Header Ads

-

Surah-Surah Yang Menceritakan Nuh

Surah-Surah Yang Menceritakan Nuh
Surah-Surah Yang Menceritakan Nuh

Nabi Nuh ‘alaihissalam adalah nabi sekaligus rasul yang diutus Allah Ta’ala kepada umat manusia untuk mengajak mereka kembali menyembah Allah yang satu dan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu apapun. Kaum Nabi Nuh ‘alaihissalam saat itu membuat patung orang sholih dan menjadikannya sebagai sesembahan mereka. Nabi Nuh ‘alaihissalam adalah salah satu rasul ulul ‘azmi. Nabi Nuh ‘alaihissalam juga salah satu nabi yang sangat sering dikisahkan Al-Quranul Karim.


Pada tulisan kali ini kita akan membahas mengenai surah-surah Al-Quran yang menceritakan kekasih Allah Nuh ‘alaihissalam.

1. Surah Nuh

Pada surah Nuh ini semua ayatnya mengisahkan tentang Nabi Nuh ‘alaihissalam, seperti dakwah Nabi Nuh, sikap kaum Nuh, bahkan kisah Nabi Nuh saat mengadu kepada Allah Ta’ala.

Sesungguhnya Kami telah mengutus Nuh kepada kaumnya (dengan memerintahkan): "Berilah kaummu peringatan sebelum datang kepadanya azab yang pedih", (Q.S. Nuh : 1)

2. Surah Al-Qamar

Pada surah ini dijelaskan secara ringkas mengenai kisah Nabi Nuh dan bagaimana tindakan kaumnya yang mendurhakai Allah dan Nuh ‘alaihissalam.

Sebelum mereka, telah mendustakan (pula) kamu Nuh, maka mereka mendustakan hamba Kami (Nuh) dan mengatakan: "Dia seorang gila dan dia sudah pernah diberi ancaman). (Q.S. Al-Qamar : 9)

3. Surah Al-Mu’minuun

Pada surah ini disebutkan beberapa kisah Nabi Nuh ‘alaihissalam saat berdakwah kepada kaumnya.

Dan sesungguhnya Kami telah mengutus Nuh kepada kaumnya, lalu ia berkata: "Hai kaumku, sembahlah oleh kamu Allah, (karena) sekali-kali tidak ada Tuhan bagimu selain Dia. Maka mengapa kamu tidak bertakwa (kepada-Nya)?" (Q.S. Al-Mu’minuun : 23)

4. Surah Huud

Pada sudah ini dijelaskan mengenai dakwah Nabi Nuh ‘alaihissalam dan juga kisah banjir dahsyat.

Dan sesungguhnya Kami telah mengutus Nuh kepada kaumnya, (dia berkata): "Sesungguhnya aku adalah pemberi peringatan yang nyata bagi kamu, (Q.S. Huud : 25)

5. Surah Al-‘Ankabuut

Pada surah ini nabi Nuh ‘alaihissalam tidak diceritakan begitu banyak.

Dan sesungguhnya Kami telah mengutus Nuh kepada kaumnya, maka ia tinggal di antara mereka seribu tahun kurang lima puluh tahun. Maka mereka ditimpa banjir besar, dan mereka adalah orang-orang yang zalim. (Q.S. Al-‘Ankabuut : 14)

6. Surah Al-A’raaf

Pada tulisan ini dibahas sedikit mengenai kisah Nabi Nuh ‘alaihissalam dan dakwahnya kepada kaumnya.

Sesungguhnya Kami telah mengutus Nuh kepada kaumnya lalu ia berkata: "Wahai kaumku sembahlah Allah, sekali-kali tak ada Tuhan bagimu selain-Nya." Sesungguhnya (kalau kamu tidak menyembah Allah), aku takut kamu akan ditimpa azab hari yang besar (kiamat). (Q.S. Al-A’raaf : 59)

7. Surah Al-Ahzaab

Pada surah ini Nabi Nuh ‘alaihissalam hanya disebutkan saja.

Dan (ingatlah) ketika Kami mengambil perjanjian dari nabi-nabi dan dari kamu (sendiri) dari Nuh, Ibrahim, Musa dan Isa putra Maryam, dan Kami telah mengambil dari mereka perjanjian yang teguh. (Q.S. Al-Ahzaab : 7)

8. Surah Al-An’aam

Pada surah ini Nabi Nuh hanya disebutkan saja sekali.

Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yaqub kepadanya. Kepada keduanya masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan kepada Nuh sebelum itu (juga) telah Kami beri petunjuk, dan kepada sebahagian dari keturunannya (Nuh) yaitu Daud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa dan Harun. Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. (Q.S. Al-An’aam : 84)

9. Surah Al-Anbiyaa’

Pada surah ini Nabi Nuh hanya dikisahkan sedikit saja.

