Header Ads

-

Ayat-Ayat Al-Quran Tentang Ilmu Fisika


Ilmu Fisika
Ilmu Fisika

Siapa yang tidak mengenal fisika? Fisika adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan dan menjadi pelajaran bagi siswa SMP dan SMA. Fisika adalah ilmu pengetahuan yang banyak membahas tentang benda mati dan gejala alam. Di dalam Al-Quran banyak sekali ayat-ayat yang menjelaskan tentang fisika, untuk selengkapnya mari kita simak tulisan ini.

Al-Quran membahas tentang fatamorgana

Dan orang-orang kafir amal-amal mereka adalah laksana fatamorgana di tanah yang datar, yang disangka air oleh orang-orang yang dahaga, tetapi bila didatanginya air itu dia tidak mendapatinya sesuatu apapun. Dan didapatinya (ketetapan) Allah disisinya, lalu Allah memberikan kepadanya perhitungan amal-amal dengan cukup dan Allah adalah sangat cepat perhitungan-Nya. (Q.S. An-Nuur : 39)

Ayat di atas membahas tentang amalan orang-orang kafir yang diibaratkan sebagai fatamorgana.
Al-Quran membahas tentang bayangan

Apakah kamu tidak memperhatikan (penciptaan) Tuhanmu, bagaimana Dia memanjangkan (dan memendekkan) bayang-bayang dan kalau Dia menghendaki niscaya Dia menjadikan tetap bayang-bayang itu, kemudian Kami jadikan matahari sebagai petunjuk atas bayang-bayang itu, kemudian Kami menarik bayang-bayang itu kepada kami dengan tarikan yang perlahan-lahan. (Q.S. Al-Furqaan : 45-46)

Pembahasan bayangan di dalam Fisika banyak dibahas dalam Bab “Cahaya” dan “Alat Optik”

Al-Quran membahas tentang pengukuran

Allah mengetahui apa yang dikandung oleh setiap perempuan, dan kandungan rahim yang kurang sempurna dan yang bertambah. Dan segala sesuatu pada sisi-Nya ada ukurannya. (Q.S. Ar-Ra’d : 8)

Siapa saja pasti tidak menduga bahwa Al-Quran membahas pengukuran yang merupakan salah satu pembahasan dasar Fisika.
Al-Quran membahas tentang gaya gravitasi

Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji-pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfudz)" (Q.S. Al-An’aam : 59)

Ayat di atas menjelaskan tentang daun yang gugur dan sebutir biji yang jatuh, ini merupakan salah satu pengaruh gaya gravitasi bumi yang menyebabkan segala benda akan jatuh ke bawah. Gaya gravitasi sangat fenomenal di dunia Fisika dan dikemukakan oleh ilmuwan Fisika Isaac Newton.

Al-Quran membahas tentang didihnya suatu air

Inilah dua golongan (golongan mukmin dan golongan kafir) yang bertengkar, mereka saling bertengkar mengenai Tuhan mereka. Maka orang kafir akan dibuatkan untuk mereka pakaian-pakaian dari api neraka. Disiramkan air yang sedang mendidih ke atas kepala mereka. (Q.S. Al-Hajj : 19)

Kita mengetahui bahwa air yang mendidih disebabkan karena pengaruh suhu yang begitu tinggi dan di Al-Quran ini sudah dijelaskan. Jadi para penghuni neraka kelak akan disiramkan air yang sedang mendidih ke atas kepala mereka, berarti air tersebut memiliki tingkat suhu yang sangat tinggi.

Al-Quran membahas tentang energi angin

Allah, Dialah yang mengirim angin, lalu angin itu menggerakkan awan dan Allah membentangkannya di langit menurut yang dikehendaki-Nya, dan menjadikannya bergumpal-gumpal; lalu kamu lihat hujan keluar dari celah-celahnya, maka apabila hujan itu turun mengenai hamba-hamba-Nya yang dikehendakiNya, tiba-tiba mereka menjadi gembira. (Q.S. Ar-Ruum : 48)

Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha. Ayat di atas menjelaskan bahwa angin menggerakkan awan, hal ini membuktikan bahwa angin memiliki energi yang biasa kita sebut energi angin.

Al-Quran membahas tentang gaya tarikan

Dan keduanya berlomba-lomba menuju pintu dan wanita itu menarik baju gamis Yusuf dari belakang hingga koyak dan kedua-duanya mendapati suami wanita itu di muka pintu. Wanita itu berkata: "Apakah pembalasan terhadap orang yang bermaksud berbuat serong dengan isterimu, selain dipenjarakan atau (dihukum) dengan azab yang pedih?" (Q.S. Yusuf : 25)

Ayat di atas menjelaskan bahwa “wanita menarik baju gamis Yusuf dari belakang hingga koyak.” Secara tidak langsung ini menjelaskan tentang adanya gaya tarikan yang menyebabkan baju tersebut koyak.

Dan masih banyak lagi ayat-ayat Al-Quran lainnya yang membahas tentang Fisika, kiranya pembahasan singkat ini dapat bermanfaat bagi banyak orang dan semakin menumbuhkan kecintaan kita kepada Al-Quranul Karim. Al-Quran bukan hanya sekedar kitab biasa, akan tetapi juga bisa sebagai sumber ilmu pengetahuan yang luar biasa, karena datang dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala, Tuhan semesta alam.
Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.