Nabi-Nabi Yang Diceritakan Pada Surah Maryam


Nabi-Nabi Yang Diceritakan Pada Surah Maryam
Nabi-Nabi Yang Diceritakan Pada Surah Maryam

Surah Maryam adalah surah ke-19 di Al-Quran, tepatnya sebelum surah Thaahaa dan setelah surah Al-Kahf. Surah Maryam terdiri dari 98 ayat dan tergolong ke dalam surah Makkiyyah. Surah ini dinamakan dengan nama Maryam dikarenakan isinya terdapat kisah Maryam, yakni ibunda Nabi ‘Isa ‘alaihissalam dan anak dari ‘Imran. Di dalam Surah Maryam tidak hanya menceritakan Maryam saja, akan tetapi banyak sekali orang yang diceritakan di dalamnya termasuk para nabi. Pada tulisan kali ini kita akan membahas mengenai para nabi yang diceritakan pada Surah Maryam. Simak selengkapnya di sini.


1. Nabi Zakariyya ‘alaihissalam

(Yang dibacakan ini adalah) penjelasan tentang rahmat Tuhan kamu kepada hamba-Nya, Zakaria, yaitu tatkala ia berdoa kepada Tuhannya dengan suara yang lembut. (Q.S. Maryam : 2-3)

Kisah Nabi Zakariyya yang meminta keturunan ini diceritakan dari Surah Maryam ayat ke-2 sampai kepada ayat ke-11

Maka ia keluar dari mihrab menuju kaumnya, lalu ia memberi isyarat kepada mereka; hendaklah kamu bertasbih di waktu pagi dan petang. (Q.S. Maryam : 11)

2. Nabi Yahya ‘alaihissalam

Hai Yahya, ambillah Al-Kitab (Taurat) itu dengan sungguh-sungguh. Dan kami berikan kepadanya hikmah selagi ia masih kanak-kanak, (Q.S. Maryam : 12)

Kisah Nabi Yahya ‘alaihissalam pada Surah Maryam ini diceritakan mulai dari ayat ke-12 sampai ayat ke-15

Kesejahteraan atas dirinya pada hari ia dilahirkan dan pada hari ia meninggal dan pada hari ia dibangkitkan hidup kembali. (Q.S. Maryam : 15)

3. Nabi ‘Isa ‘alaihissalam

maka Maryam menunjuk kepada anaknya. Mereka berkata: "Bagaimana kami akan berbicara dengan anak kecil yang masih di dalam ayunan?" (Q.S. Maryam : 29)

Kisah Nabi ‘Isa bin Maryam ‘alaihissalam beserta dengan perselisihan orang-orang terhadap beliau diceritakan dari ayat ke-29 sampai ayat ke-40.

Sesungguhnya Kami mewarisi bumi dan semua orang-orang yang ada di atasnya, dan hanya kepada Kamilah mereka dikembalikan. (Q.S. Maryam : 40)


4. Nabi Ibrahim ‘alaihissalam

Ceritakanlah (Hai Muhammad) kisah Ibrahim di dalam Al-Kitab (Al-Quran) ini. Sesungguhnya ia adalah seorang yang sangat membenarkan lagi seorang Nabi. (Q.S. Maryam : 41)

Kisah Nabi Ibrahim ‘alaihissalam dengan ayahnya diceritakan pada Surah Maryam mulai dari ayat 41 sampai ayat ke-50.

Dan Kami anugerahkan kepada mereka sebagian dari rahmat Kami dan Kami jadikan mereka buah tutur yang baik lagi tinggi. (Q.S. Maryam : 50)

5. Nabi Musa ‘alaihissalam

Dan ceritakanlah (hai Muhammad kepada mereka), kisah Musa di dalam Al-Kitab (Al-Quran) ini. Sesungguhnya ia adalah seorang yang dipilih dan seorang rasul dan nabi. (Q.S. Maryam : 51)

Kisah Nabi Musa ‘alaihissalam dijelaskan pada Surah Maryam dari ayat ke-51 sampai ayat ke-53

Dan Kami telah menganugerahkan kepadanya sebagian rahmat Kami, yaitu saudaranya, Harun menjadi seorang nabi. (Q.S. Maryam : 53)

6. Nabi Isma’il ‘alaihissalam

Dan ceritakanlah (hai Muhammad kepada mereka) kisah Ismail (yang tersebut) di dalam Al-Quran. Sesungguhnya ia adalah seorang yang benar janjinya, dan dia adalah seorang rasul dan nabi. (Q.S. Maryam : 54)

Kisah Nabi Isma’il ‘alaihissalam diceritakan Surah Maryam dari ayat ke-54 sampai ayat ke-55.

Dan ia menyuruh ahlinya untuk bersembahyang dan menunaikan zakat, dan ia adalah seorang yang diridhai di sisi Tuhannya. (Q.S. Maryam : 55)

7. Nabi Idris ‘alaihissalam

Dan ceritakanlah (hai Muhammad kepada mereka, kisah) Idris (yang tersebut) di dalam Al-Quran. Sesungguhnya ia adalah seorang yang sangat membenarkan dan seorang nabi. (Q.S. Maryam : 56)

Kisah Nabi Idris ‘alaihissalam pada surah Maryam diceritakan mulai dari ayat ke-56 sampai ayat ke-57.

Dan Kami telah mengangkatnya ke martabat yang tinggi. (Q.S. Maryam : 57)

Itulah 7 orang nabi yang dikisahkan di dalam surah Maryam. Setelah pengisahakan para nabi, maka Allah Ta’ala menunjukkan keistimewaan dan keutamaan mereka.

Mereka itu adalah orang-orang yang telah diberi nikmat oleh Allah, yaitu para nabi dari keturunan Adam, dan dari orang-orang yang Kami angkat bersama Nuh, dan dari keturunan Ibrahim dan Israil (Ya’qub), dan dari orang-orang yang telah Kami beri petunjuk dan telah Kami pilih. Apabila dibacakan ayat-ayat Allah Yang Maha Pemurah kepada mereka, maka mereka menyungkur dengan bersujud dan menangis. (Q.S. Maryam : 58)

Semoga pembahasan kita kali ini menambah ilmu dan pengetahuan kita seputar Al-Quran, karena saat ini banyak orang yang tidak memperdulikan lagi tentang Al-Quran dan akidahnya.


Semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

- Yusri Triadi

liputanalquran.com
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment