Header Ads

-

Ayat-Ayat Al-Quran Tentang Susu


Ayat-Ayat Al-Quran Tentang Susu
Ayat-Ayat Al-Quran Tentang Susu

Susu adalah salah satu minuman yang amat menyehatkan. Susu juga merupakan salah satu minuman yang disebukan Al-Quran. Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam juga menganjurkan kepada kita untuk meminum susu, baik itu susu sapi maupun kambing. Meskipun ada penelitian yang mengatakan bahwa susu sapi itu berbahaya, akan tetapi kalau sudah Nabi Muhammad yang mengatakannya maka yang lebih kita percaya adalah Nabi, karena Nabi mendapat wahyu dari Allah langsung, sedangkan para peneliti itu bisa saja keliru.


Manfaat susu banyak sekali, misalnya sebagai sumber protein dan kalsium yang bagus sekali untuk tubuh. Susu juga dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi karena kandungan kalsiumnya, bahkan bisa juga mencegah gigi berlubang. Dengan mengonsumsi susu kita dapat memperbaiki tekanan darah dan juga dapat menjaga berat badan kita. Meminum susu juga dapat mengurasi stress dan meningkatkan energi saat PMS bagi para wanita. Dan masih banyak lagi manfaat-manfaat susu yang lainnya. Maka dari itu kami akan membahas mengenai ayat-ayat Al-Quran tentang susu.

1

Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari pada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara tahi dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya. (Q.S. An-Nahl : 66)

Ayat di atas menjelaskan bahwa salah satu hikmah yang diberikan Allah kepada kita adalah Allah memberikan kita minum berupa susu yang kita ambil dari hewan ternak, susu yang bersih dan mudah ditelan bagi orang yang meminumnya. Maksud “antara tahi dan darah” sebagaimana yang dijelaskan oleh Ibnu Katsir pada kitab tafsirnya bahwa warna putihnya, juga rasanya, dan manisnya benar-benar bersih, yang berada di antara kotoran (tahi) dan darah dalam perut binatang. Yang mana masing-masing berjalan pada alirannya jika makanan telah matang dan selesai dicerna di dalam pencernaan. Kemudian darinya, darah mengalir ke seluruh urat, dan susu menujuk ke tetek, sedangkan urin ke kandung kemih, dan kotoran ke rektum. Masing-masing dari semuanya itu tidak ada yang saling mengkontaminasi satu dengan yang lainnya, tidak juga bercampur setelah keterpisahannya, serta tidak berubah.


2

Dan sesungguhnya pada binatang-binatang ternak, benar-benar terdapat pelajaran yang penting bagi kamu, Kami memberi minum kamu dari air susu yang ada dalam perutnya, dan (juga) pada binatang-binatang ternak itu terdapat faedah yang banyak untuk kamu, dan sebagian daripadanya kamu makan, (Q.S. Al-Mu’minuun : 21)

Ayat di atas menjelaskan bahwa pada hewan/binatang ternak banyak sekali faedah yang dapat kita ambil, seperti susunya, dagingnya, kotorannya (untuk pupuk), dan lain sebagainya.

3

(Apakah) perumpamaan (penghuni) jannah yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa yang di dalamnya ada sungai-sungai dari air yang tiada berubah rasa dan baunya, sungai-sungai dari air susu yang tidak berubah rasanya, sungai-sungai dari khamar yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai dari madu yang disaring; dan mereka memperoleh di dalamnya segala macam buah-buahan dan ampunan dari Rabb mereka, sama dengan orang yang kekal dalam Jahannam dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga memotong ususnya? (Q.S. Muhammad : 15)

Ayat di atas menjelaskan tentang nikmat yang diberikan kepada penghuni surga dan juga siksaan yang diberikan kepada penghuni neraka Jahannam.

Jadi ada tiga ayat di Al-Quran yang membahas mengenai susu. Sebagaimana yang dikatakan Ibnu Katsir dalam tafsirnya bahwa ayat-ayat susu di atas adalah susu secara umum, yaitu susu dari hewan-hewan ternak seperti susu kambing, susu unta ataupun susu sapi. Hampir semua orang di dunia ini sangat menyukai susu, karena memang rasanya begitu nikmat dan lezat. Itulah pembahasan mengenai ayat-ayat Al-Quran tentang susu yang dapat kami jelaskan.


Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.