Header Ads

-

Ayat Al-Quran Tentang Emas


Ayat Al-Quran Tentang Emas
Ayat Al-Quran Tentang Emas

Alquran Tentang emas - Siapa di dunia ini yang tidak mengetahui yang satu ini? Tentunya kita semua tahu. Benda ini disukai oleh setiap orang, baik itu pria maupun wanita. Kalau sudah berbicara masalah yang satu ini pasti tidak jauh dari wanita karena logam mulai salah satu perhiasan kesukaan wanita. Emas bisa dibentuk dengan berbagai variasi bentuk seperti kalung, gelang, jam, cincin bahkan ada yang menggunakan gigi emas. Semakin lama memang dunia semakin canggih saja. Tetapi sayang sekali semakin lama justru ilmu agama semakin menghilang dari permukaan. Padahal agama lah yang akan menghantarkan kita menuju kebahagiaan dunia maupun akhirat. Memang boleh mengejar dunia, tetapi akhirat juga jangan dilupakan. Allah juga memerintahkan agar lebih mementingkan kehidupan akhirat tetapi jangan sampai melupakan bahagiaan kita di dunia.


Sedikit berbeda daripada blog-blog  lain, yang mana pada blog ini akan dibahas mengenai ayat-ayat Alquran yang menyebutkan tentang emas. Simak selengkapnya pada tulisan ini.

1

Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga). (Q.S. Ali ‘Imran : 14)

2

Sesungguhnya orang-orang yang kafir dan mati sedang mereka tetap dalam kekafirannya, maka tidaklah akan diterima dari seseorang diantara mereka emas sepenuh bumi, walaupun dia menebus diri dengan emas (yang sebanyak) itu. Bagi mereka itulah siksa yang pedih dan sekali-kali mereka tidak memperoleh penolong. (Q.S. Ali ‘Imran : 91)

3

Mengapa tidak dipakaikan kepadanya gelang dari emas atau malaikat datang bersama-sama dia untuk mengiringkannya?" (Q.S. Az-Zukhruf : 53)


4

Diedarkan kepada mereka piring-piring dari emas, dan piala-piala dan di dalam surga itu terdapat segala apa yang diingini oleh hati dan sedap (dipandang) mata dan kamu kekal di dalamnya." (Q.S. Az-Zukhruf : 71)

5

Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya sebahagian besar dari orang-orang alim Yahudi dan rahib-rahib Nasrani benar-benar memakan harta orang dengan jalan batil dan mereka menghalang-halangi (manusia) dari jalan Allah. Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih, (Q.S. At-Taubah : 34)

6

pada hari dipanaskan emas perak itu dalam neraka jahannam, lalu dibakar dengannya dahi mereka, lambung dan punggung mereka (lalu dikatakan) kepada mereka: "Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah sekarang (akibat dari) apa yang kamu simpan itu." (Q.S. At-Taubah : 35)

7

Atau kamu mempunyai sebuah rumah dari emas, atau kamu naik ke langit. Dan kami sekali-kali tidak akan mempercayai kenaikanmu itu hingga kamu turunkan atas kami sebuah kitab yang kami baca." Katakanlah: "Maha Suci Tuhanku, bukankah aku ini hanya seorang manusia yang menjadi rasul?" (Q.S. Al-Israa’ : 93)

8

Sesungguhnya Allah memasukkan orang-orang beriman dan mengerjakan amal yang saleh ke dalam surga-surga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai. Di surga itu mereka diberi perhiasan dengan gelang-gelang dari emas dan mutiara, dan pakaian mereka adalah sutera. (Q.S. Al-Hajj : 23)

9

Mereka berada di atas dipan yang bertahta emas dan permata, (Q.S. Al-Waaqi’ah : 15)

Jadi kurang lebih ada 9 ayat di Al-Quran yang membahas ataupun menyebutkan tentang emas. Semoga tulisan kali ini menambah khazanah pengetahuan agama kita di zaman yang mana minim sekali pengetahuan agama. Apalagi ini tentang Al-Quranul Karim, satu-satunya Kitab petunjuk yang benar dan wajib menjadi pedoman umat manusia sampai hari Kiamat kelak. Sayang sekali begitu banyak kita yang mendalami berbagai ilmu dunia tetapi sangat minim ilmu Al-Quran. Banyak orang tua yang berusaha mengeluarkan banyak uang untuk membayar uang les anaknya tetapi sangat sedikit yang berusaha mengeluarkan banyak uang untuk membayar uang mengaji anaknya. Bahkan yang paling parah adalah anak-anak kita sekarang banyak yang tidak bisa membaca Al-Quran dengan benar. Mau dikemanakan generasi Islam? Apakah ini tanda-tanda Kiamat? Allahu a’alam.


Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.