Header Ads

-

Ayat-Ayat Al-Quran Tentang Sangkakala


Ayat-Ayat Al-Quran Tentang Sangkakala
Ayat-Ayat Al-Quran Tentang Sangkakala

Hari Kiamat adalah sesuatu yang pasti terjadi. Hari Kiamat tidak akan terjadi sebelum tanda-tandanya keluar, seperti turunnya Nabi ‘Isa ‘alaihissalam, keluarnya Dajjal, terbtnya matahari dari barat, dan lain sebagainya. Dan ada suatu peristiwa yang mana akan terjadi suatu teriakan yang memekakan telinga yang akan menandai terjadinya hari Kiamat. Suara teriakan itu berasal dari terompet sangkakala. Sangkakala akan ditiup oleh Malaikat Israfil. Jadi saat ini Malaikat Israfil hanya tinggal menunggu perintah Allah Ta’ala untuk meniupkannya. Kapanpun Allah perintahkan akan dikerjakan oleh Malaikat Israfil dan dia siap menerima perintah Allah tersebut. Pada tulisan kali ini kita akan membahas tentang ayat-ayat Al-Quran yang berkaitan dengan sangkakala.

Surah ‘Abasa

Dan apabila datang suara yang memekakkan (tiupan sangkakala yang kedua), (Q.S. ‘Abasa : 33)

Ayat di atas adalah mengenai tiupan sangkakala yang kedua.

Surah Al-An’aam

Dan Dialah yang menciptakan langit dan bumi dengan benar. Dan benarlah perkataan-Nya di waktu Dia mengatakan: "Jadilah, lalu terjadilah", dan di tangan-Nyalah segala kekuasaan di waktu sangkakala ditiup. Dia mengetahui yang ghaib dan yang nampak. Dan Dialah Yang Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui. (Q.S. Al-An’aam : 73)

Ayat di atas menggambarkan tentang kekuasaan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Surah Al-Haaqqah

Maka apabila sangkakala ditiup sekali tiup. (Q.S. Al-Haaqqah : 13)

Ayat di atas berbicara mengenai tiupan pertama sangkakala, yaitu saat alam semesta menjadi hancur.

Surah Al-Kahf

Kami biarkan mereka di hari itu bercampur aduk antara satu dengan yang lain, kemudian ditiup lagi sangkakala, lalu Kami kumpulkan mereka itu semuanya, (Q.S. Al-Kahf : 99)

Ayat di atas membahas tentang tiupan kedua sangkakala, yaitu saat semua manusia dibangkitkan Allah dari dalam kubur dan pengumpulan ke padang Mahsyar.

Surah Al-Mu’minuun

Apabila sangkakala ditiup maka tidaklah ada lagi pertalian nasab di antara mereka pada hari itu, dan tidak ada pula mereka saling bertanya. (Q.S. Al-Mu’minuun : 101)

Jadi saat hari Kiamat seseorang tidak dapat tolong menolong terhadap siapapun, meskipun terhadap keluarganya.

Surah Al-Muddatstsir

Apabila ditiup sangkakala, maka waktu itu adalah waktu (datangnya) hari yang sulit, bagi orang-orang kafir lagi tidak mudah. (Q.S. Al-Muddatstsir : 8-10)

Ayat di atas berbicara saat kejadian ditiupnya sangkakala oleh Malaikat Israfil.

Surah An-Naba’

yaitu hari (yang pada waktu itu) ditiup sangkakala lalu kamu datang berkelompok-kelompok, dan dibukalah langit, maka terdapatlah beberapa pintu, dan dijalankanlah gunung-gunung maka menjadi fatamorganalah ia. (Q.S. An-Naba’ : 18-20)

Ayat di atas berbicara mengenai dahsyatnya tentang hari Berbangkit

Surah An-Naml

Dan (ingatlah) hari (ketika) ditiup sangkakala, maka terkejutlah segala yang di langit dan segala yang di bumi, kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Dan semua mereka datang menghadap-Nya dengan merendahkan diri. (Q.S. An-Naml : 87)

Ayat di atas adalah saat ditiupkannya sangkakala yang pertama, yaitu segala yang ada di langit dan di bumi terkejut, kecuali siapa yang dikehendaki Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Surah Az-Zumar

Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing-masing). (Q.S. Az-Zumar : 68)

Saat ditiupkannya sangkakala siapa yang ada di langit dan di bumi akan mati kecuali yang dikehendaki oleh Allah Ta’ala. Lalu ditiupkan sekali lagi maka tiba-tiba umat manusia sudah berdiri menunggu keputusan yang akan diterima masing-masing. Pada hari Kiamat kelak semua makhluk Allah Ta’ala akan mati, bahkan Malaikat Jibril, Malaikat Maut, dan Malaikat pemikul ‘Arsy pun mati, hanya Allah Jalla Jalaluh saja yang hidup.

Surah Qaaf

Dan ditiuplah sangkakala. Itulah hari terlaksananya ancaman. (Q.S. Qaaf : 20)

Saat ditiupkannya sangkakala, itulah hari terlaksananya ancaman Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Surah Thaahaa

(yaitu) di hari (yang di waktu itu) ditiup sangkakala dan Kami akan mengumpulkan pada hari itu orang-orang yang berdosa dengan muka yang biru muram; (Q.S. Thaahaa : 102)

Yaitu pada tiupan sangkakala yang kedua, maka Allah Tabaraka Wa Ta’ala mengumpulkan semua manusia, bagi yang berdosa maka mukanya biru muram, sedangkan orang yang beriman tentu saja dengan muka yang berseri-seri dan menyenangkan.

Itulah berbagai ayat-ayat Al-Quran tentang sangkakala. Sudah seharusnya kita merenungi dan mengambil himah dari ayat-ayat di atas. Dengan merenunginya maka kita akan semakin memperbaiki diri kita agar kita digolongkan ke dalam golongan orang-orang yang beriman kelak.

Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.