuf Ibrahim ‘alaihissalam dan isinya.

(yaitu) Kitab-kitab Ibrahim dan Musa. (Q.S. Al-A’laa : 19)

4. Surah Al-Ahzaab

Pada surah ini Nabi Ibrahim ‘alaihissalam hanya disebutkan saja.

Dan (ingatlah) ketika Kami mengambil perjanjian dari nabi-nabi dan dari kamu (sendiri) dari Nuh, Ibrahim, Musa dan Isa putra Maryam, dan Kami telah mengambil dari mereka perjanjian yang teguh. (Q.S. Al-Ahzaab : 7)

5. Surah Al-An’aam

Pada surah ini dikisahkan tentang Nabi Ibrahim ‘alaihissalam yang berdakwah kepada ayahnya yakni Azar.

Dan (ingatlah) di waktu Ibrahim berkata kepada bapaknya, Aazar, "Pantaskah kamu menjadikan berhala-berhala sebagai tuhan-tuhan? Sesungguhnya aku melihat kamu dan kaummu dalam kesesatan yang nyata." (Q.S. Al-An’aam : 74)

6. Surah Al-Anbiyaa’

Pada surah ini banyak diceritakan kisah Nabi Ibrahim ‘alaihissalam.

Dan sesungguhnya telah Kami anugerahkan kepada Ibrahim hidayah kebenaran sebelum (Musa dan Harun), dan adalah Kami mengetahui (keadaan)nya. (Q.S. Al-Anbiyaa’ : 51)

7. Surah Al-Baqarah

Pada surah ini Nabi Ibrahim ‘alaihissalam diceritakan sangatlah banyak, mulai dari ujian Allah kepadanya, keutamaannya dan juga mengenai Ka’bah (Baitullah).

Dan (ingatlah), ketika Ibrahim diuji Tuhannya dengan beberapa kalimat (perintah dan larangan), lalu Ibrahim menunaikannya. Allah berfirman: "Sesungguhnya Aku akan menjadikanmu imam bagi seluruh manusia". Ibrahim berkata: "(Dan saya mohon juga) dari keturunanku". Allah berfirman: "Janji-Ku (ini) tidak mengenai orang yang zalim". (Q.S. Al-Baqarah : 124)

8. Surah Al-Hadiid

Pada surah ini Nabi Ibrahim ‘alaihissalam hanya disebutkan saja.

Dan sesungguhnya Kami telah mengutus Nuh dan Ibrahim dan Kami jadikan kepada keturunan keduanya kenabian dan Al Kitab, maka di antara mereka ada yang menerima petunjuk dan banyak di antara mereka fasik. (Q.S. Al-Hadiid : 26)

9. Surah Al-Hajj

Pada surah ini dikisahkan tentang Nabi Ibrahim ‘alaihissalam dengan Baitullah Ka’bah.

Dan (ingatlah), ketika Kami memberikan tempat kepada Ibrahim di tempat Baitullah (dengan mengatakan): "Janganlah kamu memperserikatkan sesuatupun dengan Aku dan sucikanlah rumah-Ku ini bagi orang-orang yang thawaf, dan orang-orang yang beribadat dan orang-orang yang ruku' dan sujud. (Q.S. Al-Hajj : 26)

10. Surah Al-Hijr

Pada surah ini diceritakan mengenai tamu-tamu Nabi Ibrahim ‘alaihissalam, yakni para malaikat.

Dan kabarkanlah kepada mereka tentang tamu-tamu Ibrahim. (Q.S. Al-Hijr : 51)

11. Surah Al-Mumtahanah

Pada surah ini disebutkan tentang keutamaan Nabi Ibrahim ‘alaihissalam dan perintah Allah agar menjadikan Ibrahim sebagai suri teladan bagi kita.

Sesungguhnya telah ada suri tauladan yang baik bagimu pada Ibrahim dan orang-orang yang bersama dengan dia; ketika mereka berkata kepada kaum mereka: "Sesungguhnya kami berlepas diri daripada kamu dari daripada apa yang kamu sembah selain Allah, kami ingkari (kekafiran)mu dan telah nyata antara kami dan kamu permusuhan dan kebencian buat selama-lamanya sampai kamu beriman kepada Allah saja. Kecuali perkataan Ibrahim kepada bapaknya: "Sesungguhnya aku akan memohonkan ampunan bagi kamu dan aku tiada dapat menolak sesuatupun dari kamu (siksaan) Allah." (Ibrahim berkata): "Ya Tuhan kami hanya kepada Engkaulah kami bertawakkal dan hanya kepada Engkaulah kami bertaubat dan hanya kepada Engkaulah kami kembali." (Q.S. Al-Mumtahanah : 4)


12. Surah Ali ‘Imran

Pada surah ini disebutkan tentang bantahan Allah terhadap Ahli Kitab tentang Ibrahim dan juga beberapa kisah Nabi Ibrahim ‘alaihissalam.

Hai Ahli Kitab, mengapa kamu bantah membantah tentang hal Ibrahim, padahal Taurat dan Injil tidak diturunkan melainkan sesudah Ibrahim. Apakah kamu tidak berpikir? (Q.S. Ali ‘Imran : 64)

13. Surah An-Nahl

Pada surah ini disebutkan tentang keutamaan Nabi Ibrahim ‘alaihissalam dan mengenai millah Ibrahim.

