Mengapa Banyak Ayat Alkitab yang Menggunakan Kata “Kira-Kira”?


Alkitab
Alkitab

Umat Kristen meyakini bahwasannya Alkitab adalah kumpulan firman-firman Tuhan. Sehingga konsokuensi dari firman Tuhan adalah lolos dari kesalahan dan kekurangan sedikitpun, karena kalau itu kitab yang berasal dari Tuhan maka Tuhan akan menjaganya dengan penjagaan-Nya. Tuhan tentu saja Maha Mengetahui, Dialah Yang menjadikan alam jagad raya ini, tidak ada yang tidak diketahui-Nya di alam semesta ini, baik itu perkara ghaib maupun yang nyata, maka dari itu Dia Maha Mengetahui. Akan tetapi jikalau kita lihat di dalam Alkitab mengapa banyak sekali kita temukan kata “kira-kira”. Pernyataan “kira-kira” membuktikan bahwa itu tidak pasti misalnya jumlah siswa di SMA X kira-kira 600 orang, itu berarti yang mengatakan kira-kira itu tidak tahu pasti berapa banyak jumlah siswa di SMA X. Mari kita simak berbagai ayat di bawah ini

Kitab Kejadian
Bani Lewi melakukan seperti yang dikatakan Musa dan pada hari itu tewaslah kira-kira tiga ribu orang dari bangsa itu. (Kejadian 32 : 28)
Kitab Bilangan
Lalu bertiuplah angin yang dari TUHAN asalnya; dibawanyalah burung-burung puyuh dari sebelah laut, dan dihamburkannya ke atas tempat perkemahan dan di sekelilingnya, kira-kira sehari perjalanan jauhnya ke segala penjuru, dan kira-kira dua hasta tingginya dari atas muka bumi. (Bilangan 11 : 31)

Kitab Yosua
Kira-kira empat puluh ribu orang yang siap untuk berperang menyeberang di hadapan TUHAN ke dataran Yerikho untuk berperang. (Yosua 4 : 13)

Kitab Hakim-Hakim
Pada waktu itu mereka menewaskan kira-kira sepuluh ribu orang dari Moab, semuanya orang yang tegap dan tangkas, seorangpun tidak ada yang lolos. (Hakim-Hakim 3 : 29)

Kitab Rut
Keduanya mengambil perempuan Moab: yang pertama bernama Orpa, yang kedua bernama Rut; dan mereka diam di situ kira-kira sepuluh tahun lamanya. (Rut 1 : 4)

Kitab 1 Samuel
Orang Filistin mengatur barisannya berhadapan dengan orang Israel. Ketika pertempuran menghebat, terpukullah kalah orang Israel oleh orang Filistin, yang menewaskan kira-kira empat ribu orang di medan pertempuran itu. (1 Samuel 4 : 2)

Kitab 1 Raja-Raja
Lalu raja Israel mengumpulkan para nabi, kira-kira empat ratus orang banyaknya, kemudian bertanyalah ia kepada mereka: "Apakah aku boleh pergi berperang melawan Ramot-Gilead atau aku membatalkannya?" Jawab mereka: "Majulah! Tuhan akan menyerahkannya ke dalam tangan raja." (1 Raja-Raja 22 : 6)

Kitab 2 Raja-Raja
Lalu berkatalah Elisa: "Dengarlah firman TUHAN. Beginilah firman TUHAN: Besok kira-kira waktu ini sesukat tepung yang terbaik akan berharga sesyikal dan dua sukat jelai akan berharga sesyikal di pintu gerbang Samaria." (2 Raja-Raja 7 : 1)

(Baca Juga : Benarkah Yesus Tuhan?)

