Benarkah Para Murid Menyembah Yesus?


Ilustrasi
Ilustrasi

Orang-orang Kristen tidak berhenti berpendapat bahwasannya Yesus Kristus adalah tuhan. Mereka terus saja memaksa bahwa Yesus Kristus merupakan tuhan sehingga mereka menyembahnya. Padahal ayat-ayat di Alkitab sudah jelas sekali bahwa Yesus itu hanyalah seorang utusan dan yang diajarkan Yesus adalah ketauhidan, yakni hanya menyembah Allah semata. Akan tetapi orang-orang Kristen tampaknya tidak lagi mengikuti Yesus, karena mereka hampir seluruhnya menjadi pengikut setia Paulus yang ajarannya sangat bertolak belakang dengan Yesus. Maka dari itu saat ini orang-orang Kristen sudah sangat tersesat dan sangat jauh dari Yesus Kristus yang mereka jadikan sebagai tuhan.

(Baca Juga : Benarkah Yesus Tuhan?)

Saya kemarin melihat di website Kristen, di sana saya melihat penjelasan mereka mengenai ketuhanan Yesus. Di website tersebut dijelaskan mengenai tuduhan umat Islam dan orang-orang bahwa tidak adanya dalil ketuhanan Yesus di Alkitab, maka mereka pun melampirkan ayat-ayat di Alkitab yang menyebutkan bahwa banyak orang termasuk para murid Yesus yang menyembah Yesus. Ayat-Ayat Alkitab yang dimaksud adalah sebagai berikut,

Maka datanglah seorang yang sakit kusta kepada-Nya, lalu sujud menyembah Dia dan berkata: "Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku." (Matius 8 : 2)

Dan orang-orang yang ada di perahu menyembah Dia, katanya: "Sesungguhnya Engkau Anak Allah." (Matius 14 : 33)

Ketika ia melihat Yesus dari jauh, berlarilah ia mendapatkan-Nya lalu menyembah-Nya, (Markus 5 : 6)

Mereka sujud menyembah kepada-Nya, lalu mereka pulang ke Yerusalem dengan sangat bersukacita. (Lukas 24 : 52)

Katanya: "Aku percaya, Tuhan!" Lalu ia sujud menyembah-Nya. (Yohanes 9 : 38)

(Baca Juga : Ayat Kontradiksi Alkitab)

Lalu benarkah mereka yang disebutkan Alkitab di atas benar-benar menyembah Yesus layaknya Yesus itu tuhan? Jawabannya adalah tidak. Kenapa? Alasan pertama adalah tidak selamanya kata “menyembah” itu bermakna penghambaan terhadap tuhan. Misalnya Si Fulan “menyembah harta”. Apakah Harta itu tuhan? Tentu saja tidak. Maksudnya adalah karena kecintaan si Fulan yang begitu besar dan dalam terhadap harta sampai-sampai tidak bisa hidup tanpa harta sehingga menyebabkan si Fulan disebut sebagai penyembah harta. Contoh lainnya adalah “menuhankan hawa nafsu”. Apakah hawa nafsu itu tuhan? Tentu saja tidak. Maksud kata “menuhankan hawa nafsu” di sini adalah karena si Fulan selalu mementingkan hawa nafsunya saja dan mengabaikan hal lainnya sehingga dikatakan Fulan menuhankan hawa nafsu.

Hal itu juga yang berlaku kepada para murid Yesus ataupun orang-orang di Alkitab yang “menyembah” Yesus. Mereka “menyembah” dalam arti kata kecintaan mereka yang begitu besar sampai-sampai rela mati demi melindungi Yesus, mereka rela mati demi menegakkan ketauhidan dan rela mati demi menegakkan ajarannya bahwa Allah itu Maha Esa dan tidak ada tuhan selain Allah. Mereka bukanlah “menyembah” dalam arti kata penghambaan terhadap tuhan. Hal ini juga diperkuat alasan kedua di bawah ini.

