Pernyataan "Aku dan Bapa Adalah Satu" Membuktikan Yesus Itu Tuhan?



Ilustrasi Yesus Kristus
Ilustrasi Yesus Kristus
Akidah utama dari orang-orang Kristen adalah Trinitas, mereka meyakini bahwa Tuhan itu Esa akan tetapi terdiri atas tiga pribadi, yaitu Bapa, Anak dan Roh Kudus. Meskipun mereka tetap bersikeras itu esa, akan tetapi tetap saja dalam pengaplikasiannya mereka menyembah tiga tuhan yang berbeda. Salah satu ayat yang dijadikan dalil tentang ketuhanan Yesus adalah ayat yang menyatakan bahwa Yesus dan Bapa adalah satu. Mereka mengatakan bahwa Yesus adalah Tuhan dengan menggunakan ayat ini,

Aku dan Bapa adalah satu." (Yohanes 10 : 30)

Kalau kita perhatikan pada konteks ayatnya yang dimulai dari ayat ke-23 maka akan jelas bahwa maksud “kesatuan” pada ayat tersebut adalah makna dalam arti tujuan.

(Baca Juga : Benarkah Yesus Tuhan?)

Kalau masih belum mengerti bisa kita lihat ayat di bawah ini,

Dan Aku tidak ada lagi di dalam dunia, tetapi mereka masih ada di dalam dunia, dan Aku datang kepada-Mu. Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita. (Yohanes 17 : 11)

Ayat di atas menyebutkan bahwa Yesus satu denga para muridnya seperti dia dengan Bapa. Apakah ada yang mengatakan bahwa para murid Yesus dengan Yesus adalah sama? Kalau begitu berarti para murid Yesus sama dengan Allah (karena Bapa dan Yesus adalah satu)? Saya katakan bahwa menjadi “satu” artinya dalam tujuan, bukan dalam hal esensi. Ayat lainnya yang kurang lebih sama persis maknanya adalah,

Pada waktu itulah kamu akan tahu, bahwa Aku di dalam Bapa-Ku dan kamu di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. (Yohanes 14 : 20)

Yesus mengatakan bahwa dia di dalam kamu seperti Yesus di dalam Bapa, bagaimana anda memaknai ini semua? Artinya adalah satu dalam makna tujuan, bukan dalam makna esensi ataupun keilahian. Kalau Yesus sama dengan Bapa (Allah) maka murid-murid Yesus juga adalah Bapa karena para murid Yesus dengan Yesus adalah satu. Maknanya tentu saja bukan seperti ini, Yesus sendiri yang menyatakan bahwa Bapa lebih besar dari siapapun dan pada ayat lainnya Yesus juga menyatakan bahwa Bapa lebih besar daripada dia. Ini membuktikan bahwa Yesus dan Bapa adalah pribadi yang berbeda, dan makna satu pada ayat Yohanes 10 : 30 adalah dalam hal tujuan, perhatikanlah konteksnya yang bermula dari ayat 23.

(Baca Juga : Benarkah Para Murid Menyembah Yesus?)

Tidak mungkin Yesus adalah Allah, tidak mungkin Yesus adalah Bapa dan tidak mungkin Yesus itu tuhan, karena dia juga sujud kepada Tuhan, dia memohon kepada Tuhan bahkan berdoa kepada Tuhan,

Maka Ia maju sedikit, lalu sujud dan berdoa, kata-Nya: "Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki." (Matius 26 : 39)

Yesus tidak mengetahui kapan kiamat terjadi, sedangkan Bapa tahu

Tetapi tentang hari atau saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa saja." (Markus 13 : 32)

Jelas di sini bahwa kesatuan Yesus dan Bapa bukanlah dalam hal esensi dan ketuhanan, akan tetapi satu dalam makna tujuannya. Yesus berbeda dengan Bapa dan jauh sekali berbeda. Jadi, pernyataan Yesus “Aku dan Bapa adalah satu” tidak membuktikan apapun tentang ketuhanan Yesus, karena Yesus sendiri yang menyatakan bahwa Bapa lebih besar dari dia

Kamu telah mendengar, bahwa Aku telah berkata kepadamu: Aku pergi, tetapi Aku datang kembali kepadamu. Sekiranya kamu mengasihi Aku, kamu tentu akan bersukacita karena Aku pergi kepada Bapa-Ku, sebab Bapa lebih besar dari pada Aku. (Yohanes 14 : 28)

Bahkan ayat sebelumnya yaitu Yohanes 10 : 29 menyebutkan bahwa Bapa lebih besar daripada siapapun

Bapa-Ku, yang memberikan mereka kepada-Ku, lebih besar dari pada siapapun, dan seorangpun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa. (Yohanes 10 : 29)

Jadi sudah jelas bahwa ayat Yohanes 10 : 30 tidak membuktikan Yesus itu Tuhan, karena Yesus juga tidak pernah menyatakan ketuhanannya dan tidak pernah ingin disembah oleh orang-orang, akan tetapi orang-orang yang mengaku umatnya malah melakukan hal sebaliknya dan melakukan penghinaan terhadap Yesus dengan menjadikan dia tuhan dan menyembahnya.
Semoga Allah memberi hidayah kepada orang-orang Kristen agar masuk ke dalam Islam.
Share on Google Plus