Dan (ingatlah kisah) Nuh, sebelum itu ketika dia berdoa, dan Kami memperkenankan doanya, lalu Kami selamatkan dia beserta keluarganya dari bencana yang besar. (Q.S. Al-Anbiyaa’ : 76)

10. Surah Al-Furqaan

Pada surah ini disebutkan tentang kaum Nabi Nuh yang diazab Allah Ta’ala.

Dan (telah Kami binasakan) kaum Nuh tatkala mereka mendustakan rasul-rasul. Kami tenggelamkan mereka dan kami jadikan (cerita) mereka itu pelajaran bagi manusia. Dan Kami telah menyediakan bagi orang-orang zalim azab yang pedih; (Q.S. Al-Furqaan : 37)

11. Surah Al-Hadiid

Pada surah ini disebutkan tentang pengutusan Nabi Nuh ‘alaihissalam.

Dan sesungguhnya Kami telah mengutus Nuh dan Ibrahim dan Kami jadikan kepada keturunan keduanya kenabian dan Al-Kitab, maka di antara mereka ada yang menerima petunjuk dan banyak di antara mereka fasik. (Q.S. Al-Hadiid : 26)

12. Surah Al-Hajj

Pada surah ini Allah menyebut beberapa umat durhaka, salah satunya adalah kaum Nuh.

Dan jika mereka (orang-orang musyrik) mendustakan kamu, maka sesungguhnya telah mendustakan juga sebelum mereka kaum Nuh, 'Aad dan Tsamud, (Q.S. Al-Hajj : 42)

13. Surah Al-Israa’

Pada surah ini disebutkan tentang azab yang menimpa kaum sesudah Nuh ‘alaihissalam.

Dan berapa banyaknya kaum sesudah Nuh telah Kami binasakan. Dan cukuplah Tuhanmu Maha Mengetahui lagi Maha Melihat dosa hamba-hamba-Nya. (Q.S. Al-Israa’ : 17)


14. Surah Al-Mu’min

Pada surah ini dijelaskan tentang sikap umat Nuh kepada Nabi Nuh ‘alaihissalam.

Sebelum mereka, kaum Nuh dan golongan-golongan yang bersekutu sesudah mereka telah mendustakan (rasul) dan tiap-tiap umat telah merencanakan makar terhadap rasul mereka untuk menawannya dan mereka membantah dengan (alasan) yang batil untuk melenyapkan kebenaran dengan yang batil itu; karena itu Aku azab mereka. Maka betapa (pedihnya) azab-Ku? (Q.S. Al-Mu’min : 5)

15. Surah An-Najm

Pada surah ini Allah menceritakan tentang kaum Nuh.

Dan kaum Nuh sebelum itu. Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang paling zalim dan paling durhaka, (Q.S. An-Najm : 52)

16. Surah An-Nisaa’

Pada surah ini Allah hanya menyebutkan Nuh saja.

Sesungguhnya Kami telah memberikan wahyu kepadamu sebagaimana Kami telah memberikan wahyu kepada Nuh dan nabi-nabi yang kemudiannya, dan Kami telah memberikan wahyu (pula) kepada Ibrahim, Isma'il, Ishak, Ya'qub dan anak cucunya, Isa, Ayyub, Yunus, Harun dan Sulaiman. Dan Kami berikan Zabur kepada Daud. (Q.S. An-Nisaa’ : 163)

17. Surah Ash-Shaaffaat

Pada surah ini dijelaskan tentang seruan Nuh kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Sesungguhnya Nuh telah menyeru Kami: maka sesungguhnya sebaik-baik yang memperkenankan (adalah Kami). (Q.S. Ash-Shaaffaat : 75)

18. Surah Asy-Syu’araa’

Pada surah ini dijelaskan mengenai Nuh dan kaumnya.

Mereka berkata: "Sungguh jika kamu tidak (mau) berhenti hai Nuh, niscaya benar-benar kamu akan termasuk orang-orang yang dirajam." (Q.S. Asy-Syu’araa’ : 116)

19. Surah Asy-Syuura

Pada surah ini Allah Ta’ala hanya menyebut Nuh saja, tidak menceritakan kisahnya.

Dia telah mensyari'atkan bagi kamu tentang agama apa yang telah diwasiatkan-Nya kepada Nuh dan apa yang telah Kami wahyukan kepadamu dan apa yang telah Kami wasiatkan kepada Ibrahim, Musa dan Isa yaitu: Tegakkanlah agama dan janganlah kamu berpecah belah tentangnya. Amat berat bagi orang-orang musyrik agama yang kamu seru mereka kepadanya. Allah menarik kepada agama itu orang yang dikehendaki-Nya dan memberi petunjuk kepada (agama)-Nya orang yang kembali (kepada-Nya). (Q.S. Asy-Syuura : 13)

20. Surah At-Tahrim

Pada surah ini Allah Ta’ala membuat perumpamaan istri Nuh yang durhaka dan ingkar.