Sesungguhnya Ibrahim adalah seorang imam yang dapat dijadikan teladan lagi patuh kepada Allah dan hanif. Dan sekali-kali bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan (Tuhan), (Q.S. An-Nahl : 120)

14. Surah An-Najm

Pada surah ini hanya disebutkan tentang suhuf Ibrahim.

dan lembaran-lembaran Ibrahim yang selalu menyempurnakan janji? (Q.S. An-Najm : 37)

15. Surah An-Nisaa’

Pada surah ini disebutkan tentang keutamaan Nabi Ibrahim ‘alaihissalam dan juga millahnya.

Dan siapakah yang lebih baik agamanya dari pada orang yang ikhlas menyerahkan dirinya kepada Allah, sedang diapun mengerjakan kebaikan, dan ia mengikuti agama Ibrahim yang lurus? Dan Allah mengambil Ibrahim menjadi kesayangan-Nya. (Q.S. An-Nisaa’ : 125)

16. Surah Ash-Shaaffaat

Pada surah ini kisah Nabi Ibrahim ‘alaihissalam diceritakan cukup banyak.

Dan sesungguhnya Ibrahim benar-benar termasuk golongannya (Nuh). (Q.S. Ash-Shaaffaat : 83)

17. Surah Asy-Syu’araa’

Pada surah ini cukup banyak menceritakan tentang kisah Ibrahim ‘alaihissalam

Dan bacakanlah kepada mereka kisah Ibrahim. (Q.S. Asy-Syu’araa’ : 69)

18. Surah Asy-Syuura

Pada surah ini Nabi Ibrahim ‘alaihissalam hanya disebutkan saja.

Dia telah mensyari'atkan bagi kamu tentang agama apa yang telah diwasiatkan-Nya kepada Nuh dan apa yang telah Kami wahyukan kepadamu dan apa yang telah Kami wasiatkan kepada Ibrahim, Musa dan Isa yaitu: Tegakkanlah agama dan janganlah kamu berpecah belah tentangnya. Amat berat bagi orang-orang musyrik agama yang kamu seru mereka kepadanya. Allah menarik kepada agama itu orang yang dikehendaki-Nya dan memberi petunjuk kepada (agama)-Nya orang yang kembali (kepada-Nya). (Q.S. Asy-Syuura : 13)

19. Surah At-Taubah

Pada surah ini Allah menjelaskan mengenai Nabi Ibrahim ‘alaihissalam yang memohon ampun untuk ayahnya.

Dan permintaan ampun dari Ibrahim (kepada Allah) untuk bapaknya tidak lain hanyalah karena suatu janji yang telah diikrarkannya kepada bapaknya itu. Maka, tatkala jelas bagi Ibrahim bahwa bapaknya itu adalah musuh Allah, maka Ibrahim berlepas diri dari padanya. Sesungguhnya Ibrahim adalah seorang yang sangat lembut hatinya lagi penyantun. (Q.S. At-Taubah : 114)

20. Surah Az-Zukhruf

Pada surah ini kisah Nabi Ibrahim ‘alaihissalam diceritakan cukup lengkap.

Dan ingatlah ketika Ibrahim berkata kepada bapaknya dan kaumnya: "Sesungguhnya aku tidak bertanggung jawab terhadap apa yang kamu sembah, (Q.S. Az-Zukhruf : 26)

21. Surah Huud

Pada surah ini disebutkan tentang kisah Ibrahim ‘alaihissalam dan tamunya.

Dan sesungguhnya utusan-utusan Kami (malaikat-malaikat) telah datang kepada lbrahim dengan membawa kabar gembira, mereka mengucapkan: "Selamat." Ibrahim menjawab: "Selamatlah," maka tidak lama kemudian Ibrahim menyuguhkan daging anak sapi yang dipanggang. (Q.S. Huud : 69)

22. Surah Ibrahim

Pada surah ini disebutkan tentang doa-doa Nabi Ibrahim ‘alaihissalam.

Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berkata: "Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini (Mekah), negeri yang aman, dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku daripada menyembah berhala-berhala. (Q.S. Ibrahim : 35)

23. Surah Maryam

Pada surah ini dijelaskan tentang dakwah Ibrahim ‘alaihissalam kepada ayahnya (Azar) dan Nabi Ibrahim ‘alaihissalam berlepas diri dari kekafiran ayahnya.

Ceritakanlah (Hai Muhammad) kisah Ibrahim di dalam Al-Kitab (Al-Quran) ini. Sesungguhnya ia adalah seorang yang sangat membenarkan lagi seorang Nabi. (Q.S. Maryam : 41)

24. Surah Shaad

Pada surah ini Nabi Ibrahim ‘alaihissalam hanya disebutkan saja.

Dan ingatlah hamba-hamba Kami: Ibrahim, Ishaq dan Ya'qub yang mempunyai perbuatan-perbuatan yang besar dan ilmu-ilmu yang tinggi. (Q.S. Shaad : 45)

25. Surah Yusuf

Pada surah ini Nabi Ibrahim ‘alaihissalam hanya disebutkan.

Dan aku pengikut agama bapak-bapakku yaitu Ibrahim, Ishak dan Ya'qub. Tiadalah patut bagi kami (para Nabi) mempersekutukan sesuatu apapun dengan Allah. Yang demikian itu adalah dari karunia Allah kepada kami dan kepada manusia (seluruhnya); tetapi kebanyakan manusia tidak mensyukuri (Nya). (Q.S. Yusuf : 38)

Itulah berbagai surah-surah yang menceritakan kekasih Allah Ibrahim ‘alaihissalam. Semoga pembahasan kita ini menambah wawasan dan pengetahuan kita sehingga kita dapat meningkatkan ketaqwaan dan kecintaan kita kepada Allah dan para nabi-Nya.


Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.