- Yusri Triadi

liputanalquran.com
    Blogger Comment
    Facebook Comment

30 komentar:

  1. Kamu terlalu fanatik terhadap agamamu! Kamu memandang agamamu adalah yang paling benar dan engkau melupakan kebenaran Tuhan? Apakah kamu sudah lahir pada saat Yesus ada ? Apakah kamu sudah lahir pada saat Muhammad ada ? Apakah kamu sudah lahir pada saat pandawa ada? Biarkan kebenaran itu milik Tuhan! Berani nya dirimu menyamai logika manusia dengan kehendak Tuhan. Tuhan Maha Kuasa, Dia bisa melakukan apapun yang Dia mau!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu meyakini ayat ayat diatas atau mau ingkar? Apa kamu anggap ayat diatas benar atau salah? Apakah yg kamu pilih itu paling benar? Apakah yesus akan menyelamatkan orang spt kamu melalui tiang gantung?

      Delete
    2. Banyak murtad. Kadrun panik makanya kutip ayat2 alkitab

      Delete
    3. Murtad dari Islam karena memang ga paham akan kebenaran agamanya. Dan masuk ke agama lain karena tak paham akan kesesatan agam yg akan dimasukinya. Diaertai iming2 duniawi. Klop sudah. Sementara yg masuk Islam rata2 orang cerdas dan mau berpikir secara logis.

      Delete
    4. Agar manusia tdak dungu dan kembali kejalan yg benar, tidak ada manusia menyembah manusia..
      Peliharalah kedunguan

      Delete
    5. Ngak Mau Dunggu SelamanyaNovember 2, 2022 at 5:33 PM

      "Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir, dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut" (Wahyu 1:18). Kunci adalah tanda otoritas. Yesus berdaulat atas kematian.

      Delete
    6. Pada saat Yesus dihadapkan kepada para pemimpin Yahudi,
      Ketua Imam menuntut Yesus, "Demi Allah yang hidup, katakanlah kepada kami, apakah Engkau Mesias, Anak Allah, atau tidak." (Matius 26:63).
      Jawab Yesus: "Engkau telah mengatakannya. Akan tetapi, Aku berkata kepadamu, mulai sekarang kamu akan melihat Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang Mahakuasa dan datang di atas awan-awan di langit." (Matius 26:64).
      Para pemimpin Yahudi menjawab dengan menuduh Yesus menghujat (Matius 26: 65-66).
      Kemudian, di hadapan Pontius Pilatus, ‘Jawab orang-orang Yahudi itu kepadanya: "Kami mempunyai hukum dan menurut hukum itu Ia harus mati, sebab Ia menganggap diri-Nya sebagai Anak Allah." ‘(Yohanes 19:7).

      Mengapa pengakuan Yesus sebagai Anak Allah dianggap menghujat dan layak dijatuhi hukuman mati? Karena para pemimpin Yahudi mengerti persis apa yang Yesus maksud dengan sebutan "Anak Allah", yaitu berarti Yesus mengakui Diri-Nya adalah Allah.

      Anak Allah berarti memiliki sifat/natur/hakekat yang sama seperti Allah. Anak Allah sama dengan Allah. Mengakui diriNya memiliki sifat/natur/hakekat yang sama seperti Allah- artinya mengakui diriNya adalah Allah- ini merupakan suatu penghujatan dimata para pemimpin Yahudi; oleh karena itu, mereka menuntut kematian Yesus

      Delete
    7. Zaman sebelum MasehiNovember 3, 2022 at 7:30 AM

      Hukum Taurat masih di pakai oleh Salah satu Agama.

      Dan salah satu Hukum Taurat, adalah Hukum mati bagi penista Agama.

      Delete
  2. Ya elah sudan 30 tahun ribut karena islam...hahba..mau saling bunuh silahkan ikut islam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan 30th ribut.... Tetapi sudah 2000 tahun....trinitarian dan unitarian masih pada masing masing pendapatnya.

      Delete
    2. Inti nya soal ini.
      Trinitas hanya depat pendapat dan pemikiran manusia yang berusaha memahami.

      "Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir, dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut" (Wahyu 1:18). Kunci adalah tanda otoritas. Yesus berdaulat atas kematian.

      Delete
  3. Kasian anda, Iri ya karena Islam banyak yang murtad di timteng sedangkan kristen naik pesat di Asia Dan afrika

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak iri soal org memilih keyakinan. Ini soal hati dan akal sehat utk memutuskan keyakinan. Islam tdk memaksa. Islam wajib mengimana yesus, musa, daud, muhammad sebagai utusan Allah. Semua nabi dan rasul adalah islam.....doa nabi yunus....mohon diwafatkan dalam keadaan islam. Yesus mengajarkan utk bersujud kepada Bapa....

      Delete
    2. "Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir, dan Yang Hidup.
      Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut" (Wahyu 1:18). Kunci adalah tanda otoritas. Yesus berdaulat atas kematian.