Allah membuat isteri Nuh dan isteri Luth sebagai perumpamaan bagi orang-orang kafir. Keduanya berada di bawah pengawasan dua orang hamba yang saleh di antara hamba-hamba Kami; lalu kedua isteri itu berkhianat kepada suaminya (masing-masing), maka suaminya itu tiada dapat membantu mereka sedikitpun dari (siksa) Allah; dan dikatakan (kepada keduanya): "Masuklah ke dalam jahannam bersama orang-orang yang masuk (jahannam)." (Q.S. At-Tahrim : 10)

21. Surah At-Taubah

Pada surah ini Allah menyebutkan beberapa kaum yang durhaka, salah satunya adalah kaum Nuh.

Belumkah datang kepada mereka berita penting tentang orang-orang yang sebelum mereka, (yaitu) kaum Nuh, 'Aad, Tsamud, kaum Ibrahim, penduduk Madyan dan negeri-negeri yang telah musnah?. Telah datang kepada mereka rasul-rasul dengan membawa keterangan yang nyata, maka Allah tidaklah sekali-kali menganiaya mereka, akan tetapi merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri. (Q.S. At-Taubah : 70)

22. Surah Ibrahim

Pada surah ini dijelaskan bagaimana keingkaran kaum-kaum zalim kepada para rasul utusan Allah.

Belumkah sampai kepadamu berita orang-orang sebelum kamu (yaitu) kaum Nuh, 'Ad, Tsamud dan orang-orang sesudah mereka. Tidak ada yang mengetahui mereka selain Allah. Telah datang rasul-rasul kepada mereka (membawa) bukti-bukti yang nyata lalu mereka menutupkan tangannya ke mulutnya (karena kebencian), dan berkata: "Sesungguhnya kami mengingkari apa yang kamu disuruh menyampaikannya (kepada kami), dan sesungguhnya kami benar-benar dalam keragu-raguan yang menggelisahkan terhadap apa yang kamu ajak kami kepadanya." (Q.S. Ibrahim : 9)

23. Surah Maryam

Pada surah ini disebutkan tentang kaum Nuh yang diangkut Allah ke dalam kapal besar.

Mereka itu adalah orang-orang yang telah diberi nikmat oleh Allah, yaitu para nabi dari keturunan Adam, dan dari orang-orang yang Kami angkat bersama Nuh, dan dari keturunan Ibrahim dan Israil, dan dari orang-orang yang telah Kami beri petunjuk dan telah Kami pilih. Apabila dibacakan ayat-ayat Allah Yang Maha Pemurah kepada mereka, maka mereka menyungkur dengan bersujud dan menangis. (Q.S. Maryam : 58)

24. Surah Qaaf

Pada surah ini disebutkan tentang kaum-kaum yang durhaka, salah satunya yakni kaum Nuh.

Sebelum mereka telah mendustakan (pula) kaum Nuh dan penduduk Rass dan Tsamud, (Q.S. Qaaf : 12)

25. Surah Shaad

Pada surah ini disebutkan tentang keingkaran beberapa kaum yang durhaka, di antaranya adalah kaum Nuh.

Telah mendustakan (rasul-rasul pula) sebelum mereka itu kaum Nuh, 'Aad, Fir'aun yang mempunyai tentara yang banyak, (Q.S. Shaad : 12)

26. Surah Yunus

Pada surah ini dijelaskan sedikit mengenai kisah Nabi Nuh saat berdakwah kepada kaumnya.

Dan bacakanIah kepada mereka berita penting tentang Nuh di waktu dia berkata kepada kaumnya: "Hai kaumku, jika terasa berat bagimu tinggal (bersamaku) dan peringatanku (kepadamu) dengan ayat-ayat Allah, maka kepada Allah-lah aku bertawakal, karena itu bulatkanlah keputusanmu dan (kumpulkanlah) sekutu-sekutumu (untuk membinasakanku). Kemudian janganlah keputusanmu itu dirahasiakan, lalu lakukanlah terhadap diriku, dan janganlah kamu memberi tangguh kepadaku. (Q.S. Yunus : 71)

27. Surah Al-Haaqqah

Pada surah ini Nabi Nuh tidak dijelaskan secara jelas, namun secara tersirat.

Sesungguhnya Kami, tatkala air telah naik (sampai ke gunung) Kami bawa (nenek moyang) kamu, ke dalam bahtera, (Q.S. Al-Haaqqah : 11)

Itulah berbagai surah di Al-Quran yang menyebutkan dan menceritakan tentang Nuh ‘alaihissalam. Meskipun Nabi Nuh ‘alaihissalam sudah berdakwah pagi dan sore hari, akan tetapi sedikit sekali di antara kaumnya yang mau beriman. Semoga tulisan ini menambah wawasan dan keimanan kita.


Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.