Header Ads

-

Kita Akan Ditanyai Tentang Apa Yang Kita Perbuat


Perbuatan Baik
Perbuatan Baik
Sudah berapa lama kita hidup di dunia ini? Sudah berapa banyak oksigen yang telah kita gunakan selama kita hidup? Sudah berapa banyak nikmat Allah yang telah kita nikmati? Apakah kita sudah benar-benar beriman kepada-Nya? Sudahkah kita mentaati segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya?

Katakanlah: "Apakah akan Kami beritahukan kepadamu tentang orang-orang yang paling merugi perbuatannya?" Yaitu orang-orang yang telah sia-sia perbuatannya dalam kehidupan dunia ini, sedangkan mereka menyangka bahwa mereka berbuat sebaik-baiknya. (Q.S. Al-Kahfi : 103-104)

(Baca Juga : Apakah Pacaran Haram?)

Apakah kita tidak mengintropeksi diri kita sendiri? Mari kita lihat kembali diri kita, jangan lihat bagaimana orang-orang di luar sana. Mari kita review kembali apa yang telah kita lakukan di dunia ini. Tahukah kalian bahwa kita akan ditanyai tentang apa yang kita lakukan di dunia ini?

Dia tidak ditanya tentang apa yang diperbuat-Nya dan merekalah yang akan ditanyai. (Q.S. An-Nahl : 53)

Allah tidak ditanya tentang apa yang diperbuat-Nya, tetapi kita yang akan ditanya. Sudahkah kita melakukan yang terbaik di dunia ini? Ketahuilah, kita akan bertanggung jawab atas apa yang telah kita lakukan.

Tiap-tiap diri bertanggung jawab atas apa yang telah diperbuatnya, (Q.S. Al-Muddatstsir : 38)

Sudah berapa amal yang kita buat? Sudah berapa banyak perbuatan baik yang kita lakukan selama hidup di dunia ini?

(Baca Juga : Ayat-Ayat Al-Quran Tentang Lauh Mahfudz)

Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun, (Q.S. Al-Mulk : 2)

Di hidup ini kita diuji, bukan untuk sekedar main-main belaka, kita diciptakan untuk beribadah dan mengabdikan hidup kita hanya untuk Allah

Katakanlah: sesungguhnya sembahyangku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam. (Q.S. Al-An’aam : 162)

Kita akan dimintai pertanggung jawaban wahai saudara-saudaraku, kita tidak santai-santai saja di hidup ini, dan setelah kita mati nanti akan ada Hari Kiamat di mana Allah akan menegakkan keadilan-Nya dan memberikan balasan sesuai dengan apa yang kita lakukan.

Apakah manusia mengira, bahwa ia akan dibiarkan begitu saja (tanpa pertanggung jawaban)? (Q.S. Al-Qiyaamah : 36)

Mari kita perbaiki diri kita, mari kita koreksi kembali diri kita, sudah baikkah kita atau masih lebih banyak amal buruk. Mari kita senantiasa menjalankan perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya.
Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.