Surah-Surah Yang Menceritakan Nabi Musa


Surah-Surah Yang Menceritakan Nabi Musa
Surah-Surah Yang Menceritakan Nabi Musa

Nabi Musa ‘alaihissalam adalah nabi sekaligus orang yang paling banyak disebut Al-Quran. Nabi Musa ‘alaihissalam juga adalah rasul yang diberikan Taurat dan diutus Allah Tabaraka Wa Ta’ala kepada Bani Israil. Nabi Musa ‘alaihissalam hidup di zaman Fir’aun yang sangat kejam dan hidup tanpa mendapat kasih sayang penuh 100% dari kedua orang tuanya. Bayangkan saja sejak kecilnya Nabi Musa ‘alaihissalam dihanyutkan ibundanya ke Sungai Nil karena takut akan dibunuh Fir’aun. Sang bayi pun berlayar sampai ditemukan oleh istri Fir’aun. Sang istri langsung jatuh cinta kepada Musa kecil saat itu dan meminta kepada Fir’aun agar merawatnya. Yang luar biasanya Fir’aun yang terkenal keras dan kejam takluk dengan permintaan istrinya itu. Alhasil Musa pun dirawat di kerajaan Fir’aun dengan pemeliharaan yang baik sampai dia dewasa. Setelah dewasa Nabi Musa ‘alaihissalam malah berbalik melawan Fir’aun daa berusaha mendakwahi Fir’aun agar kembali kepada jalan yang benar, karena saat itu Fir’aun mengaku bahwa dia adalah tuhan dan tidak menyembah Allah Yang Maha Esa. Jadi atas perintah Allah Ta’ala Nabi Musa ‘alaihissalam pergi bersama saudaranya untuk mendakwahi Fir’aun dan pengikutnya yang tersesat dari jalan Allah.

Itu adalah kisah singkat mengenai Nabi Musa ‘alaihissalam. Di dalam Al-Quran kisah Nabi Musa ‘alaihissalam begitu lengkap dari sejak bayinya, berhasil lolos dari kejaran Fir’aun bahkan sampai kepada kisahnya bermunajat kepada Allah Jalla Jalaluh di bukit Sinai. Semuanya dijelaskan secara lengkap bahkan diulang-ulang di dalam Al-Quranul Karim. Maka dari itu saya tertarik untuk membahas mengenai surah-surah di Al-Quran yang mengisahkan mengenai Nabi Musa ‘alaihissalam. Surah-Surah tersebut ialah,
1. Surah Ad-Dukhaan (Surah ke-44)

Sesungguhnya sebelum mereka telah Kami uji kaum Fir'aun dan telah datang kepada mereka seorang rasul yang mulia, (Q.S. Ad-Dukhaan : 17)

2. Surah Adz-Dzaariyaat (Surah ke-51)

Dan juga pada Musa (terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah) ketika Kami mengutusnya kepada Fir'aun dengan membawa mukjizat yang nyata. (Q.S. Adz-Dzaariyaat : 38)

3. Surah Al-‘Ankabuut (Surah ke-29)

dan (juga) Karun, Fir'aun dan Haman. Dan sesungguhnya telah datang kepada mereka Musa dengan (membawa bukti-bukti) keterangan-keterangan yang nyata. Akan tetapi mereka berlaku sombong di (muka) bumi, dan tiadalah mereka orang-orang yang luput (dari kehancuran itu). (Q.S. Al-‘Ankabuut : 39)

4. Surah Al-A’laa (Surah ke-87)

Pada surah ini memang tidak menceritakan kisah hidup Nabi Musa ‘alaihissalam, tetapi menyebutkan tentang suhuf Nabi Musa.

(yaitu) Kitab-kitab Ibrahim dan Musa. (Q.S. Al-A’laa : 19)

5. Surah Al-A’raaf (Surah ke-7)

Kemudian Kami utus Musa sesudah rasul-rasul itu dengan membawa ayat-ayat Kami kepada Fir'aun dan pemuka-pemuka kaumnya, lalu mereka mengingkari ayat-ayat itu. Maka perhatikanlah bagaimana akibat orang-orang yang membuat kerusakan. (Q.S. Al-A’raaf : 103)

6. Surah Al-Ahqaaf (Surah ke-46)

Pada surah Al-Ahqaaf ini tidak dijelaskan mengenai Kisah Nabi Musa ‘alaihissalam. Tetapi membahas sedikit mengenai kitab Nabi Musa ‘alaihissalam yakni Taurat.

