Header Ads

-

Ayat-Ayat Al-Quran Tentang Ilmu Biologi



Ilmu Biologi
Ilmu Biologi

Ilmu Biologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang makhluk hidup, segala makhluk hidup di dunia ini dibahas di dalam Biologi seperti manusia, hewan, dan tumbuhan. Pembahasannya pun sangat detail seperti sel manusia, jaring-jaring makanan, proses fotosintesis tumbuhan, tingkat populasi di suatu daerah bahkan sampai virus-virus dibahas di Biologi. Sebenarnya Biologi sudah dipelajari sejak SD, akan tetapi namanya digabung bersama Fisika dan Kimia menjadi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan di SMP dan SMA dibahas lebih dalam dan lebih dalam lagi. Pembahasan kita saat ini adalah mengenai ayat-ayat Al-Quran yang membahas tentang ilmu Biologi. Mau tahu bagaimana penjelasannya? Simak selengkapnya di sini.
Al-Quran menyebut berbagai hewan

dan (Dia telah menciptakan) kuda, bagal dan keledai, agar kamu menungganginya dan (menjadikannya) perhiasan. Dan Allah menciptakan apa yang kamu tidak mengetahuinya. (Q.S. An-Nahl : 8)

Hingga apabila mereka sampai di lembah semut berkatalah seekor semut: Hai semut-semut, masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari"; (Q.S. An-Naml : 18)

Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: "Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia", (Q.S. An-Nahl : 68)

Dan masih banyak lagi hewan yang lainnya.

Al-Quran menyebut berbagai tumbuhan dan buah-buahan

Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan. (Q.S. An-Nahl : 11)

Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun. (Q.S. At-Tiin : 1)

Dan masih banyak lagi tumbuhan ataupun buah-buahan yang lainnya.

Al-Quran membahas tentang kebutuhan tumbuhan akan air

Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman. (Q.S. Al-An’aam : 99)

Al-Quran membahas tentang jari-jemari manusia

Bukan demikian, sebenarnya Kami kuasa menyusun (kembali) jari jemarinya dengan sempurna. (Q.S. Al-Qiyaamah : 4)
Al-Quran membahas tentang keturunan, jenis kelamin anak, dan mandul

Kepunyaan Allah-lah kerajaan langit dan bumi, Dia menciptakan apa yang Dia kehendaki. Dia memberikan anak-anak perempuan kepada siapa yang Dia kehendaki dan memberikan anak-anak lelaki kepada siapa yang Dia kehendaki, atau Dia menganugerahkan kedua jenis laki-laki dan perempuan (kepada siapa) yang dikehendaki-Nya, dan Dia menjadikan mandul siapa yang Dia kehendaki. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa. (Q.S. Asy-Syuura : 49-50)

Al-Quran membahas tentang manfaat buah kurma bagi wanita hamil

Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu, (Q.S. Maryam : 25)

Ayat di atas menjelaskan tentang Siti Maryam yang sedang mengandung Nabi ‘Isa ‘alaihissalam. Saat itu Maryam mendapatkan perintah dari malaikat Jibril untuk menggoyangkan pangkal pohon kurma agar buah kurma yang masak akan jatuh kepadanya. Nabi ‘Isa ‘alaihissalam pun lahir di bawah pohon kurma dengan izin Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Al-Quran menjelaskan bahwa segala sesuatu yang hidup itu berasal dari air

Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman? (Q.S. Al-Anbiyaa’ : 30)

Al-Quran menjelaskan tentang proses perkembangan janin dari awal sampai akhir secara lengkap dan akurat

Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah. Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik. (Q.S. Al-Mu’minuun : 12-14)

Dr. Keith Moore, seorang ahli embriologi terkenal dunia yang mana karyanya dipelajari banyak orang di berbagai belahan dunia merasa takjub akan ayat-ayat tentang penciptaan manusia dan tentang perkembangan janin yang terdapat di Al-Quran, karena semua yang dinyatakan Al-Quran benar dan terbukti tepat.

Al-Quran menjelaskan bahwa madu dapat digunakan sebagai obat

kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan. (Q.S. An-Nahl : 69)

Dan masih banyak lagi ayat-ayat Al-Quran lainnya yang membahas tentang Biologi. Semoga dengan kita memperhatikan dan melihat tulisan ini kita semakin cinta kepada Al-Quran serta semakin meyakini bahwa memang Al-Quran benar-benar datang dari Allah Jalla Jalaluh tanpa keraguan sedikit pun. Bukan hanya perkataan tanpa bukti semata, akan tetapi berbagai ilmuwan dari berbagai penjuru dunia sudah membuktikan hal-hal ilmiah yang terdapat di Al-Quran. Bukan hanya itu saja, Al-Quran itu diturunkan oleh seorang Muhammad yang buta huruf, tidak bisa membaca dan menulis. Apakah dia bisa membuat ayat-ayat seperti yang sudah saya jelaskan di atas? Tentu saja tidak, itu semua adalah wahyu dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.
Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.