Header Ads

-

Ilmu Kedokteran di Al-Quran



Ilmu Kedokteran di Al-Quran
Ilmu Kedokteran di Al-Quran
Ilmu kedokteran tidak bisa dipisahkan di dunia ini. Perkembangan ilmu kesehatan dan kedokteran menimbulkan manfaat yang begitu banyak sekali. Dengan ilmu kedokteran orang-orang dapat menjadikannya sebagai perantara kesembuhan. Perlu untuk diketahui bahwa Allah adalah Dzat Yang Maha Penyembuh dan Menyembuhkan penyakit, tidaklah Allah turunkan sebuah penyakit kecuali pasti ada obatnya.

apabila aku sakit, Dialah Yang menyembuhkan aku, (Q.S. Asy-Syu’araa’ : 80)


Kalau kita sakit kita meminta kesembuhan kepada Allah karena Dialah yang menyembuhkan kita. Dan sebagai perantaraan penyembuhan bisa dengan ilmu kedokteran, entah itu melalui obat ataupun asupan tertentu. Maka dari itu kesembuhan seseorang itu datang dari Allah, bukan dari siapapun. Untuk itulah sangat menarik jikalau kami membahas tentang ilmu kedokteran di Al-Quran.

Manfaat Madu Bagi Kesehatan Yang Tak Terbantahkan

kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan. (Q.S. An-Nahl : 69)

Madu memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan seperti dapat menghilangkan batuk, meningkatkan daya ingat kita, menghilangkan alergi, meningkatkan stamina, mencegah diabetes bahkan dapat meningkatkan metabolisme tubuh kita.

Manfaat Kurma Bagi Wanita Hamil

Maka Jibril menyerunya dari tempat yang rendah: "Janganlah kamu bersedih hati, sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu. Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu, (Q.S. Maryam : 24-25)

Ayat di atas berkisah tentang pesan Malaikat Jibril kepada Siti Maryam yang saat itu sedang mengandung ‘Isa ‘alaihissalam agar menggoyangkan pangkal pohon kurma sehingga buah kurma tersebut jatuh ke bawah. Banyak sekali manfaat kurma bagi wanita hamil dan menyusui seperti memiliki kandungan Kalium yang merupakan nutrisi gizi untuk ibu hamil, Kalium ini sangat bagus untuk pertumbuhan tulang dan gigi bagi sang calon bayi. Di dalam kurma juga ada karbohidrat yaitu fraktosa dan glukosa yang dapat menambah kekuatan sang calon ibu saat proses kelahiran. Ada juga hormon oksitosin yang dapat memperlancar proses persalinan sang calon bayi dan juga memperlancar ASI.

(Baca Juga : Yahudi Menurut Al-Quran)

Susu Merupakan Minuman Yang Amat Sehat

Dan sesungguhnya pada binatang-binatang ternak, benar-benar terdapat pelajaran yang penting bagi kamu, Kami memberi minum kamu dari air susu yang ada dalam perutnya, dan (juga) pada binatang-binatang ternak itu terdapat faedah yang banyak untuk kamu, dan sebagian daripadanya kamu makan, (Q.S. Al-Mu’minuun : 21)

Susu memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan misalnya sebagai sumber protein dan kalsium, memperbaiki tekanan darah kita, dapat menjaga berat badan kita, dapat menjaga kesehatan gigi dan tulang kita, dapat mengurangi stress dan masih banyak lagi yang lainnya.

Puasa Sangat Menyehatkan Jasmani dan Rohani

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa, (Q.S. Al-Baqarah : 183)

Berpuasa itu sangat menyehatkan, meskipun kita harus menahan kurang lebih 12 jam tidak makan dan tidak mungkin akan tetapi bukan hanya pahala saja yang kita dapatkan, akan tetapi banyak sekali manfaat puasa bagi kesehatan kita. Contohnya adalah dapat meningkatkan fungsi otak, dapat menurunkan berat badan kita, dapat mencegah kita terkena diabetes, menyehatkan ginjal kita, mengurangi darah tinggi dan masih banyak lagi yang lainnya.

Manfaat Besar Menyusui dengan ASI

Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan… (Q.S. Al-Baqarah : 233)

Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu- bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah- tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu. (Q.S. Luqman : 14)

Menyusui anak dengan ASI eksklusif memiliki banyak sekali manfaat, baik itu bagi sang ibu maupun sang anak. Bagi sang ibu, pemberian ASI secara eksklusif dapat menurunkan bobot tubuhnya, dapat mengurangi resiko terkena kanker payudara bahkan dapat mengurangi resiko terkena osteoporosis. Sedangkan manfaat ASI bagi bayi untuk usia 1-6 bulan adalah dapat memperindah kulit, gigi dan bentuk rahangnya, dapat melindungi sang bayi dari berbagai serangan penyakit bahkan merupakan minuman sekaligus makanan terbaik bagi sang baik karena mudah dicerna, higienis dan aman dari berbagai zat berbahaya apalagi pengawet. Untuk bayi yang berusia 7-12 bulan, ASI bermanfaat untuk mengoptimalkan perkembangan fisik maupun mentalnya. Selain itu ASI kolostruk mengandung agen anti virus dan anti bakteri yang dapat melindungi sang bayi dari berbagai penyakit dan masih banyak lagi manfaat-manfaat lainnya.

Itulah berbagai ayat-ayat Al-Quran yang berhubungan dengan ilmu kedokteran dan juga ilmu kesehatan. Tentu saja ini semakin membuktikan kebenaran Al-Quran sehingga semakin jelaslah bahwa Al-Quran itu benar-benar datang dari sisi Allah Jalla Jalaluh dan merupakan firman-firman-Nya.

Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) Kami di segala wilayah bumi dan pada diri mereka sendiri, hingga jelas bagi mereka bahwa Al-Quran itu adalah benar. Tiadakah cukup bahwa sesungguhnya Tuhanmu menjadi saksi atas segala sesuatu? (Q.S. Fushshilat : 53)


Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.