Header Ads

-

Ayat-Ayat Al-Quran Tentang Ilmu Kimia


Ilmu Kimia
Ilmu Kimia

Ilmu kimia identik dengan atom, unsur, reaksi kimia, percampuran zat dan lainnya. Ilmu kimia adalah salah satu cabang ilmu di dalam sains. Meski ada yang mengatakan kimia itu sebenarnya bagian dari fisika, akan tetapi sepertinya ini kurang tepat. Memang keduanya saling berkaitan dan berhubungan, akan tetapi keduanya adalah dua hal yang berbeda, kalau fisika lebih cenderung kepada gejala fisik sedangkan kimia tidak. Jikalau di fisika kita mungkin sekilas membahas tentang unsur, senyawa dan campuran, sedangkan di kimia itu di lebih di perdalam lagi. Kimia juga tidak asing di telinga kita karena sejatinya juga sudah kita pelajari semenjak kita berada di Sekolah Dasar. Pada tulisan kali ini kita akan membahas tentang ayat-ayat Al-Quran yang berkaitan dengan ilmu kimia. Lalu ayat mana saja yang berkaitan dengan kimia? Simak selengkapnya di sini.
Al-Quran membahas tentang atom

Kamu tidak berada dalam suatu keadaan dan tidak membaca suatu ayat dari Al Quran dan kamu tidak mengerjakan suatu pekerjaan, melainkan Kami menjadi saksi atasmu di waktu kamu melakukannya. Tidak luput dari pengetahuan Tuhanmu biarpun sebesar zarrah (atom) di bumi ataupun di langit. Tidak ada yang lebih kecil dan tidak (pula) yang lebih besar dari itu, melainkan (semua tercatat) dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh). (Q.S. Yunus : 61)

Ayat lainnya,

Sesungguhnya Allah tidak menganiaya seseorang walaupun sebesar zarrah, dan jika ada kebajikan sebesar zarrah, niscaya Allah akan melipat gandakannya dan memberikan dari sisi-Nya pahala yang besar. (Q.S. An-Nisaa’ : 40)

Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula. (Q.S. Az-Zalzalah : 7-8)

Katakanlah: " Serulah mereka yang kamu anggap (sebagai tuhan) selain Allah, mereka tidak memiliki (kekuasaan) seberat zarrahpun di langit dan di bumi, dan mereka tidak mempunyai suatu sahampun dalam (penciptaan) langit dan bumi dan sekali-kali tidak ada di antara mereka yang menjadi pembantu bagi-Nya. (Q.S. Saba’ : 22)

Di dalam Al-Quran, atom dikenal dengan nama dzarrah, yaitu sesuatu yang paling kecil dan tidak ada lagi yang lebih kecil daripada itu. Menurut John Dalton, atom adalah partkel terkecil dari suatu zat yang tidak dapat diuraikan menjadi partikel yang lebih kecil dengan reaksi kimia biasa. Inilah salah satu mukjizat Al-Quranul Karim

Al-Quran membahas tentang berbagai unsur kimia

Seperti besi,

Sesungguhnya Kami telah mengutus rasul-rasul Kami dengan membawa bukti-bukti yang nyata dan telah Kami turunkan bersama mereka Al Kitab dan neraca (keadilan) supaya manusia dapat melaksanakan keadilan. Dan Kami ciptakan besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia, (supaya mereka mempergunakan besi itu) dan supaya Allah mengetahui siapa yang menolong (agama)Nya dan rasul-rasul-Nya padahal Allah tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Maha Kuat lagi Maha Perkasa. (Q.S. Al-Hadiid : 25)

Di dalam Kimia, unsur besi diberi nama “Fe”. Sedangkan di Al-Quran adalah Al-Hadiid, yang mana Allah Subhanahu Wa Ta’ala tela mengkhususkan satu surah dengan nama Surah Al-Hadiid.
Tembaga,

berilah aku potongan-potongan besi." Hingga apabila besi itu telah sama rata dengan kedua (puncak) gunung itu, berkatalah Dzulkarnain: "Tiuplah (api itu)." Hingga apabila besi itu sudah menjadi (merah seperti) api, diapun berkata: "Berilah aku tembaga (yang mendidih) agar aku kutuangkan ke atas besi panas itu." (Q.S. Al-Kahf : 96)

Di dalam Kimia, unsur tembaga dikenal dengan nama “Cu”.

Emas,

(Bagi mereka) syurga 'Adn mereka masuk ke dalamnya, di dalamnya mereka diberi perhiasan dengan gelang-gelang dari emas, dan dengan mutiara, dan pakaian mereka didalamnya adalah sutera. (Q.S. Faathir : 33)

Di dalam Kimia, emas diberi nama unsur “Au”.

Al-Quran membahas tentang senyawa

Seperti senyawa air

Atau siapakah yang telah menciptakan langit dan bumi dan yang menurunkan air untukmu dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu kebun-kebun yang berpemandangan indah, yang kamu sekali-kali tidak mampu menumbuhkan pohon-pohonnya? Apakah disamping Allah ada tuhan (yang lain)? Bahkan (sebenarnya) mereka adalah orang-orang yang menyimpang (dari kebenaran). (Q.S. An-Naml : 60)

Di dalam Kimia, senyawa air dinamakan H2O

Senyawa alkohol

(Warnanya) putih bersih, sedap rasanya bagi orang-orang yang minum. Tidak ada dalam khamar itu alkohol dan mereka tiada mabuk karenanya. (Q.S. Ash-Shaaffaat : 46-47)

Di dalam Kimia, senyawa alkohol dinamakan C2H5OH

Al-Quran membahas tentang campuran

Seperti campuran air susu,

Dan sesungguhnya pada binatang-binatang ternak, benar-benar terdapat pelajaran yang penting bagi kamu, Kami memberi minum kamu dari air susu yang ada dalam perutnya, dan (juga) pada binatang-binatang ternak itu terdapat faedah yang banyak untuk kamu, dan sebagian daripadanya kamu makan, (Q.S. Al-Mu’minuun : 21)

Campuran tanah dan air,

atau airnya menjadi surut ke dalam tanah, maka sekali-kali kamu tidak dapat menemukannya lagi." (Q.S. Al-Kahf : 41)

untuk menjadi rezki bagi hamba-hamba (Kami), dan Kami hidupkan dengan air itu tanah yang mati (kering). Seperti itulah terjadinya kebangkitan. (Q.S. Qaaf : 11)

Itulah ayat-ayat Al-Quran yang berkaitan dengan ilmu kimia, pembahasan ini semakin membuktikan akan kebenaran Al-Quran. Semoga dengan tulisan ini kita semakin cinta dan mentaati apa yang terdapat di dalam Al-Quran.

(Baca Juga : Ayat Nur di Al-Quran)

Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.