Header Ads

-

Ciri-Ciri dan Tingkah Laku Penghuni Surga


Ciri-Ciri dan Tingkah Laku Penghuni Surga
Ciri-Ciri dan Tingkah Laku Penghuni Surga
Siapa orang di dunia ini yang tidak mau masuk surga? Tentu saja tidak ada. Semua orang yang hidup di muka bumi ini pasti menginginkan untuk masuk surga. Bahkan anak kecil sekalipun menginginkan masuk surga. Di dalam surga itu terdapat banyak sekali kenikmatan-kenikmatan. Dan kenikmatan yang tidak ada tandingannya adalah melihat wajah Allah ‘Azza Wa Jalla. Maka dari itu tidak heran jikalau orang-orang berbondong-bondong ingin masuk surga dan sebisanya menjauhi neraka. Ketauhilah bahwa kenikmatan surga adalah balasan yang diberikan Allah Ta’ala atas perbuatan kita selama di dunia ini. Jadi kenapa kita berbuat maksiat, melakukan perbuatan keji dan meninggalkan ketaatan kepada Allah sedangkan kita ingin menjadi penghuni surga?

 Pada tulisan kali ini kita akan membahas tentang ciri-ciri dan tingkah laku penghuni surga menurut Al-Quranul Karim. Siapakah mereka? Simak pada tulisan ini.

1. Orang-orang yang berbuat kebaikan.

… Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat kebaikan. (Q.S. Adz-Dzaariyaat : 16)

2. Sedikit tidur di waktu malam karena sholat malam (tahajjud) dan melakukan ibadah sholih lainnya

Di dunia mereka sedikit sekali tidur diwaktu malam. (Q.S. Adz-Dzaariyaat : 17)

3. Senantiasa beristighfar saat waktu sebelum fajar/di waktu sahur.

Dan selalu memohonkan ampunan diwaktu pagi sebelum fajar. (Q.S. Adz-Dzaariyaat : 18)


4. Memberikan hartanya untuk orang-orang miskin dan orang-orang yang membutuhkan

Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapat bagian. (Q.S. Adz-Dzaariyaat : 19)

5. Orang-orang yang berdoa menyatakan keimanannya, memohon ampun kepada Allah Ta’ala dan memohon agar diselamatkan dari siksa neraka

(Yaitu) orang-orang yang berdoa: Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami telah beriman, maka ampunilah segala dosa kami dan peliharalah kami dari siksa neraka," (Q.S. Ali ‘Imran : 16)

6. Orang-orang yang sabar, yang benar, yang taat, yang menafkahkan hartanya di jalan Allah Ta’ala, dan yang memohon ampun kepada Allah di waktu sahur (waktu sebelum fajar).


(yaitu) orang-orang yang sabar, yang benar, yang tetap taat, yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah), dan yang memohon ampun di waktu sahur. (Q.S. Ali ‘Imran : 17)


7. Orang-orang yang menafkahkan hartanya baik saat senang maupun susah, orang yang menahan amarahnya dan memaafkan kesalahan orang lain.

(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema'afkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. (Q.S. Ali ‘Imran : 134)

8. Bersegera mohon ampun dan bertaubat kepada Allah Ta’ala saat berbuat maksiat/berbuat dosa.

Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui. (Q.S. Ali ‘Imran : 135)

Itulah beberapa ciri dan tingkah laku para penghuni surga. Sudahkah kita termasuk golongan penghuni surga? Insya Allah. Semoga Allah Ta’ala digolongkan para penghuni surga dan dapat melihat wajah Allah Tabaraka Wa Ta’ala. Aamiin.

Semoga tulisan ini menambah wawasan kita dan menjadi koreksi bagi kita agar kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Dan juga agar menambah semangat kita dalam beramal dan beribadah agar kelak tergolong orang-orang yang merasakan lezatnya surga Allah Jalla Jalaluh.


Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.