Dan sebelum Al-Quran itu telah ada kitab Musa sebagai petunjuk dan rahmat. Dan ini (Al-Quran) adalah kitab yang membenarkannya dalam bahasa Arab untuk memberi peringatan kepada orang-orang yang zalim dan memberi kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik. (Q.S. Al-Ahqaaf : 12)

7. Surah Al-Ahzaab (Surah ke-33)

Pada surah ini tidak dijelaskan banyak mengenai kisah Nabi Musa ‘alaihissalam, akan tetapi ada penjelasan sedikit mengenai Nabi Musa.

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menjadi seperti orang-orang yang menyakiti Musa; maka Allah membersihkannya dari tuduhan-tuduhan yang mereka katakan. Dan adalah dia seorang yang mempunyai kedudukan terhormat di sisi Allah. (Q.S. Al-Ahzaab : 69)

8. Surah Al-An’aam (Surah ke-6)

Pada surah ini hanya dijelaskan secara ringkas saja mengenai Nabi Musa ‘alaihissalam dan kitab Taurat.

Kemudian Kami telah memberikan Al-Kitab (Taurat) kepada Musa untuk menyempurnakan (nikmat Kami) kepada orang yang berbuat kebaikan, dan untuk menjelaskan segala sesuatu dan sebagai petunjuk dan rahmat, agar mereka beriman (bahwa) mereka akan menemui Tuhan mereka. (Q.S. Al-An’aam : 154)

9. Surah Al-Anbiyaa’ (Surah ke-21)

Dan sesungguhnya telah Kami berikan kepada Musa dan Harun Kitab Taurat dan penerangan serta pengajaran bagi orang-orang yang bertakwa. (Q.S. Al-Anbiyaa’ : 48)

10. Surah Al-Baqarah (Surah ke-2)

Dan (ingatlah), ketika Kami berjanji kepada Musa (memberikan Taurat, sesudah) empat puluh malam, lalu kamu menjadikan anak lembu (sembahan) sepeninggalnya dan kamu adalah orang-orang yang zalim. (Q.S. Al-Baqarah : 51)

11. Surah Al-Furqaan (Surah ke-25)

Dan sesungguhnya kami telah memberikan Al Kitab (Taurat) kepada Musa dan Kami telah menjadikan Harun saudaranya, menyertai dia sebagai wazir (pembantu). (Q.S. Al-Furqaan : 35)

12. Surah Al-Hajj (Surah ke-22)

Pada surah ini tidak dijelaskan banyak mengenai Nabi Musa ‘alaihissalam.

dan penduduk Madyan, dan telah didustakan Musa, lalu Aku tangguhkan (azab-Ku) untuk orang-orang kafir, kemudian Aku azab mereka, maka (lihatlah) bagaimana besarnya kebencian-Ku (kepada mereka itu). (Q.S. Al-Hajj : 44)

13. Surah Al-Israa’ (Surah ke-17)

Dan sesungguhnya Kami telah memberikan kepada Musa sembilan buah mukjizat yang nyata, maka tanyakanlah kepada Bani Israil, tatkala Musa datang kepada mereka lalu Fir'aun berkata kepadanya: "Sesungguhnya aku sangka kamu, hai Musa, seorang yang kena sihir." (Q.S. Al-Israa’ : 101)

14. Surah Al-Kahf (Surah ke-18)

Pada surah ini menjelaskan tentang Kisah Nabi Musa ‘alaihissalam dengan muridnya saat bertemu dengan Nabi Khidir ‘alaihissalam.

