Header Ads

-

Cara Allah Menghidupkan Orang Yang Mati Melalui Kisah Nabi Ibrahim

Allah
Allah

Sebagai hamba Allah, sudah seharusnya kita taat kepada-Nya, menjalankan segala yang diperintahkan-Nya dan menjauhi dari segala yang dilarang-Nya. Dialah Allah Yang Maha Hidup, Yang Maha Esa, Yang Maha Kuasa, Dialah Allah yang tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Dia, Dialah Allah Yang Maha Menghidupkan dan Maha Mematikan

Kepunyaan-Nyalah kerajaan langit dan bumi, Dia menghidupkan dan mematikan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. (Q.S. Al-Hadiid : 2)


(Baca Juga : Fakta Tentang Kematian)

Kepunyaan-Nyalah segala yang ada di kerajaan langit dan bumi ini, Dialah Raja dari segala raja di muka bumi ini, tidak ada yang bisa mengalahkan-Nya dan tidak ada yang bisa setara dengan-Nya. Allah Ta’ala adalah Dzat Yang Maha Menghidupkan dan Maha Mematikan, menghidupkan dan mematikan makhluk-Nya adalah sangat mudah bagi-Nya, tidak ada yang sulit bagi-Nya.

Dan Dialah yang menciptakan (manusia) dari permulaan, kemudian mengembalikan (menghidupkan)nya kembali, dan menghidupkan kembali itu adalah lebih mudah bagi-Nya. Dan bagi-Nyalah sifat yang Maha Tinggi di langit dan di bumi; dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (Q.S. Ar-Ruum : 27)


Di dalam Al-Quran, Allah Subhanahu Wa Ta’ala menggambarkan bagaimana caranya Dia menghidupkan orang yang sudah mati. Melalui kisah Nabi Ibrahim ‘Alaihissalam ketika dia mengutarakan pertanyaannya bagaimana Allah menghidupkan orang yang mati.

(Baca Juga : Ayat-Ayat Al-Quran Tentang Matahari)

Dan (ingatlah) ketika Ibrahim berkata: "Ya Tuhanku, perlihatkanlah kepadaku bagaimana Engkau menghidupkan orang-orang mati." Allah berfirman: "Belum yakinkah kamu ?" Ibrahim menjawab: "Aku telah meyakinkannya, akan tetapi agar hatiku tetap mantap (dengan imanku) Allah berfirman: "(Kalau demikian) ambillah empat ekor burung, lalu cincanglah semuanya olehmu. (Allah berfirman): "Lalu letakkan diatas tiap-tiap satu bukit satu bagian dari bagian-bagian itu, kemudian panggillah mereka, niscaya mereka datang kepadamu dengan segera." Dan ketahuilah bahwa Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (Q.S. Al-Baqarah : 260)

Jadi Nabi Ibrahim ‘Alaihissalam bertanya kepada Allah bagaimana Dia menghidupkan orang yang telah mati. Allah Subhanahu Wa Ta’ala menjawab dan menyatakan apakah dia belum percaya. Kemudian Nabi Ibrahim ‘Alaihissalam menjawab bahwa dia bukan tidak percaya, tetapi agar imannya lebih mantap dan lebih sempurna lagi. Maka Allah memberikan pengajaran kepadanya, yaitu dengan menyuruh Nabi Ibrahim ‘Alaihissalam untuk mencari 4 ekor burung, kemudian disuruhlah beliau untuk merawatnya dan melatihnya agar bisa datang cepat dengan satu panggilan. Setelah itu Allah Ta’ala menyuruh kekasih-Nya itu untuk mencincang keempat burung itu dan meletakkannya 4 ekor di 4 bukit yang berbeda, jadi 1 bukit ada 1 ekor burung yang telah mati. Kemudian Allah Ta’ala memerintahkan Nabi Ibrahim ‘Alaihissalam untuk memanggilnya. Lalu datanglah keempat ekor burung tadi dalam keadaan hidup. Jadi begitulah Allah menghidupkan orang-orang yang mati, cukup dengan memanggilnya saja dengan suatu kalimat maka mereka pasti hidup kembali.

Jadi itu semua mudah bagi Allah Subhanahu Wa Ta’ala, Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu, Dia melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang dikehendaki-Nya.

Atau patutkah mereka mengambil pelindung-pelindung selain Allah? Maka Allah, Dialah pelindung (yang sebenarnya) dan Dia menghidupkan orang- orang yang mati, dan Dia adalah Maha Kuasa atas segala sesuatu. (Q.S. Asy-Syuura : 9)


Maka dari itu mari kita memantapkan iman kita lebih lagi setelah melihat kisah ini, karena Dzat yang berhak disembah hanya Allah Subhanahu Wa Ta’ala Yang Maha Menghidupkan dan Maha Mematikan.

(Baca Juga : Ayat-Ayat Al-Quran Tentang Ilmu Sejarah)

Semoga bermanfaat.

16 comments:

  1. thanks infonya gan,bermanfaat banget :D

    ReplyDelete
  2. Lebih tingkatkan iman lagi.. Dan rajin2 ibadah :)

    ReplyDelete
  3. semoga kita sebagai manusia tetap bisa menjalankan apa yang diperintah oleh Allah, dan menjauhi laranggannya

    ReplyDelete
  4. Subhanallah gan, terima kasih infonya Nambah2 Ilmu... hehe

    ReplyDelete
  5. Melihat kembali sejarah pada jaman ibrahim banyak pljaran yang bisa kita petik dari sana..

    ReplyDelete
  6. subhanallah sungguh keajaiban hanya milik allah swt, nice infonya

    ReplyDelete

Powered by Blogger.