Alasan yang kedua adalah Yesus tidak pernah menyatakan dirinya tuhan dan tidak pernah menyuruh orang untuk menyembahnya. Justru sebaliknya, Yesus menyuruh umatnya untuk menyembah Allah semata, yaitu Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Lalu seorang ahli Taurat, yang mendengar Yesus dan orang-orang Saduki bersoal jawab dan tahu, bahwa Yesus memberi jawab yang tepat kepada orang-orang itu, datang kepada-Nya dan bertanya: "Hukum manakah yang paling utama?" Jawab Yesus: "Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa. (Markus 12 : 28-29)

Ayat lainnya adalah,

Maka berkatalah Yesus kepadanya: "Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!" (Matius 4 : 10)

Tidak pernah sekalipun Yesus mengatakan di Alkitab “Akulah Tuhan” atau “Sembahlah aku”, tetapi yang ada mengatakan hal seperti itu di Alkitab adalah Allah (Tuhan). Sebagaimana yang terdapat di kitab Yesaya

Akulah TUHAN dan tidak ada yang lain; kecuali Aku tidak ada Allah. Aku telah mempersenjatai engkau, sekalipun engkau tidak mengenal Aku, supaya orang tahu dari terbitnya matahari sampai terbenamnya, bahwa tidak ada yang lain di luar Aku. Akulah TUHAN dan tidak ada yang lain, (Yesaya 45 : 5-6)

Yesus sendiri yang menyatakan bahwa dia adalah seorang utusan Bapa (Allah) alias seorang nabi.

Sebab Aku berkata-kata bukan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang mengutus Aku, Dialah yang memerintahkan Aku untuk mengatakan apa yang harus Aku katakan dan Aku sampaikan. Dan Aku tahu, bahwa perintah-Nya itu adalah hidup yang kekal. Jadi apa yang Aku katakan, Aku menyampaikannya sebagaimana yang difirmankan oleh Bapa kepada-Ku." (Yohanes 12 : 49-50)

dan jikalau Aku menghakimi, maka penghakiman-Ku itu benar, sebab Aku tidak seorang diri, tetapi Aku bersama dengan Dia yang mengutus Aku. (Yohanes 8 : 16)

Jadi sudah jelas bahwasannya para murid Yesus tidak pernah menyembah Yesus dan Yesus pun tidak pernah memerintahkan umatnya untuk menyembahnya. Akan tetapi hampir seluruh orang-orang Kristen di dunia ini tidak mengikuti ajaran Yesus lagi, mereka mengikuti ajaran Paulus yang telah memanipulasi ajaran Yesus Kristus 180 derajat. Pesan saya ikutilah Yesus dan patuhilah apa yang diperintahkannya, maka dengan izin Allah kalian akan lebih dekat dengan kebenaran yaitu Islam.

(Baca Juga : Yesus Tuhan Atau Nabi?)

Semoga Allah memberi hidayah kepada orang-orang Kristen agar masuk Islam.
Share on Google Plus

- Yusri Triadi

liputanalquran.com
    Blogger Comment
    Facebook Comment

9 komentar:

  1. Bener bgt sih,klw Yesus itu Tuhan pastilah ia menyuruh murid-muridnya untuk menyembahnya dan memberi jadwal menyembah kpn waktu yg tepat untuk menyembah ya kan??????

    ReplyDelete
  2. 🤣🤣🤣

    Berdoa boleh kemana saja bro !
    Orang biasa meninggal dunia aja kita doakan, kenapa Yesus tidak boleh ? Memangnya dia punya dosa apa ?

    Bro !
    Pernah tidak Allah suruh kita sembah dia ? Kita itu bersyukur, berterima kasih karena sesuatu jasa yang sangat luar biasa !

    Tuhan kan Yesus ? Nurutin Paulus ?
    Ah~ Sok tahu kamu !