Dan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada muridnya: "Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke pertemuan dua buah lautan; atau aku akan berjalan sampai bertahun-tahun." (Q.S. Al-Kahf : 60)

15. Surah Al-Maa’idah (Surah ke-5)

Dan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada kaumnya: "Hai kaumku, ingatlah nikmat Allah atasmu ketika Dia mengangkat nabi nabi diantaramu, dan dijadikan-Nya kamu orang-orang merdeka, dan diberikan-Nya kepadamu apa yang belum pernah diberikan-Nya kepada seorangpun diantara umat-umat yang lain." (Q.S. Al-Maa’idah : 20)

16. Surah Al-Mu’min (Surah ke-40)

Dan sesungguhnya telah Kami utus Musa dengan membawa ayat-ayat Kami dan keterangan yang nyata, (Q.S. Al-Mu’min : 23)

17. Surah Al-Mu’minuun (Surah ke-23)

Kemudian Kami utus Musa dan saudaranya Harun dengan membawa tanda-tanda (Kebesaran) Kami, dan bukti yang nyata, (Q.S. Al-Mu’minuun : 45)

18. Surah Al-Qashash (Surah ke-28)

Surah Al-Qashash juga disebut Surah Musa karena isinya membahas lengkap sekali Nabi Musa ‘alaihissalam dari sejak kecilnya.

Kami membacakan kepadamu sebagian dari kisah Musa dan Fir'aun dengan benar untuk orang-orang yang beriman. (Q.S. Al-Qashash : 3)
19. Surah Ali ‘Imran (Surah ke-3)

Pada surah ini tidak menyebutkan kisah Nabi Musa ‘alaihissalam, hanya penyebutan namanya saja.

Katakanlah: "Kami beriman kepada Allah dan kepada apa yang diturunkan kepada kami dan yang diturunkan kepada Ibrahim, Ismail, Ishaq, Ya'qub, dan anak-anaknya, dan apa yang diberikan kepada Musa, Isa dan para nabi dari Tuhan mereka. Kami tidak membeda-bedakan seorangpun di antara mereka dan hanya kepada-Nyalah kami menyerahkan diri." (Q.S. Ali ‘Imran : 84)

20. Surah An-Naazi’aat (Surah ke-79)

Sudah sampaikah kepadamu (ya Muhammad) kisah Musa? (Q.S. An-Naazi’aat : 15)

21. Surah An-Najm (Surah ke-53)

Pada surah ini dibahas tentang suhuf Nabi Musa ‘alaihissalam

Ataukah belum diberitakan kepadanya apa yang ada dalam lembaran-lembaran Musa? (Q.S.An-Najm : 36)

22. Surah An-Naml (Surah ke-27)

(Ingatlah) ketika Musa berkata kepada keluarganya: "Sesungguhnya aku melihat api. Aku kelak akan membawa kepadamu khabar daripadanya, atau aku membawa kepadamu suluh api supaya kamu dapat berdiang." (Q.S. An-Naml : 7)

23. Surah An-Nisaa’ (Surah ke-4)

Ahli Kitab meminta kepadamu agar kamu menurunkan kepada mereka sebuah Kitab dari langit. Maka sesungguhnya mereka telah meminta kepada Musa yang lebih besar dari itu. Mereka berkata: "Perlihatkanlah Allah kepada kami dengan nyata." Maka mereka disambar petir karena kezalimannya, dan mereka menyembah anak sapi, sesudah datang kepada mereka bukti-bukti yang nyata, lalu Kami ma'afkan (mereka) dari yang demikian. Dan telah Kami berikan kepada Musa keterangan yang nyata. (Q.S. An-Nisaa’ : 153)

24. Surah As-Sajdah (Surah ke-32)

Dan Sesungguhnya Kami telah berikan kepada Musa Al-Kitab (Taurat), maka janganlah kamu (Muhammad) ragu menerima (Al-Quran itu) dan Kami jadikan Al-Kitab (Taurat) itu petunjuk bagi Bani Israil. (Q.S. As-Sajdah : 23)

25. Surah Ash-Shaaffaat (Surah ke-37)

Dan sesungguhnya Kami telah melimpahkan nikmat atas Musa dan Harun. (Q.S. Ash-Shaaffaat : 114)

26. Surah Ash-Shaff (Surah ke-61)

Dan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada kaumnya: "Hai kaumku, mengapa kamu menyakitiku, sedangkan kamu mengetahui bahwa sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu?" Maka tatkala mereka berpaling (dari kebenaran), Allah memalingkan hati mereka; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada kaum yang fasik. (Q.S. Ash-Shaff : 5)

27. Surah Asy-Syu’araa’ (Surah ke-26)

Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu menyeru Musa (dengan firman-Nya): "Datangilah kaum yang zalim itu, (Q.S. Asy-Syu’araa’ : 10)

28. Surah Asy-Syuura (Surah ke-42)

Pada surah ini hanya menyebutkan Nabi Musa saja.

