Header Ads

-

Tahajjud Adalah Satu Satunya Sholat Sunnah Yang Disebut Al-Quran


Sholat Tahajjud
Sholat Tahajjud
Sholat adalah ibadah yang wajib dilaksanakan bagi setiap muslim, sholat tetap dilakukan meskipun kita dalam kondisi sakit atau di manapun kita berada, karena sholat itu adalah kewajiban bagi setiap mukmin

Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman. (Q.S. An-Nisaa’ : 103)
Jikalau seorang muslim tidak melaksanakan sholat maka dia berdosa besar kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala karena itu merupakan kewajiban, yang mau tidak mau harus dilakukan. Tetapi maksud dari sholat ini adalah sholat fardhu, berbeda halnya dengan sholat sunnah, yang mana tidak sampai ke taraf wajib akan tetapi hanya sunnah, dikerjakan mendapatkan ganjaran pahala dan meninggalkannya tidak mendapatkan dosa. Tetapi keutamaan ibadah sunnah itu sangat besar sekali, bahkan ada ibadah sunnah yang dapat menghantarkan kita ke surga Allah.

Pembahasan kita saat ini adalah mengenai sholat tahajjud, yaitu satu-satunya sholat sunnah yang disebut Al-Quranul Karim. Sebagaimana firman-Nya

Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajjudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji. (Q.S. Al-Israa’ : 79)
Di antara dari sekian banyak sholat sunnah seperti sholat duha, sholat witir, sholat sunnah rawatib, sholat tahiyatul masjid, sholat taubah, sholat tasbih, sholat tarawih dan lain sebagainya, hanya sholat tahajjud yang disebut Al-Quran, berada di Surah Al-Israa’ ayat ke-79. Pada ayat itu pula Allah menjelaskan bahwa dengan kita melaksanakan sholat tahajjud maka Allah dapat mengangkat kita ke tempat yang terpuji, meninggikan derajat kita. Sholat tahajjud ini juga adalah kebiasaan orang-orang sholeh sebelum kita, bahkan sholat tahajjud atau sholat malam ini pernah diwajibkan. Di dalam hadits Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dijelaskan bahwasannya sholat tahajjud adalah sebaik-baik sholat setelah sholat fardhu.

Sebaik-baik puasa setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah –Muharram-. Sebaik-baik shalat setelah shalat wajib adalah shalat malam.” (HR. Muslim no. 1163)

Kenapa sholat tahajjud ini begitu besar sekali nilainya? Karena waktu terbaik mengerjakan sholat ini adalah 1/3 malam terakhir dan syarat utamanya adalah kita harus tidur dulu, sehingga untuk bangun tahajjud ini hanya bisa dilakukan oleh orang-orang beriman dan orang-orang yang ingin mendekatkan diri kepada Allah lebih dekat lagi. Coba kita bayangkan, di saat orang-orang tertidur pulas dan bermimpi indah begitu nyenyaknya, kita bangun dari tempat tidur kita, bangun dari nikmatnya tidur di malam hari dan pergi menghadap Allah Ta’ala. Lihatlah bagaimana Allah menggambarkan orang-orang yang bertahajjud kepada-Nya, Allah mengatakan “lambung mereka jauh dari tempat tidurnya”. Karena ketika kita sholat tahajjud kita bangkit dari tempat tidur dan kita sholat di saat orang lain tengah tidur.

Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya dan mereka selalu berdoa kepada Rabbnya dengan penuh rasa takut dan harap, serta mereka menafkahkan apa apa rezki yang Kami berikan. (Q.S. As-Sajdah : 16)
Sebenarnya keutamaan sholat tahajjud ini sangat banyak sekali, apalagi jikalau kita melihat hadits-hadits dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam yang menceritakannya. Maka dari itu, mari kita rutinkan sholat tahajjud setiap malamnya, meskipun hanya 2 rakaat setiap malamnya, akan tetapi yang penting kita rutin mengerjakannya dan tetap berharap ridho Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.