Kitab 2 Tawarikh
Beberapa waktu berselang, kira-kira sesudah lewat dua tahun, keluarlah ususnya karena penyakitnya itu, lalu ia mati dengan penderitaan yang hebat. Rakyatnya tidak menyalakan api baginya seperti yang diperbuat mereka bagi nenek moyangnya. (2 Tawarikh 21 : 19)

Kitab Yehezkiel
Kemudian dibawa-Nya aku ke pelataran dalam rumah TUHAN; sungguh, dekat jalan masuk ke bait TUHAN, di antara balai Bait Suci dan mezbah ada kira-kira dua puluh lima orang laki-laki, yang membelakangi bait TUHAN dan menghadap ke sebelah timur sambil sujud pada matahari di sebelah timur. (Yehezkiel 8 : 16)

Kitab Matius
Kira-kira jam tiga malam datanglah Yesus kepada mereka berjalan di atas air. (Matius 14 : 25)

Kitab Markus
Mereka itu ada kira-kira empat ribu orang. Lalu Yesus menyuruh mereka pulang. (Markus 8 : 9)

Kitab Lukas
Dan Maria tinggal kira-kira tiga bulan lamanya bersama dengan Elisabet, lalu pulang kembali ke rumahnya.  (Lukas 1 : 56)

Kitab Yohanes
Ia berkata kepada mereka: "Marilah dan kamu akan melihatnya." Merekapun datang dan melihat di mana Ia tinggal, dan hari itu mereka tinggal bersama-sama dengan Dia; waktu itu kira-kira pukul empat. (Yohanes 1 : 39)

Kitab Kisah Para Rasul
Pada hari-hari itu berdirilah Petrus di tengah-tengah saudara-saudara yang sedang berkumpul itu, kira-kira seratus dua puluh orang banyaknya, lalu berkata: (Kisah Para Rasul 1 : 15)

Kitab Roma
Imannya tidak menjadi lemah, walaupun ia mengetahui, bahwa tubuhnya sudah sangat lemah, karena usianya telah kira-kira seratus tahun, dan bahwa rahim Sara telah tertutup. (Roma 4 : 19)

Kitab Wahyu
Dan ketika Anak Domba itu membuka meterai yang ketujuh, maka sunyi senyaplah di sorga, kira-kira setengah jam lamanya. (Wahyu 8 : 1)

Jadi ada 17 Kitab yang berisi kata “kira-kira”, sebenarnya dalam satu kitab ada yang terdapat lebih dari satu kata “kira-kira”, akan tetapi saya hanya mengutip satu ayat saja per kitabnya karena 1 saja cukup mewakili semuanya. Kalau dihitung total semuanya sangat banyak, baik di Perjanjian Lama ataupun Perjanjian Baru, bahkan di dalam kelima kitab Taurat dan keempat kitab Injil juga banyak.

Sekali lagi yang ingin saya jelaskan adalah kata “kira-kira” menunjukkan ketidakpastian dan ketidaktahuan secara pasti, apakah Tuhan tidak mengetahui pasti apa yang terjadi? Apakah Tuhan tidak mengetahui secara detail apa yang ada di langit dan di bumi ini? Bukankah Alkitab adalah firman Tuhan? Bukankah penulisan Alkitab diilhami oleh Roh Kudus yang diyakini oleh umat Kristen sebagai Tuhan? Mari fikirkan itu wahai saudara-saudaraku yang Kristen.

Saya katakan bahwa Alkitab itu bukanlah firman Tuhan, karena jikalau firman Tuhan maka tidak akan ada kata “kira-kira”. Kalau masalah pada penulisan Alkitab berarti Roh Kudus tidak tahu pasti mengenai suatu perkara, karena Roh Kudus sebagai Tuhan seharusnya tahu. Sedangkan kalau memang Roh Kudus itu Tuhan maka seharusnya Dia Maha Mengetahui. Mari kita coba berfikir secara ilmiah, logis, terbuka dan menggunakan nalar. Sedangkan kebalikan dari itu semua, Al-Quran tidak pernah memuat kata “kira-kira” karena memang Al-Quran benar-benar firman Tuhan dan Tuhan sendiri yang berjanji bahwa Dia akan menjaga Al-Quran.

(Baca Juga : Ayat Al-Quran Tentang Ilmu Astronomi)

Semoga Allah memberi hidayah kepada orang-orang Kristen untuk masuk Islam.
Share on Google Plus

- Yusri Triadi

liputanalquran.com
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment