Header Ads

-

Peristiwa Pemberontakan al-Kanz di Dataran Tinggi Mesir

Peristiwa Pemberontakan al-Kanz di Dataran Tinggi Mesir
Peristiwa Pemberontakan al-Kanz di Dataran Tinggi Mesir

Pada permulaan tahun 570 H, al-Kanz -penguasa dataran tinggi Mesir melakukan pemberontakan. Ia menghimpun pengikutnya yang terdiri dari rakyatnya sendiri, rakyat Sudan, Arab, dan lain-lain. Adalah seorang Emir dari al-Shalahiyyah di dalam unit pasukannya -yang merupakan adik laki-laki dari Raja Abu al-Hayja’ al-Samin- dibunuh oleh al-Kanz.
Pembunuhannya kemudian menjadi masalah serius bagi kakaknya yang termasuk di antara pemimpin terbesar dan pemberani. Ia pun bergerak untuk menuntut balas terhadap al-Kanz. Lalu Shalahuddin segera mengerahkan bersamanya beberapa orang emir dan tentara yang banyak. Sampailah mereka ke kota Thawd. Para pemberontak bersembunyi di kota kecil ini. Pasukan Shalahuddin pun memerangi mereka hingga menang. Pihak pemberontak banyak yang terbunuh.

Mereka terhina setelah mengecap kejayaan. Mereka berhasil ditaklukkan dan dikalahkan. Setelah urusan di Thawd diselesaikan, pasukan lalu bergerak menuju al-Kanz. Dengan kesombongan dan sikap tiraniknya, al-Kanz menolak menyerah. Ia pun akhirnya diperangi dan terbunuh bersama para pengikutnya. Setelah kekalahan al-Kanz tersebut, kota ini menjadi tenang, dan warganya pun merasa aman dan tenteram.

Sumber : Salahuddin Al-Ayyubi karya Ibnu Al-Atsir

No comments

Powered by Blogger.