Header Ads

-

Ayat Terpendek dan Terpanjang di Al-Quran


Ayat Terpendek dan Terpanjang di Al-Quran
Ayat Terpendek dan Terpanjang di Al-Quran

Al-Quran adalah firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang telah diwahyukan kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam melalui perantaraan malaikat Jibril. Al-Quran adalah satu-satu kitab di dunia ini yang masih asli 100% firman Tuhan. Berbeda dengan kitab-kitab lainnya yang sudah banyak bercampur aduk antara perkataan Tuhan dan perkataan manusia. Al-Quran adalah satu-satunya kitab di muka bumi ini yang mendapat jaminan penjagaan dari berbagai hal yang dapat merusak Al-Quran.

Al-Quran memiliki lebih dari 6.000 ayat yang datang dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Yang mana ayat-ayatnya ada yang diturunkan di Mekkah dan ada yang diturunkan di Madinah, ada ayat yang panjang dan ada juga yang pendek, ada yang ayatnya tentang ancaman dan ada juga tentang kenikmatan, ada ayat yang menjelaskan tentang surga dan ada juga yang tentang neraka. Ini termasuk variasi yang Allah Ta’ala buat di dalam kitab-Nya yang agung.


Pada tulisan kali ini kita akan membahas tentang ayat terpendek dan terpanjang di dalam Al-Quran. Ayat terpendek di Al-Quran adalah ayat yang terdiri hanya dua huruf hijaiyah. Ayat semacam ini juga disebut surat diawali dengan huruf muqatha’ah, yaitu huruf hijaiyah yang terputus. Jadi ayat terpendek adalah “Haa Miim” yang muncul di awal beberapa surat. Surah-surah itu adalah,

Haa Miim. (Q.S. Al-Mu’min : 1)

Haa Miim. (Q.S. Fushshilat : 1)

Haa Miim. (Q.S. Asy-Syuura : 1)

Haa Miim. (Q.S. Az-Zukhruf : 1)

Haa miim. (Q.S. Ad-Dukhaan : 1)

Haa Miim. (Q.S. Al-Jaatsiyah : 1)

Haa Miim. (Q.S. Al-Ahqaaf : 1)

Jadi ada 7 ayat yang merupakan ayat terpendek di Al-Quran, dan itu terdapat pada ketujuh surah di atas yakni Al-Mu’min, Fushshilat, Asy-Syuura, Az-Zukhruf, Ad-Dukhaan, Al-Jaatsiyah dan Al-Ahqaaf.
Lalu ada yang bertanya kenapa surah yang diawali hanya satu huruf seperti “Qaaf”, “Shaad” dan “Nuun” tidak termasuk ke dalam ayat terpendek? Itu dikarenakan huruf tersebut tidak satu ayat, tetapi masih ada sambungannya.

Qaaf, Demi Al Quran yang sangat mulia. (Q.S. Qaaf : 1)

Shaad, demi Al Quran yang mempunyai keagungan. (Q.S. Shaad : 1)

Nuun, demi kalam dan apa yang mereka tulis, (Q.S. Al-Qalam : 1)

Jadi ayat-ayat di atas bukan merupakan ayat terpendek.

Lalu apa ayat terpanjang? Ayat terpanjang di Al-Quran terdapat pada surah Al-Baqarah ayat 282,

Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu bermu'amalah tidak secara tunai untuk waktu yang ditentukan, hendaklah kamu menuliskannya. Dan hendaklah seorang penulis di antara kamu menuliskannya dengan benar. Dan janganlah penulis enggan menuliskannya sebagaimana Allah mengajarkannya, meka hendaklah ia menulis, dan hendaklah orang yang berhutang itu mengimlakkan (apa yang akan ditulis itu), dan hendaklah ia bertakwa kepada Allah Tuhannya, dan janganlah ia mengurangi sedikitpun daripada hutangnya. Jika yang berhutang itu orang yang lemah akalnya atau lemah (keadaannya) atau dia sendiri tidak mampu mengimlakkan, maka hendaklah walinya mengimlakkan dengan jujur. Dan persaksikanlah dengan dua orang saksi dari orang-orang lelaki (di antaramu). Jika tak ada dua oang lelaki, maka (boleh) seorang lelaki dan dua orang perempuan dari saksi-saksi yang kamu ridhai, supaya jika seorang lupa maka yang seorang mengingatkannya. Janganlah saksi-saksi itu enggan (memberi keterangan) apabila mereka dipanggil; dan janganlah kamu jemu menulis hutang itu, baik kecil maupun besar sampai batas waktu membayarnya. Yang demikian itu, lebih adil di sisi Allah dan lebih menguatkan persaksian dan lebih dekat kepada tidak (menimbulkan) keraguanmu. (Tulislah mu'amalahmu itu), kecuali jika mu'amalah itu perdagangan tunai yang kamu jalankan di antara kamu, maka tidak ada dosa bagi kamu, (jika) kamu tidak menulisnya. Dan persaksikanlah apabila kamu berjual beli; dan janganlah penulis dan saksi saling sulit menyulitkan. Jika kamu lakukan (yang demikian), maka sesungguhnya hal itu adalah suatu kefasikan pada dirimu. Dan bertakwalah kepada Allah; Allah mengajarmu; dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. (Q.S. Al-Baqarah : 282)

Ayat ini membahas tentang mu’amalah seperti masalah hutang, sewa, jual-beli dan lain sebagainya.

Jadi ayat terpendek di Al-Quran adalah “Haa Miim” pada awal surah Al-Mu’min, Asy-Syuura, Fushshilat, Az-Zukhruf, Ad-Dukhaan, Al-Jaatsiyah, dan Al-Ahqaaf. Sedangkan ayat terpanjang di Al-Quran adalah Surah Al-Baqarah ayat 282.

(Baca Juga : Ayat-Ayat Al-Quran Tentang Ilmu Matematika)

Semoga tulisan ini menambah wawasan kita seputar Al-Quran sehingga kita lebih mencintai kitab Allah ini.

Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.