Dia telah mensyari'atkan bagi kamu tentang agama apa yang telah diwasiatkan-Nya kepada Nuh dan apa yang telah Kami wahyukan kepadamu dan apa yang telah Kami wasiatkan kepada Ibrahim, Musa dan Isa yaitu: Tegakkanlah agama dan janganlah kamu berpecah belah tentangnya. Amat berat bagi orang-orang musyrik agama yang kamu seru mereka kepadanya. Allah menarik kepada agama itu orang yang dikehendaki-Nya dan memberi petunjuk kepada (agama)-Nya orang yang kembali (kepada-Nya). (Q.S. Asy-Syuura : 13)

29. Surah Az-Zukhruf (Surah ke-43)

Dan sesunguhnya Kami telah mengutus Musa dengan membawa mukjizat-mukjizat Kami kepada Fir'aun dan pemuka-pemuka kaumnya. Maka Musa berkata: "Sesungguhnya aku adalah utusan dari Tuhan seru sekalian alam." (Q.S. Az-Zukhruf : 46)

30. Surah Fushshilat (Surah ke-41)

Dan sesungguhnya telah Kami berikan kepada Musa Taurat lalu diperselisihkan tentang Taurat itu. Kalau tidak ada keputusan yang telah terdahulu dari Rabb-mu, tentulah orang-orang kafir itu sudah dibinasakan. Dan Sesungguhnya mereka terhadap Al Quran benar-benar dalam keragu-raguan yang membingungkan. (Q.S. Fushshilat : 45)

31. Surah Huud (Surah ke-11)

Dan sesungguhnya Kami telah mengutus Musa dengan tanda-tanda (kekuasaan) Kami dan mukjizat yang nyata, (Q.S. Huud : 96)

32. Surah Ibrahim (Surah ke-14)

Dan sesungguhnya Kami telah mengutus Musa dengan membawa ayat-ayat Kami, (dan Kami perintahkan kepadanya): "Keluarkanlah kaummu dari gelap gulita kepada cahaya terang benderang dan ingatkanlah mereka kepada hari-hari Allah." Sesunguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi setiap orang penyabar dan banyak bersyukur. (Q.S. Ibrahim : 5)

33. Surah Maryam (Surah ke-19)

Dan ceritakanlah (hai Muhammad kepada mereka), kisah Musa di dalam Al-Kitab (Al-Quran) ini. Sesungguhnya ia adalah seorang yang dipilih dan seorang rasul dan nabi. (Q.S. Maryam : 51)

34. Surah Thaahaa (Surah ke-20)

Apakah telah sampai kepadamu kisah Musa? (Q.S. Thaahaa : 9)

35. Surah Yunus (Surah ke-10)

Kemudian sesudah rasul-rasul itu, Kami utus Musa dan Harun kepada Fir'aun dan pemuka-pemuka kaumnya, dengan (membawa) tanda-tanda (mukjizat-mukjizat) Kami, maka mereka menyombongkan diri dan mereka adalah orang-orang yang berdosa. (Q.S. Yunus : 35)
Itulah berbagai surah-surah di Al-Quran yang menyebutkan dan mengisahkan tentang Nabi Musa ‘alaihissalam. Jadi ada sekitar 35 surah di Al-Quran yang minimal menyebutkan Nabi Musa ‘alaihissalam. Sedangkan untuk kisah lengkapnya ada beberapa seperti Surah Thaahaa, Al-Baqarah, Al-Qashash dan An-Naml. Semoga pembahasan kali ini menambah wawasan kita seputar Al-Quran dan menambah kecintaan kita terhadap Al-Quran.

Semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

- Yusri Triadi

liputanalquran.com
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment