Header Ads

-

Permasalahan “Nabi Muhammad Punya Banyak Istri”


Masjid Nabawi
Masjid Nabawi
Orang-orang kafir, terutama orang-orang Kristen sering kali mempermasalahkan hidup Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dan yang sering mereka protes adalah banyaknya istri beliau. Mereka mengatakan bahwa Muhammad itu adalah orang gila, orang yang hanya mementingkan nafsunya belaka, orang yang suka menikah dan lain sebagainya karena memiliki banyak istri. Kami (muslim) mengakui bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam memang mempunyai banyak istri, bahkan 11 istri.

(Baca Juga : Kisah Tafsir Mimpi Nabi Yusuf)

Sekedar pengetahuan, inilah 11 ummahatul mukminin yang pernah menjalin kehidupan bersama Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam,

1. Khadijah binti Khuwailid radhyiallahu ‘anha.
2. Saudah binti Zam’ah radhiallahu ’anha.
3. ‘Aisyah binti Abu Bakar Ash-Shiddiq radhiyallahu ‘anha.
4. Hafshah binti Umar radhiyallahu ’anha.
5. Zainab binti Khuzaimah radhiyallahu ‘anha.
6. Ummu Salamah Hindun binti Abu Umayyah Al -Makhzumiyyah radhiyallahu ‘anha.
7. Ummu Habibah Ramlah binti Abu Sufyan radhiyallahu ‘anha.
8. Juwairiyyah binti Al-Harits radhiyallahu ‘anha, nama aslinya Barrah, namun diganti oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjadi Juwairiyyah.
9. Maimunah binti Al-Harits Al-Hilaliyyah radhiyallahu ‘anha.
10. Shafiyyah binti Huyay bin Akhthab radhiyallahu ‘anha.
11. Zainab binti Jahsy radhiyallahu ‘anha.

Lalu ada yang bertanya, “Bukankah di dalam syariat Islam hanya diperbolehkan menikahi perempuan sampai 4 saja?” Jawabannya, “Ya, akan tetapi salah satu syariat yang hanya diperbolehkan untuk Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah beliau boleh menikahi lebih dari 4 istri.” Kenapa bisa begitu? Perlu untuk diketahui bahwa Nabi Muhammad tidak mungkin melakukan sesuatu berdasarkan hawa nafsunya, berdasarkan keinginannya pribadi ataupun untuk kesenangan pribadinya, akan tetapi semua tingkah laku perbuatannya berdasarkan wahyu dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

(Baca Juga : Begitu Cintanya Nabi Muhammad Kepada Kita)

Jadi pernikahan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan para 11 istrinya didasarkan oleh wahyu yang beliau terima.

kawanmu (Muhammad) tidak sesat dan tidak pula keliru. dan tiadalah yang diucapkannya itu (Al-Quran) menurut kemauan hawa nafsunya. Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya). (Q.S. An-Najm : 2-4)

Siapa saja orang yang mempelajari sejarah hidup dan dakwah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan benar akan memahami dan mengambil kesimpulan bahwa pernikahan yang dilakukan beliau sarat dengan tujuan yang mendukung dakwah Islam.  Akan tetapi mau bagaimana pun juga penjelasan yang akan diberikan, orang-orang kafir terutama orang-orang Kristen tetap saja protes karena menganggap bahwa Nabi Muhammad itu orang gila dan mementingkan hawa nafsunya. Apakah mereka tidak membuka kitab mereka? Apakah mereka tidak tahu bahwa Salomo (Nabi Sulaiman) disebutkan memiliki 700 istri dan 300 gundik?

Ia mempunyai tujuh ratus isteri dari kaum bangsawan dan tiga ratus gundik; isteri-isterinya itu menarik hatinya dari pada TUHAN. (1 Raja-Raja 11 : 3)

Bahkan ayah Salomo sekaligus kakek buyut dari Yesus yaitu Daud disebutkan memiliki banyak istri dan 10 gundik.

Sampailah Daud ke istananya di Yerusalem, lalu raja mengambil kesepuluh gundik yang ditinggalkannya untuk menunggui istana, kemudian dimasukkannya mereka dalam sebuah rumah di bawah penjagaan. Ia memelihara mereka, tetapi tidak dihampirinya. Mereka tetap terasing seperti janda sampai hari mati mereka. (2 Samuel 20 : 3)

Beberapa istri Daud yang terkenal adalah Abigail dari Karmel, Batsyua dan Mikhal (anak perempuan Saul).

Apa itu gundik? Menurut KBBI gundik berarti istri tidak resmi atau bisa juga disebut selir. Tidak cukup sampai disitu, Alkitab juga menyebutkan bahwa Abraham memiliki 3 istri, yaitu Sara, Ketura dan Hagar.

Lalu kenapa Salomo yang memiliki 1000 wanita di dalam hidupnya tidak menjadi masalah? Kenapa Daud yang memiliki lebih dari 10 wanita semasa hidupnya tidak diprotes? Kenapa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam yang hanya memiliki 11 istri saja protes? Gunakanlah akal kalian dan jangan gunakan hawa nafsu kalian di dalam mengomentari Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Sekali lagi yang ingin saya tekankan bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak asal menikah seseorang, beliau tidak melihat seorang wanita langsung menikahinya, akan tetapi setiap wanita yang akan dinikahi oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam pasti mendapat perintah dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Jadi semua istri Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dinikahkan berdasarkan wahyu yang beliau terima. Kalau saja Nabi Muhammad mementingkan hawa nafsunya beliau bisa saja menikahi lebih banyak dari 11 wanita dan memiliki selir sebagaimana Salomo yang memiliki 1000 wanita menurut Alkitab. Bahkan ada yang mengatakan bahwa banyak wanita yang ingin menjadi istri Nabi Muhammad akan tetapi tidak dinikahkan oleh beliau, karena apa? Karena beliau tidak mementingkan hawa nafsunya, beliau berbuat dan berkata sesuai dengan wahyu yang diwahyukan Allah kepadanya.
Semoga bermanfaat dan semoga Allah memberi hidayah kepada orang-orang Kristen untuk masuk ke dalam agama Islam.

No comments

Powered by Blogger.