    Orang bisa Tuhan kan patung dan menyembahnya. Kenapa tidak boleh Tuhan kan Yesus ?

    Lagipula, Tuhan itu bukan Allah dan Allah itu bukan Tuhan. Kita mau sembah apa juga boleh-bolehnya kita bro ! Peraturan dalam 10 perintah Allah, tidak ada tertulis tidak boleh menyembah Tuhan.

    Yang tertulis :
    1. Hanya 1 Allah jangan mendua.
    2. Jangan mengucap Tuhan sembarangan.
    3. Jangan menyembah berhala.
    .... Sampai 10.

    Kita pilih Tuhan bukan sembarangan pilih bro. Yesus pernah lahir di bumi, dia mengerti hati manusia. Yesus juga penuh kasih. Yesus juga sudah terangkat ke Surga. Yesus juga mampu bernubuat diluar nalar manusia, berarti memiliki roh ke-Tuhan-an. SUDAH PILIHAN TERBAIK BRO.

    Malas aku tulis isi Alkitab di komentar, bisa panjang sebulan di baca gak beres-beres. 🤣🤣🤭

    ReplyDelete
    Replies
    1. "Tuhan" kok bisa lapar?"Tuhan" kok dilahirkan lewat kemaluan seorang wanita?"Tuhan" kok berdoa pada tuhan?"tuhan"kok bisa disiksa n dibunuh manusia?"Tuhan"kok ga bisa membela dirinya sendiri ketika disiksa makhluk -Nya?"tuhan"kok mempunyai ibu?kalo Yesus itu Tuhan terus ibunya siapa?emaknya tuhan?knp ga sekalian emaknya aja yg disembah knp harus anaknya? kalian mengakui Yesus itu Tuhan,tapi bisa ya ibadah beda2 ada katolik,protestan,Advent, Pantekosta,dll..n masing2 jama'ah nya ga bisa saling masuk gereja Kristen yg berbeda2 itu..gmn ni?jdi Nyang bener Kristen mana ni?🤣..Islam aja walupun bnyk berbeda,masih bisa sholat di mesjid manapun kecuali Syi'ah n Ahmadiyah..krna mereka memang bukan islam,...
      Gereja ada yg mengharamkan babi,ada jug yg bolehkah babi...kok ga ada yg sama katanya sama2 ajaran "tuhan" Yesus..dari situ aja harus kalian sdh sadar kekeliruan n kejanggalan tentang kristen

      Delete
  3. Jangan bilang Allah suruh kita sembah Dia dari tulisan a, b, c, d blah... Blah... Blah...

    Pernah Allah mengetuk hati lalu bilang "Sembah Aku Dong ?", Gak pernah bro ! Allah tidak pernah suruh kita sembah Dia ? Terus ngapain kita sembah Allah ?

    Sama saja bro !
    Banyak orang meninggal dunia bilang "jangan sembahyang kubur-ku.", Buktinya pada sembahyang. Kenapa ?

    Kita sembahyang Yesus tidak melanggar perintah mana pun. Memangnya pernah Yesus bilang "Jangan sembah Aku !". Gak pernah bro ! Kita turutin ajaran dan kasihnya, kita gak melanggar apapun bro.

    🤣🤣🤭

    ReplyDelete
  4. Maksud aku bro.

    Namanya tulisan bisa saja sebuah karangan bebas.

    Allah pernah bilang dari tulisan si a. Yakin itu jujur dia tulis karena Allah yang bicara ? Yakin ada manusia melebihi malaikat ?

    🤭🤭🤭

    ReplyDelete
  5. Kalau ada manusia melebihi malaikat namanya apa bro ?

    TUHAN !

    ReplyDelete
  6. @franciscus fredy.
    Semua ciptaan Allah Ta'ala, wajib tunduk,takluk padaNya, termasuk jin dan manusia sekalipun, harus menyembah Allah Ta'ala.

    ReplyDelete