Header Ads

-

Inilah Tujuh Huruf Hijaiyah Yang Tidak Terdapat di Surah Al-Fatihah



Huruf Hijaiyah
Huruf Hijaiyah


Sesungguhnya Al-Quran itu diturunkan Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam bahasa Arab. Berbeda dengan kitab-kitab samawi yang lainnya, karena Al-Quran itu istimewa, Kitab yang Allah Subhanahu Wa Ta’ala khususkan untuk umatnya, Kitab yang membimbing umat manusia ke jalan Allah yang benar, Kitab petunjuk, Kitab yang mulia.

Dan apabila kamu tidak membawa suatu ayat Al-Quran kepada mereka, mereka berkata: "Mengapa tidak kamu buat sendiri ayat itu?" Katakanlah: "Sesungguhnya aku hanya mengikut apa yang diwahyukan dari Tuhanku kepadaku. Al-Quran ini adalah bukti-bukti yang nyata dari Tuhanmu, petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman." (Q.S. Al-A’raaf : 203)

(Baca Juga : Keutamaan Surga Firdaus)

Al-Quran diturunkan dengan bahasa Arab yang sempurna, bahasa Arab yang tidak ada kecacatan di dalamnya

(Ialah) Al-Quran dalam bahasa Arab yang tidak ada kebengkokan (di dalamnya) supaya mereka bertakwa. (Q.S. Az-Zumar : 28)

Alasan Al-Quran diturunkan dalam bahasa Arab salah satunya ialah bahasa Arab ini bahasa yang luar biasa, memiliki konjugasi yang sangat luas sekali, bahkan dapat mencapai 3000 bentuk perubahan, yang mana tidak bisa ditandingi oleh bahasa lainnya di muka bumi ini. Allah juga menjelaskan bahwasannya Al-Quran diturunkan dalam bahasa Arab agar kita memahami isi kandungannya.

Sesungguhnya Kami menjadikan Al-Quran dalam bahasa Arab supaya kamu memahami(nya). (Q.S. Az-Zukhruf : 3)
Al-Quran dimulai dengan Surah Al-Fatihah dan diakhiri dengan Surah An-Naas berdasarkan petunjuk dari Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Berbicara mengenai Al-Fatihah, ternyata ada huruf yang tidak terdapat di dalam surah Al-Fatihah ini. Seperti yang kita ketahui ada total 29 atau 30 huruf hijaiyah di dalam bahasa Arab, karena ada yang menggolongkan lam alif masuk ke dalam huruf hijaiyah dan ada juga yang tidak. Dari total huruf hijaiyah tersebut, ada 7 huruf hijaiyah yang tidak ada di dalam Al-Fatihah, artinya ketujuh huruf ini tidak akan pernah kita ucapkan dan baca saat membaca ataupun mendengarkan Surah Al-Fatihah. Apa sajakah ketujuh huruf tersebut?

Tsa = ث
Jim = ج
Kho = خ
Zai = ز
Syin = ش
Dzho = ظ
Fa = ف

Jadi, ketujuh huruf di atas tidak kita temukan di dalam Surah Al-Fatihah. Kenapa? Hanya Allah yang tahu persis apa maksud dan tujuannya, akan tetapi tentu saja ini memiliki hikmah dan keutamaan yang luar biasa sekali. Karena tiada sesuatu pun di langit dan di bumi ini kecuali ada hikmah yang terkandung di dalamnya.

Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya tanpa hikmah… (Q.S.  Shaad : 27)

Tetapi ada juga buku yang menjelaskan rahasia dibalik tidak terdapatnya ketujuh huruf ini, akan tetapi mari kita serahkan urusan itu hanya kepada Allah Ta’ala, Tuhan Yang Mengetahui yang ghaib dan yang nyata.
Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.