Header Ads

-

Apa Yang Melalaikanmu Dari Sholat?


Apa Yang Melalaikanmu Dari Sholat?
Apa Yang Melalaikanmu Dari Sholat?

Sholat itu wajib kita lakukan sebagai seorang muslim. Sholat adalah tiang agama. Sholat adalah pembeda kita antara kafir dan mukmin. Sholat yang 5 tidak boleh kita tinggalkan dalam keadaan apapun.

Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman. (Q.S. An-Nisaa’ : 103)


Perintah sholat itu banyak sekali di dalam Al-Quran. Hal ini menunjukkan bahwa sholat itu memang hal yang sangat penting bagi setiap muslim. Tetapi sayang sekali banyak yang belum menyadarinya.

Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku'lah beserta orang-orang yang ruku'. (Q.S. Al-Baqarah : 43)

Dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahala nya pada sisi Allah. Sesungguhnya Alah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan. (Q.S. Al-Baqarah : 110)

Apakah kalian tidak mengetahui bahwa orang yang sholat saja bisa celaka?

Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya, (Q.S. Al-Maa’uun : 4-5)

Orang yang sholat saja bisa celaka, konon lagi kita yang tidak mendirikan sholat?

Kita terkadang meremehkan perkara sholat ini, padahal banyak yang masuk neraka diakibatkan mereka tidak mengerjakan sholat

"Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka)?" Mereka menjawab: "Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat, (Q.S. Al-Muddatstsir : 42-43)

Sungguh sayang sekali orang yang menyia-nyiakan sholat, mereka akan berada di dalam kesesatan. Mereka lebih mengikuti hawa nafsunya dibandingkan ketaatan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Apakah kita lebih mementingkan pacar kita? Apakah kita lebih mementingkan acara kita? Apakah kita lebih mementingkan tidur kita? Apakah kita lebih mementingkan menonton tv? Masya Allah.

Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan shalat dan memperturutkan hawa nafsunya, maka mereka kelak akan menemui kesesatan, (Q.S. Maryam : 59)


Renungilah ayat ini wahai saudaraku. Apakah kalian tidak takut terhadap neraka yang amat menyiksamu kelak?

Sesungguhnya orang-orang yang berdosa berada dalam kesesatan (di dunia) dan dalam neraka. (Ingatlah) pada hari mereka diseret ke neraka atas muka mereka. (Dikatakan kepada mereka): "Rasakanlah sentuhan api neraka!" (Q.S. Al-Qamar : 47-48)

Apakah pekerjaanmu menyebabkanmu lalai dari sholat? Apakah karena kamu sibuk mencari harta dan harta sehingga kamu lupa mendirikan sholat?

pada hari dipanaskan emas perak itu dalam neraka jahannam, lalu dibakar dengannya dahi mereka, lambung dan punggung mereka (lalu dikatakan) kepada mereka: "Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah sekarang (akibat dari) apa yang kamu simpan itu." (Q.S. At-Taubah : 35)

Apakah dunia menyebabkanmu lalai dari perintah Allah? Apakah kamu melupakan Allah? Apakah kamu lupa bahwa kamu kelak akan dikumpulkan di hadapan Allah dan akan ditanya tentang apa yang kamu kerjakan? Ketahuilah kamu juga akan dilupakan Allah.

Dan dikatakan (kepada mereka): "Pada hari ini Kami melupakan kamu sebagaimana kamu telah melupakan pertemuan (dengan) harimu ini dan tempat kembalimu ialah neraka dan kamu sekali-kali tidak memperoleh penolong." Yang demikian itu, karena sesungguhnya kamu menjadikan ayat-ayat Allah sebagai olok-olokan dan kamu telah ditipu oleh kehidupan dunia, maka pada hari ini mereka tidak dikeluarkan dari neraka dan tidak pula mereka diberi kesempatan untuk bertaubat. (Q.S. Al-Jaatsiyah : 34-35)

Kelak kamu akan ditanyai tentang apa yang telah kamu perbuat. Kelak anggota tubuhmu akan bersaksi tentang dirimu

Pada hari itu diberitakan kepada manusia apa yang telah dikerjakannya dan apa yang dilalaikannya. Bahkan manusia itu menjadi saksi atas dirinya sendiri, meskipun dia mengemukakan alasan-alasannya. (Q.S. Al-Qiyaamah : 13-15)

Dan (ingatlah) hari (ketika) musuh-musuh Allah di giring ke dalam neraka, lalu mereka dikumpulkan semuanya. Sehingga apabila mereka sampai ke neraka, pendengaran, penglihatan dan kulit mereka menjadi saksi terhadap mereka tentang apa yang telah mereka kerjakan. Dan mereka berkata kepada kulit mereka: "Mengapa kamu menjadi saksi terhadap kami?" Kulit mereka menjawab: "Allah yang menjadikan segala sesuatu pandai berkata telah menjadikan kami pandai (pula) berkata, dan Dia-lah yang menciptakan kamu pada kali pertama dan hanya kepada-Nya lah kamu dikembalikan." Kamu sekali-sekali tidak dapat bersembunyi dari kesaksian pendengaran, penglihatan dan kulitmu kepadamu bahkan kamu mengira bahwa Allah tidak mengetahui kebanyakan dari apa yang kamu kerjakan. Dan yang demikian itu adalah prasangkamu yang telah kamu sangka kepada Tuhanmu, Dia telah membinasakan kamu, maka jadilah kamu termasuk orang-orang yang merugi. (Q.S. Fushshilat : 19-23)

Maka dari itu patuhilah Allah, lakukan semua yang diperintahkan-Nya dan taatlah kepada-Nya. Apalagi perkara sholat, jangan sampai kita tinggalkan meskipun itu hanya sekali, jangan sampai kita lalai. Penuhilah seruan Allah tatkala berkumandang adzan “Allahu Akbar Allahu Akbar”. Jangan sampai kita menyesal di kemudian hari, yaitu pada hari disingkapkannya betis.

Pada hari betis disingkapkan dan mereka dipanggil untuk bersujud; maka mereka tidak kuasa, (dalam keadaan) pandangan mereka tunduk ke bawah, lagi mereka diliputi kehinaan. Dan sesungguhnya mereka dahulu (di dunia) diseru untuk bersujud, dan mereka dalam keadaan sejahtera. (Q.S. Qalam : 42-43)

Saat itu kita akan menyesal karena telah menyia-nyiakan sholat selama di dunia, padahal kita dahulu saat di dunia dalam keadaan sehat wal ‘afiyat tetapi malah mengabaikan sholat. Yuk dirikan sholat 5 waktu tepat pada waktunya.


Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.