Header Ads

-

Ayat Al-Quran Tentang Buah Zaitun


Ayat Al-Quran Tentang Buah Zaitun
Ayat Al-Quran Tentang Buah Zaitun

Mungkin tidak semua orang tahu apa itu buah zaitun. Buah zaitun itu berasal dari pohon Olea Europea yang dapat tumbuh selama bertahun-tahun. Mungkin selama ini kita hanya tau minyak zaitun saja yang banyak digunakan untuk produk kesehatan maupun kecantikan. Buah zaitun juga biasanya dijadikan sebagai topping pizza ataupun salad. Jadi zaitun adalah salah satu buah yang tidak asing di telinga kita dan memang memiliki banyak sekali kegunaan.


Buah zaitun juga memiliki manfaat bagi kesehatan kita seperti dapat mencegah terkena dari berbagai jenis kanker seperti kanker lambung, kanker payudara bahkan kanker usus besar karena buah zaitun mengandung zat anti-oksidan dan karotenoid yang disebut sebagai lutein. Buah zaitun juga dapat mencegah penuaan diri, menyehatkan pencernaan tubuh kita, dapat mencegah terkena penyakit jantung, dapat mengurangi resiko terkena diabeter, dapat memperbaiki penglihatan mata kita, dapat mencegah penyakit asma dan lain sebagainya. Pada tulisan kali ini kita akan membahas mengenai ayat Al-Quran tentang buah zaitun. Apa-apa saja ayat yang menjelaskan dan menyebutkan buah zaitun? Simak pada tulisan ini.

1

Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman. (Q.S. Al-An’aam : 99)

2

Dan Dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak berjunjung, pohon korma, tanam-tanaman yang bermacam-macam buahnya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak sama (rasanya). Makanlah dari buahnya (yang bermacam-macam itu) bila dia berbuah, dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan disedekahkan kepada fakir miskin); dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan. (Q.S. Al-An’aam : 141)

3

Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan. (Q.S. An-Nahl : 11)


4

dan pohon kayu keluar dari Thursina (pohon zaitun), yang menghasilkan minyak, dan pemakan makanan bagi orang-orang yang makan. (Q.S. Al-Mu’minuun : 20)

5

Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahaya Allah, adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang dia kehendaki, dan Allah memperbuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia, dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. (Q.S. An-Nuur : 35)

6

zaitun dan kurma, (Q.S. ‘Abasa : 29)

7

Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun, (Q.S. At-Tiin : 1)

Itulah 7 ayat-ayat Al-Quran yang membahas mengenai buah zaitun. Jadi diharapkan tulisan ini dapat menambah wawasan kita seputar buah zaitun dan juga penjelasannya di Al-Quran, karena jarang sekali orang-orang membahas tentang hal ini. Maka dari itu semoga tulisan ini dapat menambah pengetahuan dan ilmu kita, apalagi di tengah-tengah masyarakat kita saat ini yang sangat minim sekali pengetahuan agama. Tulisan ini juga diharapkan dapat menambah kecintaan kita terhadap Al-Quranul ‘Adzhim.


Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.