Header Ads

-

Islam Mengajarkan Kita Mulai dari Hal-Hal Yang Sangat Kecil

Islam
Islam Agama Yang Sempurna

Islam adalah agama yang sangat sempurna, setiap orang yang beragama Islam patut berbangga dan bersyukur. Karena Allah Subhanahu Wa Ta’ala sudah memasukkan kita ke dalam satu-satunya agama yang diridhoi-Nya.

Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barangsiapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya. (Q.S. Ali ‘Imran : 19)

(Baca Juga : Pesan Allah Bagi Para Pendosa)

Islam telah ditakdirkan oleh Allah Ta’ala untuk mengungguli semua agama. Jadi, Allah Subhanahu Wa Ta’ala telah memenangkan kita dibandingkan agama-agama lainnya seperti Yahudi, Nasrani, Hindu, Buddha, Konghuchu, dan lain sebagainya. Sebagaimana yang dipertegas-Nya di dalam Al-Quranul Karim.

Dia-lah yang mengutus Rasul-Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang hak agar dimenangkan-Nya terhadap semua agama. Dan cukuplah Allah sebagai saksi. (Q.S. Al-Fath : 28)


Mungkin di antara muslim ada yang mengeluh dan mempertanyakan kenapa Islam begitu ribet, misalnya untuk sholat harus berwudhu, mau memegang mushaf Al-Quran harus berwudhu, dan lain sebagainya. Tetapi sadarkah kita bahwa karena itulah Islam sungguh sempurna, segala sesuatu itu harus diperhatikan mulai dari hal-hal yang sangat kecil. Berbeda dengan agama yang lainnya yang mungkin tidak mengatur banyak tentang kehidupan mereka dengan detail, Islam mengajarkan kita dari hal yang begitu kecil sekali.

1. Islam Mengajarkan Bagaimana Adab Memakai Sendal/Sepatu

Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda :

“Apabila seseorang di antara kalian memakai alas kaki (sandal/sepatu), maka mulailah dengan yang kanan. Dan apabila ia hendak melepasnya maka mulailah dengan yang kiri. Dan pakailah kedua-duanya atau lepaskanlah ia.” (HR. Muslim)

Nabi kita yang mulia mengajarkan kepada kita kalau ingin memakai sandal ataupun sepatu untuk memulainya dengan kaki kanan dan kalau ingin melepaskannya mendahulukan kaki kiri. Kalau kita mau memakainya maka dianjurkan jangan sebelah saja, akan tetapi memakainya dua-dua (sepasang), lebih baik melepasnya dua-dua daripada memakai sebelah saja. Begitulah ajaran Islam, bahkan sampai memakai sandal/sepatu saja diatur.

2. Islam Mengajarkan Untuk Berdoa Ketika Masuk dan Keluar Kamar Mandi

Do’a ketika masuk WC adalah :

"Allahumma innii a'uudzubika minal khubtsi wal khabaaits"

Artinya: Dengan menyebut nama Allah, Yaa Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari segala gangguan setan laki-laki maupun perempuan.

Do’a keluar WC adalah :

Ghufraanaka

Artinya: "Aku meminta ampun kepada-Mu!"

(Baca Juga : Ayat-Ayat Al-Quran Tentang Ilmu Biologi)

3. Islam mengajarkan untuk berdoa ketika keluar rumah

Do’a keluar rumah yaitu :

"Bismilaahi tawakkaltu 'alallah, laa hawla wa laa quwwata illaa billaah"

Artinya yakni : Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan-Nya

4. Islam mengajarkan untuk mendahulukan yang kanan untuk hal yang baik dan mendahulukan yang kiri untuk hal yang buruk.

Seperti masuk kamar mandi dengan mendahulukan kaki kiri dan keluar dengan mendahulukan kaki kanan.

Dan masih banyak lagi hal lainnya yang diajarkan Islam mulai dari hal-hal yang sangat kecil dan Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam telah memberikan kita tata caranya dan bagaimana adab yang benar melalui sunnah-sunnahnya. Sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk mengikuti sunnah-sunnahnya, karena dengan mengikuti sunnahnya kita dapat meraih jannah-Nya.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu bahwasanya Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Setiap ummatku akan masuk Surga, kecuali yang enggan.” Mereka (para Shahabat) bertanya: “Siapa yang enggan itu?” Jawab beliau: “Barangsiapa yang mentaatiku pasti masuk Surga, dan barangsiapa yang mendurhakaiku, maka sungguh ia telah enggan.” (HR. Bukhari dan Ahmad)

(Baca Juga : Pesan Al-Quran Terhadap Pecinta Musik)

Semoga bermanfaat.

18 comments:

  1. bener gan, artikelnya bermanfaat :) makasih gan udah mau berbagi :)

    ReplyDelete
  2. mentab gan, artikelnya bermanfaat sekali.. kalau bisa ditambahkan gan biar lengkap/banyak :)

    ReplyDelete
  3. Islam adalah agama yamg diridhoi allah, jd mengatur semua hal :)

    ReplyDelete
  4. subhanllah ane jadi makin cinta sama islam dan alquran berkat baca artikel ente gan

    ReplyDelete
  5. Thank gan
    Makin tau deh tentang islam

    ReplyDelete

Powered by Blogger.