      Delete
  4. Di matius 5:17-20
    Sesiapa saja yg melencengkan atau meniadakan satu hal kecil saja dari taurat maka dia bukanlah pengikut jezus, bukan bagian dari krajaan sorga dan dapat posisi terendah di akhirat.
    Banyak sekali printah jzus yg di langgar umkris, bahkan hukum utama taurat no1 dan 2 di 10 hkum taurat.
    1 jgn ada Tuhan Selain Allah.
    2 jgn membuat sesembahan apapun yg menyerupai yg ada di dunia.
    Sudah terbukti dr kitab merka sendiri merka bukanlah pngikut jzus, dan bukan bagian di kerajaan sorga, bahkan saat merka mengadu pd jzus pun mengusirnya(matius 7:22-23) d akhirat oten tak kan dapat pertolongan dari manapun..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkkwkwk cium Sono batu kuat2 , ga usah kebanyakan bikin Blog yg ngungkit agama Kristen. Kebanyakan Blog buatan kalian isinnya ya sama aja isinya tentang Alkitab smua.
      Coba bertanya kenapa banyak org pada Murtad. Wkwkwkkwk

      Delete
    2. Kebenaran jangan di putar balik demi Duniawi

      Delete
    3. Tauhid ajaran LangitNovember 2, 2022 at 5:30 PM

      "Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir, dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut" (Wahyu 1:18). Kunci adalah tanda otoritas. Yesus berdaulat atas kematian.

      Delete
  5. KASIAN INI PENYEMBAH BATU GAK PUNYA BAHAN, SETELAH MENGATAKAN INJIL PALSU TAURAT PALSU, EH KUTIP AYAT COPET2 AYATNYA.....KITABMU SENDIRI CUMA JIPLAK DI BUAT VERSI ARAB

    ReplyDelete
  6. INI SITUS ALQURAN KOK BAHAS ALKITAB 🤣🤣🤣, GAK PUNYA BAHAN LAGI YA? BUAT APA BOS? MAU NYERANG KEKRISTENAN? GAK MEMPAN BUATKU KARNA TUHAN KU TUHAN YG HIDUP. AJARAN KASIH SANGAT BERTOLAK DENGAN AGAMA RADIKAL KALIAN, MIKIR BOS PAKE AKAL SEHAT DAN HATI NURANI. NABI MU ITU MATI DIRACUN DAN GAK BISA DISELAMATKAN, P3D0F1L KOK BISA2NYA MENGKLAIM DIRINYA NABI 😂😂. DIA ITU NABI PALSU,..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agar manusia tdak dungu dan kembali kejalan yg benar, tidak ada manusia menyembah manusia..
      Peliharalah kedunguan itu

      Delete
  7. Hanya manusia dungu yg menganggap manusia tuhan..
    Sehingga kedunguan mereka menyembah manusia..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba katakan , apa ada manusia yang berani berkata seperti ini?

      Matius 11:28 TB

      Yesus Berkata:
      Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.

      Delete
    2. "Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir, dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut" (Wahyu 1:18). Kunci adalah tanda otoritas. Yesus berdaulat atas kematian.

      Delete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Ha ha ha kebanyakan perlakuan manusianya hanya baik terhadap kaumnya.

    Matius 5:46
    Apabila kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah upahmu? Bukankah pemungut cukai juga berbuat demikian?

    Matius5:47
    Dan apabila kamu hanya memberi salam kepada saudara-saudaramu saja, apakah lebihnya dari pada perbuatan orang lain? Bukankah orang yang tidak mengenal Allahpun berbuat demikian?

    ReplyDelete
  11. Allah menciptakan manusia dari tanah liat dan di hebuskan nafas kehidupan.

    Sedangkan Yesus Lahir melalui Rahim Maria, dan hembuskan Roh Allah.
    Dan mengirimkan pesan melalui malaikat bahwa Maria akan mengandung. Dan diberikan nama Yesus.

    Kata agama seberang , penciptaan Yesus adalah sama dengan penciptaan adam.

    Lah Adam di ciptakan , lalu melanggar dengan memakan Buah Terlarang.
    DiCampakan ke Dunia karena Dosa.

    Sedangkan Yesus Lahir dengan Roh ALLAH yang ada di Dirinya.
    Makanya penuh kuasa waktu sebagai manusia di BUMI.

    Tapi itu adalah Misi Allah untuk menyelamatkan Manusia.
    Barang siapa yang percaya kepadanya akan peroleh hidup yang kekal.

    ReplyDelete
  12. Ini benar benar saya mengalami dalam kehidupan sehari hari.

    Pada dasarnya, Tidak Semua dari Mereka.

    Tapi Yang tidak semua, akan jadi ikut ikutan pada saat ada 1 orang yang membeci.

    Tapi ya sudahlah.

    Itu urusan mereka dengan ALLAH mereka.

    Mungkin ALLAH mereka mengizin kan mereka untuk membenci dan memusuhi.

    Atau Mereka yang lagi Khilaf dengan Ajaran ALLAH untuk saling mengasihi.

    ReplyDelete