Header Ads

-

Yesus Berjalan di Atas Air Membuktikan Dia Tuhan?


Ilustrasi Yesus Kristus
Ilustrasi Yesus Kristus

Yesus Kristus adalah orang yang sangat penting bagi keimanan orang Kristen. Yesus dianggap tuhan oleh orang-orang Kristen dan merupakan pribadi kedua pada Trinitas/Tritunggal. Menurut orang Kristen Yesus sudah hidup berpuluh-puluh tahun lamanya di muka bumi dan mengajak manusia kepada jalan yang benar. Saya setuju bahwa beliau mengajak kepada jalan kebenaran. Tetapi bukan jalan Trinitas yang dibawanya. Dia juga tidak pernah mengajarkan penuhanan terhadap dirinya. Namun jalan yang dibawanya adalah ajaran ketauhidan, tentang Ketuhanan Allah Yang Maha Esa, bukan satu tuhan dalam tiga pribadi. Tetapi Allah Yang Esa, yang satu dan bukan tiga. Itulah ajaran sebenarnya yang dibawa Yesus.

Umat Islam dan Kristen sepakat bahwa selama hidup di muka bumi Yesus telah melakukan banyak mukjizat. Di dalam keyakinan Islam Yesus pernah menyembuhkan orang berpenyakit sopak, membuat burung dari tanah liat, menghidupkan orang mati, sudah bisa berbicara saat masih bayi dan lain-lain. Sedangkan dalam iman Kristen Yesus pernah menenangkan angin topan, membunuh babi, mengutuk pohon ara, menyembuhkan orang dari berbagai penyakit, menyembuhkan mata orang yang buta, membangkitkan orang yang telah mati, berjalan di atas air dan lain sebagainya. Jadi ada kesamaan tentang mukjizat Yesus dan kami umat Islam tidak memungkiri bahwa Yesus memang melakukan banyak mukjizat. Ini semua dilakukan atas izin Allah untuk membenarkan risalah kenabian yang dibawanya kepada Bani Israel. Itu juga terjadi pada nabi-nabi lainnya seperti Abraham (Ibrahim), Daud (Dawud), Musa dan lainnya.

Pada tulisan kali ini kita akan membahas tentang salah satu mukjizat Yesus yaitu berjalan di atas air. Kisah ini disebutkan dan diceritakan pada 3 kitab Injil, yaitu Matius, Markus dan Yohanes. Hanya Lukas yang tidak membahasnya. Kutipan kisahnya adalah sebagai berikut,

 (Baca Juga : Injil Lukas Menyebutkan Darimana Sumber Injil Berasal)

Kira-kira jam tiga malam datanglah Yesus kepada mereka berjalan di atas air. (Matius 14 : 25)

Ketika Ia melihat betapa payahnya mereka mendayung karena angin sakal, maka kira-kira jam tiga malam Ia datang kepada mereka berjalan di atas air dan Ia hendak melewati mereka. (Markus 6 : 48)

Sesudah mereka mendayung kira-kira dua tiga mil jauhnya, mereka melihat Yesus berjalan di atas air mendekati perahu itu. Maka ketakutanlah mereka. (Yohanes 6 : 19)
Yang menjadi pembahasan adalah apakah mukjizat Yesus berjalan di atas air membuktikan bahwa dia tuhan? Jawabannya tidak. Karena ini mukjizat yang diberikan Bapa kepada Yesus seperti yang dikatakannnya,

"Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. (Matius 28 : 18)

Ada yang mengatakan Yesus berhasil menaklukkan hukum Fisika dengan berjalan di atas air. Ada yang mengatakan Yesus berhasil memukau banyak orang dengan berjalan di lautan yang luas. Bukankah ini membuktikan ketuhanannya? Bukankah hanya Yesus yang pernah melakukan hal yang luar biasa ini? Jawabannya sederhana, kalau memang mukjizat ya memang luar biasa dan tidak masuk logika. Pengertian mukjizat saja suatu peristiwa yang tidak masuk akal dan logika yang hanya bisa dilakukan oleh orang yang sangat hebat di muka bumi ini.
Jadi semua mukjizat Yesus dan para nabi-nabi lainnya ya tidak masuk akal. Contohnya saja terbelahnya lautan yang dilakukan oleh Nabi Musa dan juga peristiwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam membelah bulan. Ini semua tidak masuk akal akan tetapi memang terjadi. Semua mukjizat yang dilakukan para nabi adalah atas izin Allah, atas kehendak Tuhan, bukan dengan kemampuannya sendiri. Untuk apa mukjizat dilakukan? Untuk membuktikan risalah para nabi, untuk membenarkan ajaran yang mereka bawa dan untuk meyakinkan umatnya bahwa para nabi itu memang utusan Allah. Jadi itulah penjelasan sederhana dan singkatnya. Sekarang sudah jelas bahwa semua mukjizat yang dilakukan Yesus adalah atas izin Sang Bapa dan dilakukan untuk membenarkan ajaran yang dibawanya, bukan untuk membuktikan ketuhanannya.

Semoga Allah memberi hidayah orang-orang Kristen agar masuk Islam.

No comments

Powered by Blogger.